Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats

Penyakit Autoimun, Saat Sistem Imun Menyerang Sel Sehat dalam Tubuh

Penyakit Autoimun

Autoimun ialah satu keadaan saat sistem kekebalan atau imun tidak bisa jalankan perannya untuk melawan virus, bakteri, dan benda asing yang masuk ke badan secara normal. Ketidakberhasilan ini kemudian menyebabkan sistem imun menyerang sel dan jaringan sehat pada tubuh hingga memunculkan masalah kesehatan. Gangguan autoimun terhitung penyakit akut yang mempengaruhi kesehatan dengan bertahap.

~ Artikel Dengan Tema Penyakit Autoimun - ini Di Tulis Oleh Himawan Utama





Sampai sekarang ini belum diketemukan dengan cara tepat pemicu penyakit autoimun. Tetapi, salah satunya factor yang berperanan dalam munculnya masalah ini adalah elemen genetik. Riwayat keluarga yang menderita masalah autoimun condong membuat seorang mempunyai resiko semakin tinggi untuk terserang permasalahan kesehatan ini. Tetapi, tidak seluruhnya orang dengan orangtua yang mempunyai riwayat penyakit autoimun tentu turut terserang permasalahan sistem ketahanan tubuh. Selainnya faktor genetik, infeksi virus serta bakteri diperhitungkan memacu munculnya penyakit autoimun. Teori lain mengatakan jika paparan pada bahan kimia tertentu mengakibatkan munculnya penyakit yang serang sistem ketahanan tubuh ini.

Di Teruskan Oleh : Budi Suwarno ( Pemicu Penyakit Autoimun )







Penyakit autoimun jadi permasalahan kesehatan yang jalan benar-benar lamban. Maknanya, masalah kesehatan ini kerap kali susah analisis pada tahapan awalnya keberadaannya. Selain itu, tanda-tandanya juga serupa dengan permasalahan kesehatan lain hingga susah untuk Anda ketahui. Masalah mekanisme imun ini dapat juga mengakibatkan penyakit yang berbeda. Maka dari itu, tanda-tandanya tidak dapat disamaratakan.

Adapun tanda-tanda yang tersering ada bergantung dari tipe penyakit autoimun yang dirasakan sebagai berikut.

Lupus

Lupus dapat diikuti dengan tanda-tanda awalnya seperti ngilu persendian akut, kerap sariawan, rambut rontok, demam berulang-ulang, abnormalitas kulit yang susah pulih, dan kulit pucat. Bila tidak selekasnya diatasi, lupus dapat membuat Anda alami kerusakan organ penting, terhitung otak, ginjal, paru-paru, dan jantung

Rheumatoid arthritis

Tipe penyakit autoimun ini serang sendi pada semua badan, khususnya pada tangan. Adapun tanda-tanda awalnya rheumatoid arthritis yakni rasa ngilu dan kaku pada jemari tangan yang lebih umum terjadi saat pagi hari. Bila tidak selekasnya diobati, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan tetap dan cacat persendian.

Ankylosing spondylitis

Ankylosing spondylitis umumnya seringkali serang pria umur muda. Tanda-tanda awalannya berbentuk sakit pinggang saat pagi hari yang hendak lebih baik sesudah beraktivitas fisik. Jika tidak selekasnya diobati, penyakit autoimun ini dapat membuat batas tulang belakang bersatu seperti bambu. Mengakibatkan, tulang jadi kaku dan penderitanya susah membungkuk.

Skleroderma

Pada awal keberadaannya, skeloderma biasanya diikuti dengan perkerasan dan penebalan di kulit. Mengakibatkan, kulit jadi lebih kuat dan mengilat. Disamping itu, tanda-tanda yang lain yang sering ada berbentuk peralihan warna kulit saat cuaca dingin. Saat keadaannya bersambung, makin lama akan tercipta jaringan parut pada organ-organ tertentu, seperti paru dan ginjal. Ini dapat memacu ketidakberhasilan peranan organ yang tidak terhindar.

Sjorgen syndrome

Penyakit autoimun ini umumnya diikuti dengan tubuh lemas, ngilu persendian, dan mata dan mulut yang kering. Bila tidak diatasi, Sjorgen syndrome dapat mengakibatkan kerusakan pada mata dan gigi dan organ yang lain, seperti ginjal dan paru.

Di Teruskan Oleh : Endah Namaga ( Gejala Penyakit Autoimun )







Walau belumlah diketahui langkah untuk mencegah penyakit autoimun, tetapi ada beragam hal yang dapat diaplikasikan untuk menghindarinya, salah satunya:

Kelola Depresi

Menjadi rahasia jika depresi dan penekanan yang terlalu berlebih dapat mengusik kesetimbangan dan kesehatan badan. Akhirnya, resiko timbulnya masalah kesehatan jadi bertambah. Nach, masalah kesehatan yang terjadi terlalu lama dapat mengakibatkan sistem imum turun, dan jadi resiko penyakit autoimun menyerang.

Oleh karena itu, menghindar depresi dapat menjadi satu diantara langkah untuk turunkan resiko penyakit autoimun serang. Coba untuk atur tingkat depresi dan mendapati langkah untuk menentramkan saat depresi serang.

Konsumsi Gizi Imbang

Konsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan gizi imbang dapat menolong jaga badan masih tetap sehat, dan pasti untuk menghindar gempuran penyakit. Satu diantaranya ialah tipe konsumsi yang disarankan selalu untuk dimakan ialah omega-3.

Teratur konsumsi makanan yang banyak terkandung omega-3 dapat menolong menahan dan menangani infeksi dalam tubuh. Konsumsi omega-3 yang cukup akan menolong mekanisme imun masih tetap aktif dan bekerja maksimal, hingga badan jadi terbebas dari masalah dan resiko gempuran penyakit autoimun.

Teratur Olahraga

Tidak bisa dipungkuri, teratur olahraga dapat jaga badan selalu fit. Badan yang bugar dan sehat memiliki arti mekanisme imun juga baik. Dengan begitu, resiko gempuran penyakit autoimun juga jadi lebih kecil.

Di Teruskan Oleh : Bahuwarna Dongoran ( Pencegahan Penyakit Autoimun )