Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats

Beragam Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata

Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata tak perlu ongkos yang mahal dan beberapa cara yang sulit. Panduan berikut ini dapat Anda kerjakan di mana saja dan kapan saja.

Berikut beragam cara gampang yang dapat Anda coba dimulai dari saat ini supaya mata selalu sehat dan terjaga:

~ Artikel Dengan Tema Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata - ini Di Tulis Oleh Edi Dongoran





Langkah termudah untuk mempertahankan kesehatan mata Anda dengan konsumsi makanan sehat untuk mata. Penuhilah piring makan Anda setiap hari dengan sumber makanan tinggi asam lemak omega-3, zink, vitamin A, vitamin C, vitamin E, sampai karotenoid. Karotenoid terhitung dalam keluarga anti-oksidan yang bukan hanya bagus untuk mata, tetapi juga sanggup menolong tingkatkan mekanisme kebal dan membuat perlindungan badan dari gempuran penyakit.

Anda dapat penuhi semua konsumsi nutrisi ini dari makanan yang sehat untuk mata, seperti wortel, jeruk, sayur berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), dan lain-lain. Jaga skema makan Anda berguna juga supaya Anda terbebas dari resiko kegemukan dan penyakit seperti diabetes type 2, yang menjadi satu diantara pemicu khusus kebutaan ke orang dewasa.

Di Teruskan Oleh : Dirja Prasetya ( Konsumsi Makanan Bergizi )







Tahukah Anda jika asap rokok bukan hanya beresiko untuk kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi bawa dampak jelek pada mata? Ya, sedikit yang mengetahui jika merokok bisa juga menyebabkan masalah pada mata.

Menurut situs Department of Health New York State, rokok kerap kali dihubungkan dengan beberapa masalah kesehatan berikut ini:

  • Degenerasi makula: Perokok mempunyai resiko 3-4 kali semakin tinggi untuk terserang degradasi makula.
  • Katarak: Perokok berat perokok lebih dari 15 tangkai satu hari mempunyai resiko 3x semakin tinggi untuk mempunyai katarak di matanya.
  • Glaukoma: Merokok kerap dihubungkan dengan tekanan darah tinggi, katarak, dan diabetes, yang mana semua sebagai factor resiko glaukoma.
  • Retinopati diabetik: Merokok tingkatkan resiko terserang diabetes, hingga peluang terserang kompleksitas diabetes seperti retinopati semakin besar.
  • Sindrom mata kering: Perokok aktif mempunyai kesempatan semakin besar untuk alami sindrom mata kering.

Bila Anda tidak selekasnya menghindar rokok, ditambah lagi jika Anda telah terserang salah satunya keadaan di atas, tidak tutup peluang masalah mata bisa usai dengan kebutaan. Karenanya, stop merokok secepat-cepatnya buat mempertahankan kesehatan mata, terlebih bila Anda masih terbilang muda. Jika Anda bukan perokok aktif, Anda perlu tetap menghindar paparan asap rokok dari orang sekeliling. Jadi perokok pasif atau secondhand smoker dapat sama berbahayanya dengan perokok aktif.

Di Teruskan Oleh : Keisha Safitri ( Jauhi Asap Rokok )







Langkah lain untuk jaga supaya mata masih tetap sehat dengan atur penerangan di dalam ruang. Melakukan aktivitas di dalam ruang dengan penerangan yang bagus bisa tingkatkan fokus, keproduktifan, dan motivasi kerja daripada di dalam ruang remang-remang. Penerangan ruang yang bagus dapat memiara kesehatan mata. Karena terlampau jelas dapat membuat silau, sementara cahaya yang terlampau kotor membuat pandangan kabur. Ke-2 nya bisa membuat mata semakin lama jadi capek.

Ada banyak resiko yang lain kemungkinan terjadi jika Anda melakukan aktivitas atau sukai membaca di ruang gelap. Mata Anda dapat kering karena dalam sinar redup mata jadi jarang-jarang berkedip-kedip. Mata kering dapat membuat pandangan Anda jadi tidak nyaman. Saat atur penerangan di dalam ruang, Anda pun perlu sesuaikan dengan keadaan kesehatan mata sekarang ini. Orang yang punyai permasalahan refraksi (mata minus, plus, atau silinder) kemungkinan perlu penataan sinar khusus agar menyaksikan secara baik. Begitu halnya yang punyai masalah pandangan seperti katarak, degradasi makula, glaukoma, dan keadaan pandangan yang lain.

Di Teruskan Oleh : Hasan Uwais ( Atur Penerangan Ruang yang Sesuai )







Mempunyai waktu tidur yang memadai dan berkualitas penting untuk mempertahankan kesehatan mata yang hendak punya pengaruh dalam tingkatkan pandangan. Tidur bisa menolong mata Anda untuk istirahat secara keseluruhan. Sesudah sepanjang hari dipakai untuk melakukan aktivitas, mata perlu waktu untuk membenahi dan menyembuhkan diri. Saat Anda kekurangan tidur, automatis mata tidak mempunyai cukup waktu untuk istirahat. Keadaan ini dapat menyebabkan menurunnya pandangan Anda secara perlahan-lahan.

Ditambahkan lagi, kekurangan tidur bisa menyebabkan mata berasa gatal, kering, bahkan juga mata terlihat memeras. Ini karena mata tidak hasilkan air mata yang cukup karena kekurangan tidur. Mengakibatkan, mata beresiko terserang infeksi. Maka yakinkan Anda memperoleh waktu tidur yang memadai pada malam hari. Anda bisa juga atur penerangan di kamar yang nyaman dan tidak begitu jelas, hingga Anda lebih gampang lelap.

Di Teruskan Oleh : Ajeng Winarsih ( Tidur yang Memadai )







Langkah yang lain tidak kalah penting untuk menjaga mata supaya masih tetap sehat ialah olahraga dengan teratur. Banyak penyakit atau masalah mata yang terkait dengan permasalahan kesehatan lain, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan cholesterol tinggi. Nach, kegiatan fisik yang cukup menghindari Anda dari resiko beberapa penyakit itu, hingga mata Anda juga selalu sehat.

Olahraga dapat turunkan resiko glaukoma sejumlah 25%. Ditambahkan lagi, olahraga sekitar 3x satu minggu mengecilkan kesempatan Anda untuk terserang degradasi makula di umur tua. Anda tak perlu lakukan olahraga yang berat atau berintensitas tinggi. Kegiatan simpel seperti jalan dan turun-naik tangga cukup, terlebih bila dilaksanakan dengan teratur.

Ingat-ingatlah untuk memakai kacamata hitam dengan pelindungan UV saat lakukan olahraga di luar ruang.

Di Teruskan Oleh : Among Hidayanto M.M. ( Olahraga yang Teratur )







Senam mata bisa dilaksanakan untuk menolong memiara kesehatan otot mata. Anda dapat melakukan pada pagi hari, saat sebelum tidur, ataupun waktu mata berasa capek.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk lakukan senam mata:

  • Sekalian duduk rileks, tutup mata Anda dan gerakkan mata ke atas sepanjang yang Anda sanggup. Tahan sepanjang sesaat, selanjutnya turunkan "penglihatan" ke bawah. Ulang seringkali selanjutnya membuka mata dan saksikan sekitaran.
  • Kemudian, tutup mata Anda kembali. Sekalian masih tetap tutup mata, lirik ke kanan selanjutnya lirik ke kiri. Ulang seringkali, tukar arah.
  • Membuka mata dan saksikan sekitaran. Selanjutnya, tutup kembali mata Anda. Saat ini, lirik arah diagonal dari atas kanan ke kiri bawah sekalian tutup mata, selanjutnya tukar atas kiri ke kanan bawah. Ulang seringkali. Membuka mata.
  • Paling akhir, pejamkan mata dengan kuat lalu berkedip-kedip seringkali.

Di Teruskan Oleh : Kemba Caraka Gunarto ( Lakukan Senam Mata )







Pengecekan mata bukan hanya dilaksanakan saat Anda telah mempunyai masalah pada mata. Tetapi, ini perlu jadi rutinitas dan dilaksanakan secara periodik. Masalahnya pengecekan mata bisa menolong mengawasi berapa baik kekuatan pandangan Anda, dan mengetahui ada permasalahan mata sejak awal kali. Walau Anda tidak mempunyai tanda-tanda atau keluh kesah apa saja sekarang ini, pengecekan yang pas dapat menolong Anda ketahui ada masalah mata yang tidak memiliki gejala.

Di Teruskan Oleh : Rahayu Hastuti ( Teratur Periksakan Mata )