It’s Me: Finalis Miss Earth Indonesia 2018 – Dinda

 

Nama Lengkap : Adinda Putri
Nama Panggilan : Dinda atau Adin
Tempat/tanggal lahir : Surabaya, 19 November 1996
Umur & tinggi badan : 21 tahun & 171cm
Pekerjaan/Pendidikan : News Presenter TVRI Jatim/English Diploma Universitas Airlangga
Hobby : Modelling & tari tradisional
Motto : Mulailah dari tempatmu berada. Gunakan yang kau punya. Lakukan yang kau bisa. ( Arthur Ashe )

Prestasi                        :

  • Model Asian Fashion Week 2014
  • Miss Indonesia Kalimantan Timur 2015
  • Duta Universitas Airlangga 2016
  • Top 5 Brand Ambassador Marketeers 2017

 

  1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?

Nama saya Adinda Putri, dapat dipanggil dengan Dinda. Saya berusia 21 tahun. Saya merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Saya telah menempuh studi english diploma dan sekarang bekerja sebagai news presenter di salah satu stasiun televisi. Saya merupakan pribadi yang mandiri dan gigih dalam memperjuangkan apa yang menjadi keinginan saya. Sejak SMP saya berusaha memenuhi kebutuhan saya sendiri dengan hobby sebagai seorang model, tanpa mengesampingkan pendidikan. Bagi saya, kehidupan itu haruslah berguna bagi lingkungan sekitar. Contoh nyata paling kecil yang saya terapkan sehari hari adalah menyimpan sampah dalam tas terlebih dahulu sampai menemukan tempat sampah, membawa tumblr & shopping bag untuk menghindari penggunaan plastik yang berlebihan. Dengan begitu, saya dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

  1. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi Anda ? Jelaskan!

Sosok inspirasi tersebut adalah Ibu Susi Pudjiastuti. Beliau adalah sosok yang menggambarkan ketegasan, kemandirian, dan simbol pendirian kuat pada wanita masa kini dalam mengambil keputusan. Kemandirian dari Ibu Susi mengingatkan saya pada diri saya sendiri, dimana saya sedari kecil memiliki tekat untuk menjadi mandiri dan memenuhi kebutuhan hidup saya sendiri. Sosok Ibu Susi yang tegas menginspirasi saya untuk bisa menjadi wanita yang tangguh melawan suka duka menjalani kehidupan, dan juga dapat menjadi bermanfaat bagi sekitar saya.

  1. Apa menu healthy food yang menjadi favorite Anda?

Semanggi Surabaya, karena memiliki rasa yang lezat dan unik. Jika dilihat sepintas semanggi ini menyerupai pecel tetapi perbedaanya berada pada bumbunya yang terbuat dari bahan ketela. Selain itu, kandungan air dan serat dalam daun semanggi sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan kulit dan pencernaan. Semanggi Surabaya ini sudah jarang ditemui di kota-kota besar, bahkan untuk mencarinya harus berkunjung ke sudut kota.

  1. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut?

Jogging, karena dapat dilakukan dengan rutin dan tidak membutuhkan banyak perlatan khusus. Cukup dengan komitmen, bisa di lakukan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, dengan rutin melakukan jogging dapat membuat sistem kardiovaskular sehat/baik untuk jantung, meningkatkan kualitas tidur, menjadikan tulang lebih kuat, meningkatkan stamina dan menjaga imunitas tubuh.

  1. Siapa pelaku pageant favorit Anda dan mengapa ?

Saya mengidolakan Iris Mittenaere. Menurut saya ia adalah sosok inspirasi wanita modern saat ini. Kepribadiannya yang dinamis, elegan, dan ceria, terpancar dari perbuatan dan pembawaannya. Walaupun terlihat kalem, tetapi Iris juga suka melakukan travelling dan olahraga ekstrim. Salah satu hal yang paling saya ingat adalah ketika ia mengatakan bahwa kegagalan yang didapat bisa membuka lembaran baru dan membuka kesempatan lain yang ada. Hal tersebut merubah pandangan saya terhadap sebuah kegagalan.

  1. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin Anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa Anda memilih destinasi tersebut?

Destinasi wisata nasional yang saya ingin kunjungi adalah Labuan Bajo. Disana terdapat berbagai wisata epic bertaraf internsional yang memikat hati. Dapat bertemu dengan Komodo, spesies endemis yang hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Komodo, mengunjungi gua batu cermin, bermain di Pulau Wae Lulu dan masih banyak lagi. Selain itu, Labuan Bajo juga memiliki pantai berwarna pink yang hanya ada 8 di dunia. Sungguh memikat. Sementara, destinasi wisata internasional yang ingin saya kunjungi adalah Ice Stupa di Ladakh, Himalaya. Wisata ini cukup unik karena disana kita bisa menemukan stupa es di tengah padang gurun di Himalaya. Eksotisme es di tengah gurun tersebut tidak semata berfungsi sebagai tempat wisata, tapi juga sebagai wadah penampung air yang akan melepas air perlahan saat musim panas. Sehingga, dengan adanya stupa es tersebut para petani lokal tidak lagi khawatir dengan musibah kekeringan air.

  1. Menurut Anda, apa masalah lingkungan terbesar di Indonesia sekarang ?

Masalah utama yang kita sekarang hadapi adalah produksi sampah yang tidak berimbang dengan proses pengolahannya. Setiap hari sampah terakumulasi dan mencemari lingkungan hidup disekitar kita seperti tanah, sungai, laut, dan udara. Permasalahan terebut tidak bisa dianggap remeh karena dampak yang timbul pada akhirnya akan merugikan eksistensi kita sebagai manusia. Penurunan produksi pangan, tercemarnya ikan dengan limbah mikroplastik dan semakin berkurangnya suplai air bersih adalah salah satu akibat dari pencemaran sampah. Maka dari itu, implementasi dari 3R perlu lebih diterapkan dan dipromosikan. Agar, lebih banyak lagi sampah yang diolah sehingga pencemaran ini dapat kita atasi bersama.

  1. Seperti apa anda melihat diri Anda dalam 10 tahun kedepan?

Saya memandang diri saya sepuluh tahun kedepan akan menjadi entepreneur dan aktivis lingkungan yang sukses dan bermanfaat bagi masyarakat. Saya memiliki impian untuk bisa membuka sekolah model dan sekolah kepribadian. Sehingga, saya bisa mengembangkan diri saya bersama dengan masyarakat, dan bisa memberikan manfaat positif kepada masyarakat. Selain itu, saya juga ingin menjadi aktivis lingkungan. Sekarang atau sepuluh tahun kedepan saya rasa akan sama saja. Dengan mengawali dari diri sendiri untuk secara aktif menerapkan gaya hidup eco friendly, mulai bekerjasama dengan komunitas terkait agar dapat menyuarakan gerakan yang lebih besar, harapan saya kedepannya saya bisa mengajak lebih banyak masyarakat untuk bergerak bersama saya menyelamatkan lingkungan.

Terima kasih Dinda dan Yayasan El John Indonesia atas kesempatan wawancaranya.

Editor: Aditiya Yasmin

Comments

comments