Final Leaderboard Miss Indonesia 2018

Tahun ini, pekerjaan menyusun Leaderboard atau daftar unggulan untuk ajang Miss Indonesia, tidak akan semudah tahun lalu. Persaingan yang lebih ketat dan kualitas kontestannya yang semakin bertabur prestasi dan bakat membuat peluang untuk menjadi juara lebih terbuka untuk diperebutkan sejumlah kontestan. Meski tidak mudah, kami tetap mencoba untuk menyusun daftar Leaderboard ini sesuai tradisi tahunan kami.

Diantara 34 kontestan, ada sejumlah nama yang menonjol sepanjang karantina dan didukung dengan latar belakang dan prestasi yang bersinar. Untuk posisi 5 Besar inilah unggulan kami dan alasan kami untuk memilih mengunggulkan mereka.

1) ACEH. Wakil Aceh tahun ini yaitu Raudha Kasmir bukan hanya cantik, namun sebagai seorang mahasiswi Kedokteran, dia juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Kemampuan leadership Raudha juga dapat dibuktikan dari jabatannya saat ini sebagai koordinator Center for Indonesian Medical Students di kampusnya. Di samping itu, kami juga berharap kemenangan Raudha dapat membuktikan bahwa wanita berjihab juga dapat menjadi wakil Indonesia di ajang Miss World, terutama karena di ajang ini sekarang sudah tidak ada lagi sesi busana renang dan fokus kegiatannya yang lebih dipusatkan untuk tujuan sosial.

2) SUMATERA BARAT. Peraih gelar Bachelor (Sarjana) jurusan International Relationship with Spanish dari University of Nottingham Malaysia ini mencuri perhatian dengan kemampuan multilingualnya. Narda Virelia ini juga sudah memiliki sejumlah pengalaman internasional, termasuk menjadi panitia Indonesian Festival di Moskow saat dia menjadi intern untuk Kedutaan Besar Indonesia di Rusia. Dari segi bakat, Narda juga dilengkapi “amunisi” berupa keahlian membawakan Ballroom dan Latin dance.

3) JAWA BARAT. Dilengkapi dengan segudang prestasi di bidang akademik, seni, hingga modeling, wakil Jawa Barat yaitu Alya Nurshabrina ini termasuk paket lengkap yang siap dilatih untuk berlaga di ajang Miss World. Pemenang ajang bergengsi Wajah Femina di tahun 2014 ini juga sering terlibat di kegiatan kemanusiaan, termasuk diantaranya Charity Fundraising untuk Desa Tsum di Nepal sekaligus memperingati satu tahun gempa Nepal. Dia menyumbangkan buku dongeng hasil karyanya sendiri untuk dijual secara online untuk penggalangan dana tersebut.

4) JAWA TENGAH. Lulusan Curtin University Singapura jurusan International Business ini pernah menyelesaikan kurikulum internasional IGCSE dari University of Cambridge International Examinations semasa sekolahnya. Nadya Astrella Juliana yang berasal dari Surakarta ini juga terlibat aktif dalam kegiatan kemanusiaan dengan sebuah yayasan untuk anak-anak pengidap kanker di RS Moewardi Surakarta.

5) SUMATERA UTARA. Bukan hanya memiliki tinggi tubuh yang menjulang (176 cm), Lydia Cherissa d’Cruz Sitorus ini juga memiliki latar belakang akademik yang mengagumkan. Dia merupakan lulusan University of Exeter di Inggris dengan jurusan Management with Marketing. Di samping itu, Lydia yang berpenampilan cantik eksotik karena keturunan campuran India Malaysia dan Batak yang dimilikinya ini juga aktif dalam kegiatan sosial UNICEF semasa berkuliah di Inggris.

Di samping mereka, ada sejumlah nama lain yang juga kami unggulkan dan juga masuk dalam daftar kami seperti SULAWESI UTARA yang punya prestasi modeling, akademik, hingga olahraga, KALIMANTAN SELATAN yang memegang gelar Magister of Entrepreneurship dari University of Melbourne, hingga DKI JAKARTA seorang mahasiswi Kedokteran yang sudah memiliki bisnis sendiri di usia yang masih belia. Daftar lengkap favorit kami tersebut dapat dilihat di tampilan grafis di artikel ini.

Siapakah yang akan menjadi Miss Indonesia 2018? Kita tunggu saja ya malam ini pukul 21.00 WIB! May the best girl win!

Penulis ; Ayus Wijaya

Comments

comments