It’s Me: Finalis Miss Earth Indonesia 2018 – Tessa

Nama Lengkap          : Yuni Tessa Afriliani Djanisar

Nama Panggilan       : Tessa

Tempat/ Tgl Lahir    : Tulungagung, 5 April 1994

Umur & Tinggi Badan : 24/167

Pendidikan              : Sarjana Teknik, lulusan Teknik Lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta

Hobby                    : Travelling, Memasak

Motto                     : Kegagalan merupakan kesempatan awal untuk menuju keberhasilan. Jadilah wanita yang berani maju hingga mencapai keberhasilan tersebut.

Prestasi                  : Finalis Puteri Indonesia DIY 2015, Finalis Putri London Beauty Centre 2016

 

 

1.    Ceritakan diri anda secara singkat?

Yuni Tessa Afriliani Djanisar, biasa dipanggil Tessa. Menjadi wanita berpendirian yang maju, selalu belajar menjadi lebih baik, dan bermanfaat untuk lingkungan adalah impiannya. Tessa merupakan gadis yang lahir di Jawa tetapi dari kecil hingga saat ini tinggal di Provinsi Lampung. Saat berkuliah di Jurusan Teknik Lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta, Tessa berkomitmen untuk aktif di berbagai bidang baik di kampus maupun di luar kampus, karena menurutnya menjadi Wanita haruslah bisa dalam berbagai hal (multi-talent). Sehingga selain aktif menjadi mahasiswa, Tessa juga aktif di berbagai kegiatan organisasi, selain itu Tessa juga pernah menjadi Asisten Dosen dalam Praktikum Hidrologi Lingkungan. Selain aktif di kegiatan akademik, di luar kampus juga Tessa mengikuti kegiatan modelling, karir di dunia modellingnya pertama kali di tahun 2012 dimana Tessa mengikuti Sekolah Modelling di salah satu Management Model Terkenal di Yogyakarta. Sejak saat itulah, Tessa ingin terjun di dunia Pageant dengan mengikuti beberapa pemilihan yang ada di Yogyakarta di Tahun 2015 dan 2016. Di banyaknya kegiatan yang Tessa ikuti sewaktu masa kuliah, tidak membuat Tessa merasa Lelah dan semangatnya dibuktikan dengan kemampuannya untuk mampu lulus di Jurusan Teknik dalam waktu 4 tahun dan mendapat predikat Cumlaude. Di Tahun 2018 ini Tessa berkesempatan menjadi Finalis Miss Earth Indonesia, Tessa berharap dapat berkontribusi untuk Menjaga dan Melestarikan Bumi kita dengan Ilmu dan Pengalaman yang Tessa miliki saat ini.

 

2.    Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda? Jelaskan

Sosok yang menginspirasi bagi saya adalah MAMA. Kepribadiannya yang membawaku menjadi seperti saat ini. Menjadi wanita yang maju, selalu berusaha, dan memiliki impian-impian yang harus dicapai. Mama adalah inspirasiku.

 

3.    Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?

Healthy food menurut versi Tessa adalah menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Menjaga pola dan menu makan supaya memiliki tubuh yang bugar dan sehat adalah penting, sehingga semua makanan sehat tersebut harus menjadi favoritku. Contohnya adalah Nasi Merah, Daging, Sayuran, Buah, dan Susu.                                    

 

4.    Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut?

Olahraga Favoritku adalah Zumba, Tessa selalu  melakukannya rutin setiap 2kali dalam 1 minggu. Selain manfaatnya adalah membakar kalori, Zumba merupakan olahraga yang menyenangkan karena gerakannya membuat kita semangat, dan seluruh anggota tubuh ikut bergerak dan terlatih lentur. Zumba sangat menyenangkan dan menyehatkan.

 

5.    Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa?

Pelaku pageant favorite saya adalah Nadine Chandrawinata (Puteri Indonesia 2005). Selain Cantik dan Cerdas, Nadine hingga saat ini aktif di kegiatan yang mengajak masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan. Tidak hanya mengeksplore keindahan alam Indonesia, tetapi beliau juga menanamkan pesan untuk pentingnya selalu menjaga lingkungan agar kita dan anak-cucu kita kelak masih bisa melihan keindahan alam tersebut.

6.    Destinasi wisata mana di Indonesia dan di international yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa?

Destinasi wisata favoritku adalah melihat keindahan laut, pantai, ataupun gunung.

Destinasi wisata di Indonesia yang ingin dikunjungi dalam waktu dekat ini adalah Labuan Bajo (NTT), kawasan wisata dengan pemandangan yang sangat indah, hamparan lautan, pesisir pantai hingga tengah lautan, bukit yang hijau, membuktikan kelestarian alam yang masih alami tanpa campur tangan manusia. Disana juga bisa melihat keindahan bawah laut. Dan tentunya akan menyadarkan kita untuk selalu menjaga kelestariannya.

Destinasi wisata International yang ingin dikunjungi adalah Maldives. Keindahan pulau dan terumbu karangnya, jernihnya air, seperti bebas dari polusi (karena terlihat sangat indah tanpa sampah setitikpun), saya ingin membuktikan dan merasakan keindahannya.

 

7.    Menurut anda, apa masalah lingkungan terbesar di Indonesia sekarang?

Menurutku, masalah lingkungan terbesar di Indonesia sekarang ini adalah pembuangan limbah yang tidak tepat sasaran (limbah sampah dan plastik bekas yang dibuang sembarangan), walaupun masalah ini sudah terjadi sejak lama namun hingga sekarang belum terselesaikan. Salah satu contohnya adalah limbah plastik. Masih minimnya kesadaran para konsumen mengenai dampak limbah plastik, dampak tersebut mungkin belum dirasakan tetapi pasti akan terasa dalam beberapa tahun kedepan jika kita tidak melakukan upaya untuk menguranginya. Mengingat limbah plastik merupakan limbah yang sulit terurai meskipun sudah tertimbun bertahun-tahun, sehingga jika limbah plastik tidak dikurangi akan menumpuk dan tentunya dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. Mengurangi limbah tersebut bisa dilakukan dengan cara : Mengurangi penggunaan plastik (mengganti plastik dengan bahan lainnya yang tidak hanya sekali pakai) dan bisa juga dengan Mendaur Ulang sampah plastik menjadi barang-barang yang bermanfaat (kerajinan). Indonesia sangat membutuhkan kontribusi masyarakat untuk mewujudkan slogan Indonesia Bebas Sampah.

 

8.    Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?

Tessa 10 tahun kedepan : Menjadi Sosok Wanita yang Sukses dan Inspiratif. Aktif berkontribusi dengan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membangun dan memajukan negri ini, terutama dalam aspek Lingkungan.

 

Terima kasih Tessa dan Yayasan El John Indonesia atas kesempatan interviewnya

Editor: Araz Raziman

Comments

comments