IP Around the World : Jamaica

IP-Around-The-World-Jamaica

Whaa gwaan. Yes sah! Halo. Whatsup! Begitu kira-kira artinya. Welcome to Jamaica. Kali ini kita jalan-jalan ke salah satu negara penghasil bauksit terbesar di dunia. Bahasa Inggris yang terdengar unik atas pengaruh Bahasa Afrika bagian barat menjadi ciri khas dari Jamaika. Penasaran kan dengan kecantikan negara satu ini? Yuk kita bahas, IP friends!

Miss-Universe-Jamaica

Jamaika debut di Miss Universe pada tahun 1961, namun ajang pemilihan nasionalnya resmi diselenggarakan mulai 1982. Sejak debut, tercatat beberapa kali Jamaika absen yaitu pada tahun 1962, 1967, 1976, 1982. Sejauh ini Jamaika telah mengantongi setidaknya 7 kali placement di Miss Universe. 3 kali menjadi Finalis 10 besar oleh Sandra Foster pada 1989, Nicole Haughton pada 1999, dan Christine Straw pada 2004. Menjadi 6 besar finalis oleh Kimberly Mais. Kaci Fennel memperkuat nama Jamaika dengan menjadi Runner up ke- 4 pada 2014. Davina Bennet mengulang kesuksesan Jamaika dengan menjadi Runner up ke-2 pada 2017, dan prestasi tertinggi diperoleh Yendi Phillips (slide 2) setelah menjadi Runner up pertama Miss Universe 2010.

Miss-intercontinental-Jamaica

 

Runner up pertama dari pemilihan Miss universe Jamaica akan mewakili negaranya ke ajang Miss Grand International, sedangkan runner up ke-2 nya ke ajang Miss Intercontinental.

Miss-World-Jamaica

Jamaika di Miss World sudah mengantongi sekurangnya 26 kali placement. Debut Jamaika di Miss World yaitu pada 1959. Jamaika 3 kali memboyong mahkota kemenangan sepanjang keikutsertaannya di Miss World, Carole Crawford sebagai Miss world 1963, Cindy Breakspeare (slide 3) sebagai Miss world 1976 dan Lisa Hanna sebagai Miss World 1993. Cindy merupakan ibu dari Damian Marley, putra dari perkawinannya dengan musisi dunia Bob Marley.

Di ajang Miss International, prestasi Jamaika tertinggi yaitu menjadi 15 besar semifinalis pada 1988 oleh Michelle Samantha Williams dan pada 1987 oleh Denise Josephine Thompson (slide 4). Sudah terbukti kan bagaimana cantiknya Jamaika di panggung ajang kecantikan dunia dengan segala raihan prestasinya.

Menurut IP friends, kita jalan-jalan kemana lagi nih buat IP Around the World minggu depan?

Penulis : Alan Kurniawan
Editor : Irwansyah

Comments

comments