It’s Me: Finalis Miss Earth Indonesia 2018 – Verta

Nama Lengkap:  Verta mega arlinsa
Nama panggilan: Verta
Tempat / tanggal lahir: Semarang, 14 Desember 1994
Umur & Tinggi Badan: 23 & 167 cm
Pekerjaan / pendidikan: Kuliah
Hobby: Berolahraga (Muaythai, Badminton, Jogging)
Motto: you only fail when you stop trying.
Prestasi:  1. Duta Wisata Gus dan Yuk Kab. Mojokerto 2013
2. Wajah Femina 2016
3. Raka Raki Jawatimur 2018
 
 
 
1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat? 
Halo.
Perkenalkan nama saya Verta Mega Arlinsa, lebih di kenal dengan sebutan Verta, saya lahir di daerah yg sering di kenal dengan makanan khas lumpianya Semarang 14 Desember 1994 .Alhamdulillah  tidak lama belum ada sebulan saya di berikan amanah yang cukup menantang sebagai seorang Sarjana Ilmu Komunikasi dari UPN Jawa Timur.
Kalau berbicara mengenai hobi saya ini ada beberapa karna hobi-hobi yg saya lakukan ini adalah sebuah cara untuk menyemangati diri saya setiap harinya antara lain ada badminton, kemudian saya juga menggemaru yaitu muaythai salah satu olahraga yg berasal dari negeri Thailand . Berbicara sisi lain mengenai saya pribadi, saya mempunyai motto hidup yg saya deklarasikan ke semua orang yg saya ceritakan ke orang lain “You only Fail when you stop Trying” . Itu lah yg memotivasi saya untuk terus maju dan berprestasi dan melanjutkan langkah prestasi saya untuk bisa terus bertambah yaitu bergabung di pemilihan Miss Earth 2018. Selain sebelumnya saya juga mempunyai pengalaman di Duta Wisata Kabupaten Mojokerto pada tahun 2013, Wajah Femina 2016, dan untuk melengkapi pengalaman-pengalaman di bidang pageant yakni di Raka Raki Jawa Timur 2018 . Semoga apapun yang bisa menjadi pengalaman saya ini harapannya adalah modal yg sangat baik untuk sebuah mental yg baik pula untuk menjadi pribadi yg tidak hanya sekedar baik tetapi pribadi yg berkualiatas dan berkarakter and I’am ready to be next miss earth 2018.
 
 
2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda ? Jelaskan!
 
Tentu adalah orang tua sayalah yg mengawali sebelum saya berkenalan dengan kehidupan di luar sebelum saya mengenal orang lain, dari orangtua saya lah karakter saya ini terbentuk dan saya tahu untuk yang membedakan mana baik dan benar yang kemudian akhirnya saya terus berproses untuk menjadi pribadi lebih baik dan masih dalam arahan orangtua. Karena orangtua saya adalah sumber inspirasi dan kebahagian saya 
 
 
3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda? 
Makanan sehat yg sering saya konsumsi adalah lalapan salah satunya karena banyak sekali sebenarnya makanan sehat yg menjadi pilihan saya untuk hidup sehat selain lalapan ada juga beberapa sayuran atu buah yg menjadi bagian konsumsi di kehidupan saya dalam memilih asupan untuk tubuh saya seperti just buah, aneka buah, mix fruit ada tomat dan wortel kemudian apel, ya buah-buah itulah yg sebenarnya harga yg tidak mahal, tetapi kualitas dan banyak hal positif yg saya dapatkan untuk amemberikan sebuah asupan saya untuk menjadikan tubuh yg sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit yg berbahaya.
 
 
4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut
Saya sebenarnya mennyukai beberapa olahrga yg biasanya sering dan mudah saya lakukan itu adalah jogging kRena jogging ini tidak perlu mengeluarkan rupiah tapi saya mendapatlan kesehatannya tanpa batas inilah olahraga yg sering sekali saya lakukan dan hampir saya lakukan setiap harinya ya kalaupun saya tidak bangun pagi saya melakukannya terkadang dirumah atau di tempat kebugaran fitness treadmill ataupun berdepeda . Kadang juga saya badminton bersama teman teman terkadang seminggu sekali kadang juga dua kali. Tapi apapun yg bisa kita lakukan yg berkaitan dengan olahraga apapun itu saya rasa itu baik karena olahraga sitambah dengan asupan yg baik untuk tubuh kita saya yakin kita memiliki tubuh yang fit, tubuh yg siap untuk fight, tubuh yg tidak teekontaminasi dengab bahan2 kimia tapi kita bijak dalam memilih asupan yg kita gunakan dengan ditunjang olahraga yg membentuk karakyer kita adalah karakter hidup sehat
 
 
5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa ?
saya sangat terinspirasi dengan salah satu miss Indonesia Kamidia Radisti, Kamidia Radisti sangat mencintai dunia olahraga sepengetahuan saya Kak Kamidia adalah seorang guru Renang. Pastinya wanita identik dengan kata tomboy tapi semua  terpatahkan dengan sosok kamidia Radisti tidak hanya menjadi icon sebagai pelaku pageant, melainkan mampu mengaplikasikan inner beauty dan outer beautynya untuk mengisnpirasi orang lain. 
 
 
6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi . 
Yang pernah saya kunjungi di Indonesia ada beberapa tempat tapi saya suka sekali dengan yang saya sampaikan ini adalah Laboan Bajo dan Raja Ampat Papua karena disana saya bisa benar2 menemukan keoriginalitasan Alam yang dimiliki dan pesona Alam yang sangat memukau, dan masih banyak hal lain lagi lainnya dimana tempat-tempat ini tidak terkontaminasi dengan polusi yang ada, tidak seperti pada kota-kota Besar.  Satu tempat yang sangat saya ingin kunjungin di daerah atau provinsi saya sendiri yaitu di Madura,  tepatnya di kab. sumenep yaitu Pulau Gili Lyang yg mana mempunyai kadar oksigen yang terbaik no 2 setelah yordania. Karena rata-rata usia orang setempat di tempat ini mencapai 50 hingga 100 tahun. Salah satu alasan saya wajib  dan akan mengunjungi dalam waktu kurun dekat ini. Selain yg saya kunjungin ganti Laboan Bajo dan Raja Ampat.   Destinasi untuk selanjutnya adalah Sebuah tempat yg Sangat Indah menurut saya yakni Aurora di Norwegia, Aurora merupakan fenomena alam berbentuk cahaya yang berwarna hijau, merah, ungu hingga biru yang ada di langit pada malam hari. Aurora hanya terjadi di Belahan bumi bagian utara. Dan dari sekian banyaknya Negeri di bumi utara Norwegia merupakn salah satu negara terbaik untuk mengamati dan menikmati keindahan aurora yang sangat luar biasa. 
 
7. Menurut anda, apa masalah lingkungan terbesar di Indonesia sekarang ?
Menurut saya, permasalahan lingkungan terbesar saat ini adalah pembuangan limbah atau sebagai contoh adalah asap pabrik yang sangat saya sayangkan, Jika sebuah pabrik yang besar berdiri tanpa memikirkan bagaimana limbah yang mereka hasilkan tidak mempunyai tempat pembuangan yang sesuai dengan standart yang berlaku. Apalagi dampak limbahnya langsung menpunyai pengaruh yang buruk terhadap Alam, tidak hanya mempengaruhi perubahan jenis kelamin ikan, tapi juga mengancam kesehatan masyarakat yang mengkonsumsi ikan dari sungai yang tercemar. Gangguan kesehatan itu berupa kanker payudara dan kanker testis. Selain itu, kecilnya ukuran senyawa, dapat melewati tali pusar dan plasenta, sehingga tersimpan dalam tubuh anak.
 
 
8. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun ya?
 
 Semua orang mempunyai goals, tujuan hidup untuk bisa memberikan sebuah kualitas dari kehidupannya masing-masing, goals saya 10 tahun kedepan saya sudah menjadi pribadi yang lebih baik, yang pertama adalah dari kompetisi-kompetisi yang saya lakukan, yang kedua adalah saya memiliki manfaat bagi banyak orang kembali ke kompetisi-kompetisi ini karena dari kompetisi ini saya banyak belajar banyak hal, bertemu banyak orang, melihat kebaikan orang lain, kekurangan orang lain yg nantinya saya pelajari saya pilah saya pilih untuk bisa menjadikan diri saya menjadi pribadi yang berkualitas yang kemudian saya bisa mengispirasi orang lain dan kemudian pula saya menjadi  orang yang mampu mengisnpirasi dari apa yang saya lakukan, dan yang ketiga adalah saya akan menjadi seorang ibu, menjadi seorang Ibu tapi tanpa meninggalkan sebuah kualitas diri saya, saya sepuluh tahun kedepan berharap menjadi seorang Ibu, Wanita Karir, Memiliki anak putra putri, Memiliki suami yang dimana emansipasi wanita akan selalu junjung tinggi, sehebat apapun saya sebagai seorang Wanita nantinya si sepuluh tahun kedepan, lengkap menjadi Ibu sebagai kodrat seorang wanita saya akan tetap memberikan kontribusi saya untuk negara, untuk Lingkungan dan untuk siapapun yang ada disekitar saya untuk menjadi orang-orang yg berkualitas, orang-orang yg kompetitif tidak hanya sekedar menjadi seorang yang begitu-begitu saja, seorang Ibu rumah tangga saja tapi saya mampu menjadi ibu rumah tangga, menjadi seorang Wanita ibu dari anak-anak saya, saya juga memiliki nilai guna dan manfaat bagi orang lain dan yang paling saya harapkan adalah berguna bagi Nusa dan Bangsa. 
Mampu menjadi Seorang Wanita, menjadi Seorang Ibu, menjadi seorang Inspirator, mampu berprestasi, dan mempunyai peluang untuk menjadi seorang pemimpin Negara
Setinggi apapun prestasi saya, saya adalah seorang wanita, seorang ibu, yg mampu adil dalam segala apapun. 
 
 

Terima kasih Verta dan Yayasan El John Indonesia atas kesempatan interviewnya

Editor: Araz Raziman

Comments

comments