Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Penting untuk ibu hamil selalu untuk menjaga kesehatan dianya selama sembilan bulan kehamilan. Ingat, janin akan berkembang dengan sehat sampai waktu kelahirannya bila ibunya sehat. Bagaimana caranya menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan? Jawabnya satu, menerapkan gaya hidup sehat saat Ibu sedang hamil. Menjaga kesehatan ibu hamil memang susah-susah gampang. Tetapi, hal ini bukanlah mustahil diwujudkan bila ibu hamil menerapkan beragam gaya hidup sehat misalnya:

~ Artikel Dengan Tema Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin - ini Di Tulis Oleh Gabriella Maida Purwanti





Keadaan kesehatan sepanjang kehamilan benar-benar tergantung pada gaya hidup sehat yang diaplikasikan ibu hamil. Isikan piring makan Anda dengan macam makanan sehat yang bergizi tinggi untuk memberikan dukungan kesehatan diri sendiri janin dalam kandungan. Untuk ibu, konsumsi makanan bergizi bisa menolong menambahkan stamina, menghindar resiko kompleksitas kehamilan, mengatur berat tubuh saat hamil masih tetap sehat. Dengan mengaplikasikan skema makan yang sehat, kesehatan ibu hamil akan jauh lebih bagus.

Disamping itu, ibu hamil yang mengaplikasikan skema makan sehat condong terbebas dari stres saat hamil. Masalahnya makanan bergizi menolong memantapkan suasana hati ibu sejauh kehamilan. Konsumsi makanan memiliki nutrisi semenjak kehamilan muda tolong menyiapkan kesehatan ibu hamil dengan optimal mendekati persalinan.

Konsumsi nutrisi yang bervariatif tetapi masih tetap imbang memberikan dukungan kelancaran proses tumbuh berkembang bayi dan kesehatan ibu hamil. Tak lupa, konsumsi makanan bergizi bisa menolong jaga berat janin masih tetap sehat dan menahan resiko bayi alami cacat lahir.

Makanan memiliki nutrisi yang harus dimakan supaya kesehatan ibu hamil selalu terlindungi ialah:

  • Makanan kaya protein, seperti telur yang diolah masak, dada ayam, dan gandum utuh (roti gandum dan beras merah).
  • Makanan yang memiliki kandungan vitamin C, seperti buah jeruk, jambu biji dan strobery.
  • Minuman dan makanan memiliki kandungan kalsium, seperti susu yang dipasteurisasi dan sayur warna hijau.
  • Makanan kaya zat besi, seperti brokoli dan kacang-kacangan.
  • Makanan yang memiliki kandungan lemak sehat, misalkan ikan salmon (diolah masak) dan buah alpukat.
  • Makanan yang memiliki kandungan asam folat, seperti kuning telur dan bayam.

Dalam pada itu, supaya kesehatan ibu hamil selalu terlindungi, jauhi makan daging 1/2 masak, dalaman hewan, dan makanan cepat sajian yang tinggi lemak trans sepanjang ibu hamil jalani gaya hidup sehat. Jauhi makan ikan yang memiliki kandungan tinggi merkuri sepanjang hamil, seperti ikan tuna, ikan makarel, dan ikan pedang supaya kesehatan ibu hamil selalu terlindungi.

Di Teruskan Oleh : Yunita Gilda Safitri M.Farm ( Konsumsi makanan bergizi )







Tiap wanita yang memiliki kandungan disarankan untuk konsumsi makanan bergizi untuk kesehatan ibu saat hamil. Selainnya untuk mempertahankan kesehatan, makan teratur mempunyai tujuan untuk menambahkan berat tubuh ibu hamil supaya bagus. Ibu yang punyai berat tubuh normal saat sebelum hamil dianjurkan untuk meningkatkan berat tubuh sampai 11,5-16 kg sepanjang hamil. Sementara bila Anda memiliki tubuh benar-benar kurus semenjak saat sebelum hamil, berat tubuh harus ditambahkan 13-18 kg sepanjang hamil.

Peningkatan berat tubuh benar-benar mengganggu kesehatan ibu hamil dan bayi. Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, bertambahnya berat tubuh memperlihatkan kebaikan status nutrisi ibu hamil dan perubahan janin dalam kandungan. Baiknya, Anda dianjurkan untuk menambahkan 300 kalori setiap hari buat menambahkan berat tubuh dan mempertahankan kesehatan ibu hamil.

Tetapi, tidak berarti ibu hamil dapat makan sebanyaknya. Frekwensi waktu makan, jatah, dan tipe makanannya harus betul-betul jadi perhatian supaya tidaklah sampai berat badan yang berlebih dan mempengaruhi kesehatan ibu hamil. Berat badan yang berlebih saat hamil bisa mengacau gaya hidup sehat Ibu yang sudah digerakkan. Karena itu, seharusnya berobat ke dokter kandungan untuk memperoleh referensi bagaimanakah cara jaga berat tubuh bagus saat hamil.

Di Teruskan Oleh : Candra Permadi S.Psi ( Jaga Berat Tubuh agar Ibu dan Janin yang Sehat )







Untuk mempertahankan kesehatan ibu hamil, disarankan cukup minum air putih cukup tiap hari. Konsumsi cairan yang memenuhi tolong memperlancar saluran darah dari jantung ke semua badan, terhitung ke kandungan untuk diterima janin. Disamping itu, jaga gaya hidup sehat ibu hamil dengan rajin minum air putih bisa juga tingkatkan mekanisme imun kesehatan.

Tidak itu saja, kebiasan ini tolong menahan beragam jenis permasalahan kesehatan pada ibu hamil. Adapun beragam permasalahan yang dapat dihindari yakni, dehidrasi, kecapekan, anemia, sembelit, wasir, dan infeksi aliran kencing. Upayakan minum air 8 sampai 10 gelas satu hari. Supaya tidak jemu minum air putih yang dirasa cemplang, coba tambah potongan lemon, strobery, atau jeruk nipis untuk menambahkan kesegarannya.

Di Teruskan Oleh : Winda Oliva Anggraini M.TI. ( Cukupi Kebutuhan Minum Air Putih )







Salah satunya sisi penting dari gaya hidup sehat ibu hamil yang kerap terlewatkan ialah cukup tidur. Sayang sepanjang hamil, Anda semakin lebih gampang ngantuk pada siang hari dan susah tidur pada malam hari karena peralihan hormon. Permasalahan ini selanjutnya membuat Anda jadi kekurangan tidur karena pola tidur yang tidak pasti. Parahnya kembali, kekurangan tidur sepanjang kehamilan dihubungkan dengan kompleksitas seperti preeklampsia dan beresiko lahir caesar.

Jalan keluarnya, selekasnya tidurlah demikian Anda berasa lelah atau ngantuk. Sering-seringlah tidur siang untuk memenuhi jam tidur Anda. Ibu hamil sebetulnya justru disarankan untuk tidur malam semakin lama dari umumnya sepanjang trimester pertama kehamilan. Banyak tidur disarankan untuk menolong proses persalinan lebih lancar dan membuat kesehatan ibu hamil terbangun secara baik.

Menurut American Pregnancy Association, ada banyak hal yang dapat dilaksanakan supaya ibu hamil tidur memadai hingga kesehatan badannya selalu terlindungi.

  • Coba sikap tidur baru.
  • Saat sebelum tidur, coba mandi air hangat dan meminta pasangan memijat badan Anda yang pegal-pegal.
  • Mengatur temperatur ruang dan sinar di kamar senyaman kemungkinan
  • Coba tehnik rileksasi, sama seperti yang kemungkinan sudah Anda dalami di kelas persalinan.
  • Jika masih susah tidur, coba untuk membaca buku, konsumsi makanan kecil seperti buah, atau minum susu hangat
  • Olahraga dengan teratur pada siang hari dapat membuat tidur malam jadi tidak susah
  • Luangkan tidur siang sesaat sekitaran 15 menit setiap hari. Tidur siang kelamaan justru dapat buat ibu hamil jadi susah tidur pada malam hari.

Di Teruskan Oleh : Hamima Usamah ( Tidur memadai )







Hamil bukan jadi argumen tidak untuk olahraga. Olahraga masih jadi sisi penting dari gaya hidup sehat ibu hamil untuk mempertahankan kesehatan sepanjang kehamilan. Olahraga menolong memperlancar perputaran darah dan oksigen pada tubuh, perkuat otot, dan kurangi depresi saat hamil. Olahraga memberikan dukungan kepandaian bayi semenjak dalam kandungan.

Upayakan meluangkan waktu 30 menit tiap hari untuk olahraga untuk kebaikan kesehatan ibu hamil. Terdapat beberapa pilihan olahraga yang aman untuk ibu hamil. Tetapi, Anda tak perlu olahraga yang berat. Aktivitas fisik enteng seperti jalan rileks, renang, atau bahkan juga yoga, biasanya aman dilaksanakan sejauh umur kehamilan.

Di Teruskan Oleh : Catur Prayoga ( Olahraga Teratur agar Ibu dan Janin tetap Sehat )







Untuk mempertahankan kesehatan ibu hamil dan kandungannya sepanjang sembilan bulan di depan, jauhi merokok dan minuman mengandung alkohol. Merokok dan/atau minum alkohol saat hamil bisa tingkatkan resiko keguguran. Dua rutinitas jelek ini dapat juga tingkatkan resiko bayi lahir prematur, lahir mati, lahir cacat, atau lahir dengan berat tubuh rendah. Karena itu, yakinkan jalani gaya hidup sehat ibu hamil yang bebas rokok dan alkohol.

Di Teruskan Oleh : Cinta Puspasari ( Stop Merokok dan Minuman Beralkohol )







Argumen mengapa tidur penting dalam mempertahankan kesehatan ibu hamil karena salah satunya faedah keutamaan yakni menurunkan depresi. Depresi berat yang mengusik pemikiran dan batin ibu hamil bisa mempengaruhi perubahan bayi dalam kandungan. Karena itu, coba cari info dahulu apa yang mengakibatkan Anda depresi. Curahkan uneg-uneg Anda ke orang paling dekat atau pasangan supaya semua beban pemikiran bisa menyusut.

Sesudahnya, Anda dapat coba tehnik pernafasan dalam atau meditasi untuk hilangkan depresi. Yoga saat hamil sama bagusnya untuk membunuh rasa capek dalam jiwa, lho! Sempatkanlah waktu untuk lakukan hal yang Anda sukai dan bagus untuk kesehatan supaya Ibu tidak depresi sepanjang hamil. Melihat TV, dengarkan musik, jalanan bersama pasangan atau rekan, sampai menyulam bisa saja opsi aktivitas untuk menangani depresi yang mengusik.

Bila depresi Anda tidak tertahan, cari terapi atau psikiater untuk menolong Anda cari akar permasalahan dan menyelesaikannya. Bila Anda berasa kesusahan mengaplikasikan gaya hidup sehat yang sudah disebut, minta support dari pasangan supaya semua berasa lebih enteng untuk ditempuh.

Di Teruskan Oleh : Vanya Utami ( Jauhi Depresi yang Berlebihan )