Pakai Kebaya: Impian Demi Sebelum Jadi Miss Universe

Kehadiran Miss Universe setiap tahun ke Indonesia menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia. Kehadiran Miss Universe di Indonesia selain tampil dalam malam final Puteri Indonesia 2018, ia juga diajak mengunjungi sponsor, melihat keindahan Indonesia, serta mencoba kulinernya.

Tentunya dalam berbagai kegiatan tersebut, Miss Universe diberikan pakaian-pakaian cantik buatan designer lokal, seperti yang dituturkan Ibu Putri K. Wardani selaku ketua dewan pembina Yayasan Puteri Indonesia.

“Kehadiran Miss Universe setiap tahunnya selalu saya berikan yang terbaik, khususnya dalam hal busana, saya sengaja menggandeng designer lokal supaya bisa mempercantik Miss Universe dan tidak menggunakan designer luar negeri, karena ternyata karya designer Indonesia tidak kalah bagus juga dengan designer luar negeri”, jelas Ibu Putri.

Saat meet & greet yang berlangsung, Senin (12/3) di rumah kediaman Ibu Mooryati Soedibjo di Mangunsarkoro, turut hadir Sonia Fergina Citra (Puteri Indonesia 2018), Vania Herlambang (Puteri Indonesia Lingkungan 2018), Wilda Octariana (Puteri Indonesia Pariwisata 2018), Dilla Fadiela (Puteri Indonesia Perdamaian 2018), Berliana Permatasari (4th runner up) dan Kidung Paramadita melengkapi top 6 Puteri Indonesia 2018.

Tak lupa yang paling ditunggu, Demi Leigh Nel Peters (Miss Universe 2017). Miss Universe asal Afrika Selatan tersebut ternyata sudah mengagumi busana kebaya sejak lama, yaitu sejak saat ia masih kecil.

Seperti yang terlihat sebelum malam final Puteri Indonesia 2018, Demi mengenakan kebaya paduan warna emas dan biru karya designer Intan Avantie, anak sulung designer kebaya ternama Anne Avantie. Rancangannya mendapatkan pujian dari Demi, apalagi dalam status instagram miliknya, Demi terlihat sangat gembira dan senang dipakaikan kebaya yang sudah lama ia impikan.

Kebaya sendiri adalah busana tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia sejak jaman dulu. Asal kata kebaya berasal dari kata Arab yaitu Abaya yang berarti pakaian, namun versi lain menyebut berasal dari kata “Kebyak” atau “Mbayak” dari masyarakat Jawa. Ada pendapat yang menyatakan kebaya berasal dari China. Lalu menyebar ke Malaka, Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi. Setelah akulturasi yang berlangsung ratusan tahun, pakaian itu diterima di budaya dan norma setempat. Namun ada juga pendapat bahwa kebaya memang asli Indonesia. Nama kebaya sebagai pakaian tertentu telah dicatat oleh Portugal saat mendarat di Jawa. Kebaya Jawa seperti yang ada sekarang telah dicatat oleh Thomas Stamford Bingley Raffles di 1817.

Yuk intip video saat Demi Leigh (Miss Universe 2017) mengaku memimpikan memakai kebaya sejak dari kecil. Klik linknya di bawah ini:

Penulis : Irwansyah
Editor: Aditiya Yasmin

Comments

comments