Sonia Fergina Citra Asal Bangka Belitung Terpilih Sebagai Puteri Indonesia 2018

Perhelatan akbar ajang tahunan Puteri Indonesia ke 22 kembali digelar tahun ini. Dengan siaran langsung dari Jakarta Convention Center (JCC) pada hari Jumat, 9 Maret 2018, gelar Puteri Indonesia kembali diraih oleh perwakilan Bangka Belitung, Sonia Fergina Citra. Ini merupakan gelar Puteri Indonesia kedua bagi Babel setelah Artika Sari Devi pada tahun 2004 yang juga sukses menembus top 15 di ajang Miss Universe 2005.

Malam puncak dibuka dengan penampilan ke 39 finalis dengan 4 pemenang Puteri Indonesia 2017 dengan mengangkat tema dari tanah Pasundan. Tahun ini pemandu acara dipercayakan kepada Andhika Pratama, Farhanisa (Puteri Indonesia Sumut 2015) dan Intan Aletrino (Puteri Indonesia Pariwisata 2016). Tamu special malam puncak juga menghadirkan Demi Leigh Nel Peters (Miss Universe 2017), Jenny Kim (Miss Supranational 2017) dan Kevin Liliana (Miss International 2017) dan khusus pada deretan juri, YPI mengundang Kezia Warouw (Puteri Indonesia 2016) dan Miss Universe 2007, Riyo Mori. Ini merupakan kunjungan kedua Riyo ke ajang Puteri Indonesia setelah hadir di Puteri Indonesia 2007 saat masih menjabat sebagai Miss Universe.

Setelah melalui proses penilaian selama karantina, akhirnya terpilihlah finalis yang lolos ke top 11 yakni : Berliana Permatasari (Sumatera Selatan), Wilda Situngkir (Kalimantan Barat), Kidung Paramadita (Jawa Tengah), Shafira Bella Sukma (Lampung), Resti Arda Parwanti (Sumatera Barat), Asti Wulan Adininggar (DKI Jakarta 2), Dilla Fadiella (DI Yogyakarta), Vania Herlambang (Banten), Sonia Fergina Citra (Bangka Belitung), Jesslyn (DKI Jakarta 4) dan Karina Basweran (DKI Jakarta 6) sebagai favorit pilihan masyarakat.

Penilaian selanjutnya adalah sesi Tanya jawab yang sudah masuk melalui twitter kepada seluruh finalis. Berbagai isu ditanyakan mulai dari kasus pemukulan murid terhadap guru, kriteria teman yang baik, dan beberapa pertanyaan filosofis. Tentunya ketenangan saat menjawab sangat diperlukan di sesi tersebut. Saat sesi tersebut, DKI Jakarta 6 sangat mencuri perhatian karena merupakan satu-satunya yang menjawab dalam bahasa Inggris.

Tahap selanjutnya ada pengumuman finalis yang berhasil masuk ke top 6 dan yang berhasil lolos adalah Dilla Fadiella (DI Yogyakarta), Vania Herlambang (Banten), Sonia Fergina Citra (Bangka Belitung), Berliana Permatasari (Sumatera Selatan), Wilda Situngkir (Kalimantan Barat) dan Kidung Paramadita (Jawa Tengah).

Mereka harus menjawab pertanyaan dari dewan juri dengan mencabut ‘payung mini’ yang sudah disediakan. Pada tahap ini, Sonia Fergina menunjukkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris dalam menjawab pertanyaan yang diajukan Riyo Mori tentang persekusi dan sangat memukau. Setelah melalui proses perundingan yang alot, akhirnya juri memutuskan Vania Herlambang (Banten), Sonia Fergina Citra (Bangka Belitung) dan Wilda Situngkir (Kalimantan Barat) sebagai top 3 dan pastinya berhak mewakili Indonesia di ajang Internasional.

Tahun ini sesi pertanyaan terakhir diberikan langsung oleh Miss Universe 2017, Demi Leigh tentang hubungan finalis dengan ibunya. Yang paling membuat IP terharu adalah jawaban dari Wilda tentang kerinduannya kepada ibunya yang sudah meninggalkannya. Setelah melalui perundingan alot, para dewan juri akhirnya memutuskan Wilda Situngkir sebagai Runner Up 2, Vania Herlambang sebagai Runner Up 1 dan Sonia Fergina Citra sebagai Puteri Indonesia 2018.

Selamat kepada Sonia, Vania dan Wilda dan ditunggu transformasinya !

Yuk intip video malam final Puteri Indonesia 2018, klik linknya dibawah ini.

Penulis : Lauwardy

Comments

comments