Its Me : Putri Pariwisata Indonesia 2018 Kalimantan Utara – Valen

Valentina-Siswanto-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-Kalimantan-Utara-1

Nama Lengkap: Valentina Siswanto
Nama panggilan: Valen
Tempat / tanggal lahir: Tarakan, 18 Februari 1997
Umur & Tinggi Badan: 21 tahun & 165 cm
Pekerjaan / pendidikan: Mahasiswi & Asisten dosen / FT jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya
Hobby: Olahraga, traveling, menari & bermain musik
Motto: Vision without action is a daydream
Prestasi:
– Program Pendidikan Berhadiah BCA 2014
– Asisten Dosen periode 2018/2019
– Puteri Pariwisata Kalimantan Utara 2018

1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?
Nama saya Valentina Siswanto, saya dilahirkan dan dibesarkan oleh kedua orang tua saya di Tarakan, dan saya merupakan anak ke 3 dari 3 bersaudara. Saat ini saya merupakan mahasiswi Arsitektur serta asisten dosen di Fakultas Teknik jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya. Selain menjadi asisten dosen, saya juga merupakan anggota internal Himpunan Mahasiswa Arsitektur UB periode 2017/2018.
Saya sangat suka olahraga beregu, seperti basket, futsal, softball, dll. Saat kelas 1 SMP saya mencoba ikut & aktif di ekstrakulikuler basket sekolah. Ternyata minat saya yang cukup besar di bidang olahraga membuat saya beralih dari modelling menjadi atlet Basket untuk mewakili kota Tarakan di ajang PORSENI. Setelah itu berlanjut mewakili kota Tarakan ke ajang-ajang lain seperti POPDA, PORPROV, KEJURDA U-18, KEJURDA U-22, dll. Tidak hanya menjadi atlet basket, saya juga pernah mewakili kota Tarakan di KEJURDA sebagai atlet softball. Kegemaran saya dalam bermain basket saya teruskan di bangku perkuliahan. Saya menjadi bagian dari tim Fakultas Teknik dan tim UABB UB.

Saya memiliki rasa ingin tau dan ingin mecoba yang besar. Seperti di pertengahan semester 5, saya mencoba melamar kerja menjadi executive marketing di perusahaan properti. Pekerjaan ini mengajarkan saya giat, tekun, pantang menyerah, dan melatih saya untuk berbicara dengan orang-orang baru dengan karakter yang berbeda-beda. Di semester akhir perkuliahan saya, saya merasa ingin mencoba hal baru. Saya ingin menantang diri saya untuk melakukan hal baru yang belum pernah saya lakukan. Saya mulai tertarik dengan dunia Beauty Pageant sejak tahun 2017 karena sahabat terdekat saya. Lalu saya mencari informasi dan memberanikan diri untuk mendaftar audisi Putri Pariwisata Indonesia 2018. Puji Tuhan saya bisa menjadi perwakilan Provinsi Kalimantan Utara. Menjadi Putri Pariwisata Kalimantan Utara merupakan pencapaian yang sangat besar untuk saya.

2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda ? Jelaskan!
Sosok yang paling menginspirasi saya ialah Ayah saya. Bagi saya Ayah merupakan sosok yang sangat berbeda. Ayah saya merupakan sosok pekerja keras, rendah hati, bijak dan penyayang. Ayah saya sangat berbesar hati menerima banyak kenyataan pahit didalam hidupnya yang mungkin tidak dapat diterima oleh orang tua lain. Ayah saya juga sangat bijak dalam mengambil keputusan, beliau tidak hanya berfikir dari sisi yang menguntungkannya saja tetapi dari sisi orang lain yang jarang kita fikirkan. Dari beliau saya belajar banyak hal, saya belajar untuk lebih memikirkan orang lain, berbesar hati dalam setiap hal, rendah hati dan terus bekerja keras. Satu kalimat yang selalu saya tanamkan dari beliau: in life, what you really want will never come easy.

3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?
Menu healthy food yang menjadi favorit saya ialah salad (baik itu salad buah maupun sayur), saya juga sangat menyukai berbagai jenis buah-buahan. Saya tidak pernah bosan memakan buah setiap hari. Saya juga menyukai beberapa jenis sayur, baik di olah maupun hanya di rebus.

Valentina-Siswanto-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-Kalimantan-Utara-1

4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut?
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, olahraga yang paling saya gemari ialah Basket. Olahraga bola basket sangat baik untuk tubuh kita. Disamping itu olahraga bola basket bukan hanya sekedar olahraga fisik, tetapi melatih cara kita untuk berfikir cepat, bekerja keras, kerjasama dalam tim dan sekaligus melatih mental. Berfikir cepat dalam mengambil keputusan sangat diperlukan dalam olahraga bola basket maupun kehidupan sehari-hari. Begitu pula dengan kerjasama dalam tim dan kerja keras. Didalam kehidupan sehari-hari kita juga harus bisa bekerjasama dalam tim, harus bisa berbaur, saling menyemangati, dll. Karena hidup ini tidak hanya soal perorangan, kita sebagai makhluk social juga pasti membutuhkan orang lain. Melatih mental dalam hal ini merupakan bagaimana cara kita bangkit disaat kita jatuh dan tertinggal. Jika kita memiliki mental seorang pemenang, maka hal sesulit apapun pasti akan kita lalui.

5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa ?
Pelaku Pagent favorit saya ialah Kezia Warouw (Puteri Indonesia 2016 dan Top 13 Miss Universe 2016). Menurut saya Kezia Warouw adalah seseorang yang memiliki paket komplit. Selain fisik yang luar biasa, juga personality yang luar biasa. Terlihat dari kepribadian Kezia yang tulus, murah senyum, dan lainnya. Hal itu membuat orang-orang yang berada disekitarnya juga mendapatkan aura positif. Terlihat juga dari kerja kerasnya dan mental yang sangat baik.

6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi tersebut.
Untuk Indonesia destinasi yang akan saya kunjungi dalam waktu dekat ialah Pulau Derawan, di Kalimantan Timur. Saya sudah tertarik mengunjungi Pulau Derawan sejak lama. Dikarenakan cerita pengalaman serta foto dari keluarga saya yang sangat indah, juga tempat tinggal saya yang merupakan tempat transit menuju Pulau Derawan membuat saya semakin ingin melihat dan merasakan langsung keindahan bawah laut Pulau Derawan. Menghabiskan waktu dengan snorkeling maupun diving. Berenang bersama penyu, ubur-ubur, dan ada pula whale shark. Serta kegiatan dan olahraga air lainnya yang disediakan disana. Lalu melanjutkan perjalanan ke Labuan Cermin. Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih, bahkan dasar dari danau yang berupa pasir laut inipun bisa terlihat dengan jelas. Dinamakan Labuan Cermin karena Labuan Cermin memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena air di Danau Labuan Cermin merupakan air asin pada permukaan danaunya, sementara air di dasar danau merupakan air tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Tak jarang juga orang menyebut danau Labuan Cermin ini dengan panggilan ‘Danau Dua Rasa’.

Sementara destinasi Internasional yang ingin saya kunjungi ialah Kenya, Afrika Timur. Pariwisata Kenya telah menjadi daya tarik karena keindahan alamnya. Negara ini memiliki 19 taman nasional dan taman permainan, yaitu the Great Rift Valley dan pemandangan menakjubakan Gunung Kilimanjaro.Terkenal dengan savanna-nya, Kenya masih menjadi yang terdepan dalam wisata safari. Tetapi kita juga dapat melihat terumbu karang di pantai, juga hutan hujan dan gurun. Yang membuat saya tertarik juga karena kebanyakan dari penyedia layanan safari kini menawarkan pilihan yang ramah lingkungan, yang hampir semuanya memastikan bahwa mereka akan menyalurkannya kepada penduduk lokal, dan terus mengusahakan industri pariwisata yang berkelanjutan.

7. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?
Dalam 10 tahun ke depan saya akan menjadi pribadi yang lebih baik, bekerja keras dan bertanggung jawab. Dalam 10 tahun kedepan saya ingin menjadi pribadi yang dapat bermanfaat bagi orang lain, memberikan kesan positif bagi sekitar. Saya ingin membagikan pengalaman terbaik saya sembari terus berusaha dan berproses menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Terus bekerja keras dalam segala hal yang akan saya tekuni nantinya. Karena, impian tanpa aksi hanyalah sebuah mimpi.

Terima kasih Valen dan Putri Pariwisata Indonesia atas kesempatan interviewnya.
Editor: Irwansyah

Comments

comments