Its Me : Putri Pariwisata Indonesia 2018 Kalimantan Barat – Cecil

Cecilia-Venti-Putri-Pariwisata-Indonesia-Kalimantan-Barat-2018

Nama Lengkap : Cecilia Venti
Nama panggilan : Cecil
Tempat / tanggal lahir : Pontianak, 22 Desember 1994
Umur & Tinggi Badan : 23 tahun dan 169 cm
Pekerjaan / pendidikan : Arsitek / S1
Hobby : Membaca buku
Motto : Mulailah dari hal kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari sekarang
Prestasi :
1. Finalis Gege Meimei Kalimantan Barat 2011
2. Putri Pariwisata Kabupaten Kubu Raya 2018
3. Putri Pariwisata Kalimantan Barat 2018

1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?
Saya seorang wanita dengan profesi sebagai Arsitek. Selain bergelut dalam dunia arsitek, saya juga memiliki aktif dalam beberapa organisasi gereja dan organisasi pariwisata. Kesibukan saya dalam bekerja tidak menghalangi saya untuk bersosialisasi dan menikmati hobi serta berolahraga. Saya senang untuk belajar hal baru, yang saya tunjukkan dengan kesenangan saya membaca dan melakukan eksplorasi baik dunia maya maupun dunia nyata. Saya memiliki mimpi besar untuk menginspirasi dunia melalui karya dan pelayanan saya bersama orang-orang di sekitar saya.

2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda ? Jelaskan!
Bagi saya, Ibu adalah sosok paling menginspirasi bagi saya. Beliau mengajarkan dan memberikan contoh tentang bertahan, berjuang dalam hidup serta menjadi berkat bagi orang-orang.

3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?
Dada ayam panggang dan salad buah.

4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut?
Jogging. Saya menikmati jogging sebagai gaya hidup saya. Selain bisa meningkatkan hormon endorphine ketika saya sedang badmood, saya juga tetap bisa menjaga badan tetap dalam kondisi fit.

Cecilia-Venti-Putri-Pariwisata-Indonesia-Kalimantan-Barat-2018

5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa ?
Pageant favorit saya adalah Lois Merry Tangel (Putri Pariwisata Indonesia 2016 & Miss Tourism Cosmopolitan International 2017) karena beliau menjadi inspirasi saya bahwa untuk menjadi seorang putri, kecantikan dan kecerdasan bukanlah syarat mutlak untuk menginspirasi banyak orang, namun poin yang paling utama adalah attitude. Selain itu Kak Lois sebagai seorang putri, memiliki segudang prestasi luar biasa, dan mampu selalu menunjukkan sikap ramah dan rendah hati terhadap semua orang. Terlebih khusus ketika saya bertemu beliau secara langsung saat pemiihan Putri Pariwisata Kalimantan Barat 2018 tahun ini.

6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi tersebut.
Destinasi wisata Indonesia:
Sebagai seorang Putri Pariwisata, dan profesi saya sebagai arsitek, saya memiliki keinginan untuk mengunjungi desa-desa di Indonesia dengan kearifan dan arsitektur lokal yang masih kental. Salah satu destinasi wisata Indonesia yang ingin saya kunjungi dalam waktu dekat ini adalah Desa Wae Rebo, di Flores, Nusa Tenggara Timur.
Desa Wae Rebo merupakan salah satu desa tertinggi di Indonesia. Dengan kearifan lokal yang masih sangat kental, termasuk jumlah rumah adat (Mbaru Niang), cara membangun, bahkan penyampaian informasi dari generasi ke generasi menarik minat saya untuk kesana. Salah satu Gerakan Rumah Asuh oleh Arsitek Yori Antar yang melakukan preservasi Mbaru Niang dan secara tidak langsung melestarikan rumah adat, kebudayaan, dan turut memperkenalkan salah satu destinasi wisata Indonesia ini membuka mata saya bahwa Pariwisata Indonesia tidak hanya tanggung jawab satu pihak saja, tapi juga pihak lainnya, bahkan profesi lainnya yang saling bahu membahu demi memperkenalkan Wonderful Indonesia.

Destinasi wisata internasional :
Destinasi wisata internasional yang menarik perhatian saya adalah Santorini. Kota yang terletak dari salah satu gugusan kepulauan gunung berapi dari Kepulauan Cyclades dan berlokasi sekitar 200 km dari daratan Yunani. Disana semua rumahnya merupakan bangunan putih dan atap kubah biru. Uniknya, arsitektur Santorini adalah rumah-rumah yang separuh di dalam tebing, dan separuhnya lagi di luar tebing. Masyarakat zaman dahulu membangun rumah dengan melubangi tebing, membuat gua buatan kecil. Keunikan arsitektural yang menjadi bagian dari pariwisata inilah yang menimbulkan ketertarikan saya.

7. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?
Dengan kesempatan luar biasa ini, 10 tahun kedepan, saya adalah seorang wanita karier berumur 33 tahun dengan keluarga yang diberkati Tuhan, karena sepanjang perjalanan saya dalam 10 tahun ini, saya diberi kesempatan lebih untuk dapat mempelajari hal-hal baru, memperkenalkan dan mempromosikan Wonderful Indonesia, tidak hanya sebagai seorang arsitek, tapi juga sebagai seorang Putri Pariwisata. Dalam 10 tahun ini, saya tidak ingin hanya menjabat dan menjalankan tanggung jawab selama setahun, tapi juga menginspirasi banyak orang seumur hidup.

Terima kasih Cecil dan Putri Pariwisata Indonesia atas kesempatan interviewnya

Editor: Irwansyah

Comments

comments