Sejuta Keindahan Di Taman Nasional Wasur Propinsi Papua

Papua Propinsi Indonesia yang mempunyai sejuta keindahan wisata alamnya, bila IP Friends ingin berkunjung kesana, pastikanlah sejenak mampir melihat keindahan alam Papua yaitu, Taman Nasional Wasur.

wasur10

Untuk sampai di taman nasional ini, kita harus berangkat dari Jayapura menuju ke Merauke menggunakan pesawat. Perjalanan memerlukan waktu sekitar 1,5 jam.Perjalanan dari Marauke ke Taman Nasional Wasur memakan waktu tempuh 1,5 jam hingga 2 jam selama perjalanan, saat tiba di lokasi, kita akan di sambut didepan pintu gerbang dengan tulisan Selamat Datang Di Kawasan Taman Nasional Wasur.

Taman Nasional Wasur ini dikenal juga dengan sebutan Srengeti Irian. Srengeti sendiri merupakan nama taman nasional yang berada di Tanzania, Australia. Sedangkan kata “Wasur” berasal dari kata “Waisol” yang dalam bahasa Marind berarti taman.

Taman nasional dengan luas 413.800 ha ini adalah hutan sabana basah yang paling luas di Asia. Flora dan fauna yang tinggal di taman nasional ini dikategorikan menjadi 5 kelompok yaitu aves, mamalia, reptil, pisces, amfibi, dan insekta. Di dalam keluarga mamalia, terdapat beberapa hewan seperti musang, kangguru, kuskus, dan masih banyak lagi.

wasur9

Di Taman Nasional Wasur ada satu keunikan yaitu adanya rumah semut yang sering disebut juga dengan nama Musamus.

wasur8

Untuk tempat beristirahat sejenak, bisa digunakan pondok-pondok yang berada ditengah sungai, kita bisa hunting foto dengan panorama pemandangan sekitar yang sangat indah.

wasur11

Selain menjadi tempat wisata, Taman Nasional Wasur juga dimanfaatkan warga sekitar, terutama anak-anak bermain air dan berenang, jernihnya air membuat badan menjadi segar dan fresh.

wasur6

Dan bila beruntung kita akan melihat mama-mama disana, memperlihatkan menu kuliner khas papua Sagu, bagaimana mengolahnya dari sebatang pohon sagu menjadi hidangan kuliner istimewa, Ayo jangan ragu lagi berkunjung ke Taman Nasional Wasur, banyak sejuta keindahan yang akan kalian dapatkan. (rm/is)

Comments

comments