IP Around The World: Norway

Kerajaan Norwegia atau Kongeriket Norge (Noreg) dalam bahasa Norwegia, adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia.

Negara pengekspor Salmon terbesar di dunia ini, jaman dulu termasuk salah satu powerhouse di beauty pageant dari Benua Eropa. Terbukti dari deretan prestasinya di masa lampau.

Miss Norway atau dalam bahasa lokal sering disebut Frøken Norge merupakan salah satu kontes kecantikan di Norwegia. Secara tradisi, pemenang Miss Norway akan mewakili negaranya di ajang Miss Universe sedangkan Runner-up nya akan mewakili diajang Miss World, Miss International, Miss Europe dan terkadang pada ajang internasional lainnya.

Norwegia mengirimkan wakil pertamanya di ajang Miss Universe pada tahun 1952. Prestasi tertinggi dicapai oleh Mona grudt setelah berhasil membawa pulang mahkota kemenangan pada Miss Universe 1990.

Sedangkan di Miss World, tercatat keikutsertaan Norwegia pertama kali pada tahun 1953. Prestasi tertinggi berhasil ditorehkan Ingeborg Sorensen setelah berhasil menjadi Runner-up ke-1 pada perhelatan Miss World 1972.

Keikutsertaan Norwegia pertama kali di ajang Miss International yaitu pada tahun 1960. Sejauh ini Norwegia berhasil memenangkan gelar Miss International dua kali yaitu pada tahun 1988 oleh Catherine alexandra gude dan 1995 oleh Anne lena hansen, serta menjadi 1st Runner Up di tahun 1978. Sejak 2010 Norwegia absen dalam keikutsertaannya di ajang Miss International hingga pada tahun 2014, Norwegia kembali ikut serta dalam ajang tersebut hingga kini.

Norwegia debut pertama kali mengikuti ajang Miss Earth pada tahun 2002. Prestasi terbaik di ajang Miss Earth yaitu keberhasilan wakilnya 2 tahun berturut-turut menembus jajaran top 16 semifinalis pada tahun 2003 dan 2004 oleh Fay larsen dan Birgitte korsvik.

Comments

comments