It’s Me: Finalis Miss Earth Indonesia 2018 – Kika

Nama Lengkap: Maurizka Khansa Kaulika
Nama panggilan: Kika
Tempat / tanggal lahir: Bandung, 27 Januari 1997
Umur & Tinggi Badan: 21 / 174cm
Pekerjaan / pendidikan: Mahasiswi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Katolik Parahyangan
Hobby: Menari
Motto: “Be true about who you are”
Prestasi: 
⁃Dancer Indonesia Kids Choice Awards Global TV 2008-2010
⁃Dancer Independent Day Trans TV 2011
⁃Top 40 Covergirl Aneka Yess!
⁃Top 25 Asian New Star Model 2012
⁃Finalis Duta Bahasa Jawa Barat 2017
⁃Finalis Mojang Jajaka Kota Bandung 2017
⁃Mojang Best Catwalk 2017
 
 
 
1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?
Saya lahir dan tinggal di kota Bandung, dan saat ini adalah seorang mahasiswi jurusan Ilmu Administrasi Bisnis di Universitas Katolik Parahyangan.
Saya adalah seseorang yg terkadang pemalu, tapi saya pribadi yg sangat senang belajar dan tidak pernah takut untuk mencoba berbagai hal yang baru.
Selain itu, saya senang menari, karena dengan menari saya dapat melatih fisik sekaligus sarana mengekspresikan diri dan hobi.
 
 
2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda ? Jelaskan!
Sosok yang paling menginspirasi saya adalah seluruh anggota keluarga saya, terutama orang tua, karena saya dibesarkan dari keluarga yang sangat sangat peduli terhadap satu sama lain, sangat kuat, dan selalu mendukung saya dalam situasi apapun.
 
 
 
3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?
Plain yogurt dikombinasikan dengan potongan buah-buahan seperti pir, apel, pepaya, dan lain-lain.
 
 
4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut.
Saya senang lari atau joging, mudah dilakukan, bisa kapan saja dan dimana saja juga lumayan bikin berkeringat, tetapi kalau menari dapat dikategorikan sebagai olah raga maka pasti akan jadi alternatif lain dari olahraga favorit saya, karena dengan menari dapat membantu melatih pernafasan kita dan membuat fisik kita lebih kuat, berbagai aktivitas dalam menari selain dapat mengeluarkan keringat, juga dapat menjadi pelepas stress dengan mengekspresikan nya kedalam sebuah gerakan.
 
 
5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa ?
Salah satu pelaku pageant favorit saya adalah kak Nadine Chandrawinata karena walaupun lama setelah lepas menjabat dan sudah berprofesi sebagai seorang artis namun masih konsisten hingga sekarang memiliki berbagai advokasi yang menginspirasi banyak orang untuk menyayangi alam dan peduli terhadap lingkungan.
 
 
6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi tersebut.
Destinasi wisata di Indonesia yang ingin saya kunjungi adalah Raja Ampat, karena dari referensi yg saya dapat, Raja Ampat merupakan destinasi wisata alam yg luar biasa indah dan istimewa berkelas dunia, destinasi Internasional milik Indonesia yang harus kita rawat, kita jaga, turut kita promosikan dan tentunya kita banggakan!
Destinasi wisata internasional yang ingin saya kunjungi adalah kota Paris, Perancis, karena selain ada banyak tempat wisata bersejarah yang ingin saya explore, sepertinya atmosphere kota Paris sangat romantis dan banyak spot untuk bisa berfoto cantik.
 
 
7. Menurut anda, apa masalah lingkungan terbesar di Indonesia sekarang ?
Masalah lingkungan terbesar di Indonesia menurut saya adalah pola pikir dan pola hidup masyarakat kita dalam menyikapi perubahan iklim, kita semua tahu bahwa bukan hanya Indonesia saja yang terkena dampak dari fenomena perubahan iklim ini, namun juga di dunia. Sebetulnya ada banyak sekali hal yg dapat kita lakukan sebagai masyarakat, mulai dari hal kecil dan sederhana seperti menghemat air dan penggunaan energi lainnya, mengurangi pemakaian sampah plastik untuk keperluan pribadi dan keperluan lainnya sampai pada hal-hal yg lebih besar yang dapat kita aplikasikan kedalam pola hidup dan keseharian kita, namun terkadang karena kurangnya kesadaran serta rasa kepedulian dan rasa tanggung jawab dari masyarakat, maka masih banyak masyarakat yang menyepelekan hal ini. Semoga melalui kegiatan yg saya ikuti di pemilihan Miss Earth Indonesia 2018 ini bisa menambah bekal pengetahuan & informasi bagi saya tentang berbagai cara, program dan langkah-langkah untuk dapat meningkatkan kesadaran saya khususnya dan teman teman serta masyarakat di sekitar saya pada umumnya, untuk dapat lebih peduli terhadap alam, lingkungan serta bahaya perubahan iklim yg kini sedang terjadi yang harus kita sikapi dan hadapi bersama.
 
 
8. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?
Dalam 10 tahun kedepan, saya berkeyakinan akan melihat diri saya menjadi menjadi seorang perempuan pengusaha, dan menjadi orang yang sukses, sukses untuk membahagiakan keluarga, sukses menjadi panutan banyak pihak, sukses untuk peduli terhadap masyarakat dan lingkungan, dan sukses untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, Aamiin.
 
 

Terima kasih Kika dan Yayasan El John Indonesia atas kesempatan interviewnya

Editor: Araz Raziman

Comments

comments