Its Me : Putri Pariwisata Indonesia 2018 Bali – Evita

I-Gusti-Ayu-Evita-Trisnarini-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-Bali

Nama Lengkap: I Gusti Ayu Evita Trisnarini
Nama panggilan: Gek Evita, Evita
Tempat / tanggal lahir: Denpasar, 22 Januari 1998
Umur & Tinggi Badan: 20 tahun & 171 cm
Pekerjaan / pendidikan: Mahasiswi S1 Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, model, Master of Ceremony (MC), aktivis, dan volunteer
Hobby: Membaca, modeling, berolahraga dan menari
Motto: Nothing worth having comes easy
Prestasi:
1. Juara 1 Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) dalam PKM Warriors 2017 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
2. Juara 1 Kategori Dewasa Evening Gown Endek Fashion and Creation dalam Grand Opening Mall Level 21 Denpasar.
3. Juara 1 Model Make-up Artist Rudy Hadisuwarno Graduation Day Tahun 2018.
4. Juara 3 Lomba Fashion Endek Creative Competition 2017 Universitas Pendidikan Nasional Kategori Umum Putri.
5. Top 6 Duta Endek Kota Denpasar 2016
6. Finalis Teruni Denpasar 2015
7. Mendapat Penghargaan Siswa Berprestasi Tahun 2016 oleh Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kota Denpasar.
8. Penerima Penghargaan Mahasiswa Berprestasi Udayana Tahun 2017 dalam Dies Natalis ke-55.

1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?
Saya I Gusti Ayu Evita Trisnarini. Saya merupakan gadis yang dilahirkan dan dibesarkan sejak kecil di Pulau Bali. Saya merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Saat ini saya merupakan seorang mahasiswi semester 5 Strata 1 (S1) Peminatan Biostatistika, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Selain sebagai mahasiswa aktif kegiatan saya yang lainnya yaitu aktif di organisasi, aktivis pada bidang pengabdian masyarakat dan kesehatan, volunteer, model dan Master of Ceremony (MC). Saya merupakan seseorang yang sangat suka mencoba hal-hal baru dan berusaha untuk selalu mendorong diri saya untuk keluar dari zona nyaman. Saya percaya percaya bahwa banyak hal yang dapat pelajari dari kesempatan-kesempatan yang datang sehingga saya, selalu berusaha untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dan memberikan yang terbaik yang bisa saya lakukan sehingga saya cukup banyak terlibat dalam beragam aktivitas.
Pada bidang organisasi saya tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) sebagai Komunitas Penyalur Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, saya mengelola beberapa media sosial resmi untuk membagikan informasi kepada mahasiswa dan menulis artikel – artikel kesehatan, selain itu organisasi yang pernah dan sedang saya ikuti yaitu Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas Kedokteran Unud, One Health Student Club, Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba, Marching Band Suara Smansa Manggala Dara, Duta Endek Denpasar dan Paguyuban Teruna Teruni Denpasar.
Saya sangat tertarik menggeluti bidang keilmiahan, sebagai bentuk kontribusi saya terhadap kemajuan di bidang kesehatan yaitu saya sering mengikuti lomba poster publik tingkat nasional yang mengangkat tema – tema penyakit dan inovasi pencegahan penyakit dengan metode yang kreatif yakni seperti mengikuti National Project of Public Health 2017 and Medical Djogja Scientific Competition 2018. Saya juga merupakan penggagas dan penerima pendanaan pilot project pengabdian masyarakat oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) untuk membentuk pendidik sebaya di SMPN 10 Denpasar yang dikenal dengan RADAR (Remaja Aktif Duta Anti Rokok) untuk menurunkan angka perokok dini pada remaja awal dan pada akhir Agustus akan bertolak ke Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengikuti PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) dan mempresentasikan hasil karya pengabdian masyarakat. Dalam waktu dekat saya pula akan terlibat dalam tim assistant project Janger “Jangan Rabies” di bawah Udayana One Health Collaborating Center sebagai inovasi kolaborasi budaya dan kesehatan untuk menyampaikan pesan pencegahan penyakit rabies melalui tarian tradisional bali yaitu Tari Janger.
Aktivitas volunteer saya yaitu saya tergabung dalam komunitas Kakak Asuh Bali untuk membantu adik – adik di daerah terpencil Bali dalam hal finansial dan pendidikan, selain itu saya pula sering terlibat sebagai volunteer promotor kesehatan di SD, SMP, SMA, dan masyarakat umum yang berbagi informasi tentang kesehatan reproduksi, bahaya tembakau, penyakit kardiovaskular, gondok, dan lainnya.
Sejak saya duduk di bangku SMP saya telah menekuni modeling dan mengikuti beberapa kompetisi di Bali dan berpartisipasi dalam beberapa pagelaran busana di Bali. Beberapa pencapaian saya yaitu Juara 1 Busana Adat Ke Pura Pekan Seni Remaja 2015, Juara 1 Casual Endek Style ke Kampus Se-Bali Tahun 2016, Juara 1 Kategori Dewasa Evening Gown Endek Fashion and Creation 2017, dst. Disamping itu saya juga memiliki ketertarikan di bidang public speaking sehingga saya sering menjadi Master of Ceremony di beberapa kegiatan seperti seminar, guest lecture, talkshow, dan perlombaan – perlombaan.
Saya sangat menikmati untuk melakukan kegiatan olahraga, pada saat saya SMA saya merupakan seorang color guard yang menuntut fisik yang kuat untuk bermain bendera dan riffle dalam durasi waktu yang panjang sehingga melalui hal tersebut memulai kecintaan saya pada bidang olahraga.
Pada tahun 2018 ini merupakan sebuah tahun luar biasa karena saya diberikan kesempatan untuk menjadi perwakilan Provinsi Bali di ajang Putri Pariwisata Indonesia yang mengangkat kekayaan pariwisata olahraga. Tujuan saya mengikuti ajang ini tentunya untuk dapat berkontribusi dalam memajukan pariwisata Indonesia dan menyukseskan program – program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda ? Jelaskan!
Sosok yang paling menginspirasi saya adalah Ibu karena beliau merupakan sosok yang kuat dan selalu berusaha mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang membentuk pribadi saya pada saat ini. Beliau selalu mengajarkan untuk jangan pernah menyerah sesulit apapun keadaan yang harus dihadapi.
Saya pula terinspirasi oleh Mother Teresa karena beliau selama hidupnya mendedikasikan diri dalam menolong orang – orang yang sedang membutuhkan. Beliau sangat taat dalam nilai – nilai ketuhanan, tidak mementingkan diri sendiri dan seorang yang tidak takut mengambil risiko. Beliau telah mengingatkan saya bahwa janganlah pernah takut untuk memberi dan berbagi apa yang kita miliki kepada orang lain dan salah satu kutipan oleh Mother Teresa yang menginspirasi saya yaitu “There was a deep joy in giving, since what we receive is much more than we give”.

3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?
Menu healthy food yang saya sukai sebagian besar adalah kuliner asli Indonesia. Di Bali terdapat banyak jenis makanan yang sedikit pengolahan sehingga sehat untuk dikonsumsi seperti tipat cantok, bulung, rujak, dan tipat plecing. Saya merupakan penggemar sayur – sayuran dan buah – buahan yang tentunya sering digunakan sebagai bahan – bahan untuk meracik kuliner Bali. Oleh karena itu. kuliner Bali selalu menjadi makanan wajib dalam keseharian saya.

I-Gusti-Ayu-Evita-Trisnarini-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-Bali

4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut
Salah satu olahraga favorit saya yaitu bersepeda. Bagi saya bersepeda merupakan aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan yaitu dapat mencegah penyakit degeneratif dan kardiovaskular. Saya sangat menikmati bersepeda sambil menikmati keindahan alam seperti salah satunya di Pantai Sanur Bali yang menyediakan rute untuk pengendara sepeda.

5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa ?
Pelaku pageant favorit saya yaitu Lois Merry Tangel yang merupakan Putri Pariwisata Indonesia 2016. Di usia yang terbilang muda, Lois telah memberikan banyak kontribusi terhadap kemajuan pariwisata Indonesia dan berhasil memperkenalkan budaya Indonesia ke panggung dunia dengan membanggakan yaitu dengan meraih gelar Miss Tourism Cosmopolitan International 2017/2018 dan 3 special awards lainnya di ajang Miss Tourism International 2017. Hal ini tentunya menginspirasi generasi muda untuk tidak takut bermimpi, mengisi masa muda dengan hal positif dan sebisa mungkin berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia sesuai bidangnya masing – masing.

6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi tersebut.
Destinasi di Indonesia yang ingin saya kunjungi yaitu ke Raja Ampat di Provinsi Papua Barat. Indonesia memiliki kekayaan pariwisata bahari yang luar biasa salah satunya di Raja Ampat. Menurut CNN pula Raja Ampat merupakan destinasi terbaik di dunia untuk snorkling dan keindahannya begitu memanjakan mata sehingga saya tertarik untuk mengunjunginya. Sedangkan destinasi internasional yang ingin saya kunjungi yaitu Negara Jepang. Saya merasa bahwa banyak hal yang dapat kita teladani dari budaya Jepang seperti disiplin, menghargai waktu, selalu menjaga kebersihan dan budaya mengantri. Terdapat pula banyak destinasi – destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

7. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?
Saya menggambarkan diri saya menjadi seseorang yang impactful atau dapat membuat dampak positif terhadap orang-orang di sekitar saya. Saya berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan saya setelah menamatkan sarjana dengan memperoleh beasiswa seperti saat ini. Sebagai bentuk syukur, saya ingin dapat meneruskan dan membagikan berkat yang saya peroleh untuk dapat membantu orang lain dan meneruskan kegiatan – kegiatan pengabdian masyarakat saya di bidang kesehatan. Dalam 10 tahun ke depan, saya menggambarkan diri saya sebagai seorang ahli yang dapat berkontribusi pada Indonesia di bidang kesehatan, pariwisata, pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Terima kasih Evita dan Putri Pariwisata Indonesia atas kesempatan interviewnya

Editor: Irwansyah

 

Comments

comments