It’s Me: Finalis Miss Earth Indonesia 2018 – Yohana

Nama Lengkap: Yohana Gabriela
Nama panggilan: Yohana
Tempat / tanggal lahir: Jakarta, 19 Januari 1996
Umur & Tinggi Badan: 22 & 170
Pekerjaan / pendidikan: S1/ admin
Hobby: bernyanyi dan running
Motto: One day, I’ll be staring at the blessings I used to always dream about
Prestasi:
1. Juara 3 basket (SD) antar gereja
2. 3 kali juara 1 basket antar sekolah saat SMP
3. Juara 2 Fashion Design antar sekolah (SMA)
4. Join comunity YPKB (Yayasan Pelangi Kasih Bangsa) yang bekerjasama dengan BNN untuk sosialisasi narkoba di seluruh sekolah daerah Jakarta Pusat
5. Sosialisasi narkoba di Banggai Kepulauan dan melakukan observasi mengenai hal rohani
6. Bekerja sebagai education counselor di Binus University (2014-2016)
7. Bekerja sebagai Guru Bimble Blessed to Bless(2015-2017)
8. Intern di Kemnaker sebagai Controlling (2017)
9. Bekerja sebagai admin di Eden LL (2018)
10. School runner up Nike Run 2013
11. Active HIMME (Himpunan Mahasiswa Manajemem Ekonomi) organization as multimedia staff in Binus University (2014-2017)
12. Volunteer sebagai usher bagian pengobatan gratis acara Untukmu Indonesia

 

1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?
Saya adalah seseorang yang senang dalam hal hal baru. Seperti bertemu dengan orang baru, pengalaman baru, dan lainnya. Saya memiliki kepribadian yang cukup plegmatis, dimana saya senang melihat kedamaian dan seringkali menjadi mediator karena senang untuk berfikir secara netral. Walaupun saya pernah dibully dan diperlakukan tidak adil, saya sering menangani hal tersebut dengan kepala dingin, karena bagi saya energi negatif tidak perlu saya makan namun saya jadikan sebagai pijakan saya untuk merefleksikan dan mengoreksi diri saya agar lebih baik lagi. Saya sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan olahraga, lingkungan, business, fashion, dan media. Dan saya sangat menyukai untuk melakukan hal yang produktif seperti bekerja, bersosial, melakukan pengembangan diri seperti nyanyi, dan lainnya.

 

2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda ? Jelaskan!
Bagi saya sosok yang paling menginspirasi saya adalah Agnes Monica. Karena dia adalah seseorang yang bukan hanya saja bermimpi, namun dia membuat semuanya tercapai. Dan walaupun tercapai, dia tidak pernah berhenti dan justru semakin berjuang. Keberhasilan dia pada bidang yang ia tekuni bukanlah dalam waktu sementara, melainkan terus melambung dari dirinya masih usia belia hingga sekarang Go Internasional. Untuk menjadi inspirasi untuk banyaj orang dan dapat Go Internasional adalah salah satu impian saya. Bagi saya bukan hanya sekedar talent, melainkan attitude dan tentunya rasa terimakasih kepada Tuhan Yesus yang dilakukan oleh beliau yang tidak pernah dia lupakan.

 

3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?
Buah-buahan seperti salad buah.

 

4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut
Saya menyukai olah raga basket sejak saya berada dikelas 4SD. Karena pada saat saya mencoba bermain ada satu ketertarikan sendiri untuk dapat memasukan bola ke dalam ring basket dan rasa kompetisi yang tinggi saat bermain karena kita tidak boleh diam ditempat dan harus selalu bergerak karen aturan aturan tertentu dalam permainannya. Hal tersebut sangat menyenangkan bagi saya.

5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa ?
Maria Selena. Selain memiliki wajah yang cantik, dia juga memiliki kepribadian serta pikiran yang cantik juga. Apalagi dia juga memiliki hobby yang sama dengan saya yaitu dibidang basket. Pernah suatu kali saya menonton dia bermain basket, walaupun keringetan tetapi masih terlihat anggun, disitulah saya merasa ingin menjadi seperti dia.

 

6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi tersebut.
Destinasi indonesia yang ingin saya kunjungi adalah manado karena kakek nenek saya yang tinggal disana. Saya hanya pernah kesana dua kali yaitu saat masih kecil dan belum lama ini. Saya merasa waktu yang saya habiskan disana masih kurang, dan saya ingin explore lebih karena setisp tempat yang pernah saya kunjungi sangat membuat saya kagum.
Untuk destinasi internasional, saya ingin sekali untuk bisa berkunjung ke negara negara di Eropa terutama negara yang sedang berada pada musim salju. Karna hal tersebut belum pernah saya rasakan, dan saya senang melihat suatu tempat dengan warna cerah karena pantulan warna putih. Terlihat seperti berada di negeri dongeng.

 

7. Menurut anda, apa masalah lingkungan terbesar di Indonesia sekarang ?
Plastik, terutama di laut. Karena sampah dilaut semakin parah, Indonesia berada pada nomor urutan kedua atas sampah terbanyak di laut sedunia setelah negara cina. Dimana hal ini sangat membahayakan ekosistem laut yang sesungguhnya juga akan berpengaruh terhadap kesehatan manusia yang mengkonsumsi makanan hasil laut itu sendiri.

 

8. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?
Saya melihat diri saya akan menjadi seorang pribadi yang sukses dalam hal karir, dimana saya mampu menginspirasi banyak generasi muda karena kualitas dalam diri saya dalam segala aspek. Saya mampu memberi dampak positif bagi perkembangan masyarakat Indonesia dan mampu membawa nama baik atau mengharumkan nama bangsa ke dunia internasional. Saya memiliki keluarga yang mendukung saya dan saya juga dapat menjadi seorang istri serta ibu yang baik dan benar untuk keluarga saya.

 

Terima kasih Yohana dan Yayasan El John Indonesia atas kesempatan interviewnya

Editor: Araz Raziman

Comments

comments