Alya Nurshabrina Dari Jawa Barat Raih Mahkota Miss Indonesia 2018

Kamis, 22 Februari 2018 menjadi hari bersejarah bagi Alya Nurshabrina dari Jawa Barat, karena di malam tersebut, gadis kelahiran 21 Januari 1996 ini terpilih sebagai Miss Indonesia 2018. Final dari ajang tahunan ini diadakan di Studio MNC Jakarta, di mana Alya berhasil menyisihkan 33 kontestan lainnya untuk menjadi juara dan sekaligus perwakilan Indonesia di ajang Miss World 2018. Kemenangan Alya terasa lebih istimewa karena disaksikan pula oleh 8 Ratu Kecantikan dari berbagai penjuru dunia yaitu Miss World 2017 Manushi Chhillar (India), Miss World 2016 Stephanie del Valle (Puerto Riko), Miss World Americas 2017 Andrea Meza (Meksiko), Miss World Europe 2017 Stephanie Hill (Inggris), Miss World Africa 2017 Magline Jeruto (Kenya), Miss World Asia 2017 Ha Eun Kim (Korea Selatan), Miss World Caribbean 2017 Solange Sinclair (Jamaika), dan Miss World Oceania 2017 Annie Evans (Selandia Baru).

Alya merupakan lulusan Universitas Katolik Parahyangan jurusan Hubungan Internasional. Semasa kuliah, dia sudah pernah mencatatkan berbagai prestasi akademik termasuk diantaranya menjadi wakil Indonesia di ajang debat antarnegara di Universitas Harvard. Pemenang ajang Wajah Femina 2014 ini juga aktif dalam kegiatan sosial. Dia pernah menjadi ketua acara “This Is Us! Pemuda Bersatu untuk Autisme” yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung pada tahun 2017. Selain itu, ia juga aktif sebagai relawan dari gerakan Sahabat Peduli Indonesia yang mengajarkan seni dan daur ulang sampah sekitar Pantai Ngurbloat, Maluku Tenggara, di tahun 2017. Tak hanya di tingkat nasional, Alya juga pernah terlibat sebagai relawan Chay Ya Nepal, di mana ia ikut serta dalam program pembangunan gedung sekolah yang rubuh karena gempa di desa Yamuna Danda, Nepal, pada tahun 2016.

Selain Alya, sejumlah kontestan lainnya pun terpilih lolos ke jajaran finalis serta ada pula yang memenangkan penghargaan khusus. Sedikit kejutan di tahun ini, karena banyaknya kontestan yang potensial, dewan juri memutuskan untuk meloloskan 1 kontestan lagi ke babak semifinal sehingga ada 16 Besar kontestan yang berkompetisi di babak semifinal. Berikut ini hasil lengkap dari final Miss Indonesia 2018.

Miss Indonesia 2018 : JAWA BARAT – Alya Nurshabrina
Runner Up 1 : SUMATERA BARAT – Narda Virelia
Runner Up 2 : JAWA TENGAH – Nadya Astrella Juliana
Runner Up 3 : SULAWESI UTARA – Harini Merly Betrix Sondakh
Runner Up 4 : ACEH – Raudha Kasmir

16 Besar :
BANTEN – Haifa Nafisa
DI YOGYAKARTA – Giovanna Yudi
DKI JAKARTA – Beatrice Elizabeth Elena
JAMBI – Natasya Dey
JAWA TIMUR – Angeline Stephanie
KALIMANTAN SELATAN – Fiyona Alidjurnawan
KALIMANTAN TENGAH – Mercy Andrea
KALIMANTAN UTARA – Cloudia Shinta Bestari
NTB – Natasha Keniraras
RIAU – Mitha Ardianti Safira
SUMATERA UTARA – Lydia Cherissa D’Cruz Sitorus

Pemenang Jalur Fast Track
· Nature and Beauty Fashion : BANTEN – Haifa Nafisa
· Sports : RIAU – Mitha Ardianti Safira
· Social Media : JAMBI – Natasya Dey
· Top Model : ACEH – Raudha Kasmir
· Talent : JAWA TENGAH – Nadya Astrella Juliana
· Beauty with a Purpose : JAWA BARAT – Alya Nurshabrina

Pemenang Penghargaan Khusus
· Miss Cantik Alami : SUMATERA BARAT – Narda Virelia
· Miss Selfie in Detail : ACEH – Raudha Kasmir
· Miss Kulit Cantik Sehat : JAWA TENGAH – Nadya Astrella Juliana
· Miss Persahabatan : PAPUA – Ludia Amaye Maryen
· Miss Favorit : KALIMANTAN SELATAN – Fiyona Alidjurnawan

Selamat untuk semua pemenang dan untuk Alya, selamat mengemban tugas sebagai Miss Indonesia 2018 dan mempersiapkan diri menuju Miss World 2018!

Penulis ; Ayus Wijaya

Comments

comments