IP Around the World: Japan

 
#IPAroundtheWorld
 
こんばんは, IP Friends! Welcome to Japan!
Jepang, dalam bahasa lokal disebut Nippon atau Nihon. Dalam bahasa resmi sering disebut Nipponkoku atau Nihonkoku. Yuk kita intip fakta-fakta tentang ajang kecantikan di negara kepulauan yang berada di Asia bagian timur ini! Whoozzzz….
 
IP Friends, ternyata Jepang memiliki beberapa kontes kecantikan nasional diantaranya Miss Universe Japan, Miss World Japan dan Miss International Japan. Yuk kita bahas satu persatu berikut dengan prestasi mereka di ajang internasional masing-masing.
 
 
Miss Universe Japan diselenggarakan sejak tahun 1998. Sebelumnya ajang ini bernama Miss Japan. Miss Japan diselenggarakan sejak 1952 hingga 1995 hingga akhirnya berganti nama. Dari kedua ajang nasional yang berbeda tersebut Jepang bisa dikatakan cukup sukses di ajang Miss Universe. Bagaimana tidak? Pada periode 1952-1995 Jepang berhasil mencatatkan prestasinya sebagai pemenang Miss Universe sebanyak 1 kali, 5 kali menjadi runner-up dan beberapa kali menempati posisi semifinalis. Akiko Kojima, wanita Jepang pertama yang menjadi Miss Universe. Akiko berhasil memboyong mahkota Miss Universe ke Jepang pada tahun 1959. Sedangkan pada periode 1998 hingga 2007 dibawah naungan national director barunya yaitu Ines ligron, Jepang berhasil menang menjadi Miss Universe 1 kali, 2 kali menjadi runner-up dan 1 kali menjadi semifinalis. Riyo Mori berhasil menjadi wakil Jepang kedua yang memboyong mahkota ke negeri sakura ini pada tahun 2007. Tercatat beberapa prestasi lainnya yang telah diraih Jepang selama berpartisipasi pada ajang Miss Universe yaitu 3 kali menyabet gelar Miss Congeniality dan 2 kali menjadi Best national costume. Prestasi terakhir Jepang di Miss Universe yaitu pada 2015, setelah Ariana miyamoto berhasil menikmati hangatnya berdiri di jajaran 10 besar semifinalis.
 
Miss world Japan adalah ajang nasional lainnya yang diselenggarakan sejak 2013. Prestasi terakhir Jepang di ajang Miss World diraih oleh Haruka Yamashita yabg berhasil menembus jajaran 15 besar semifinalis Miss World 2017.
 
Mungkin banyak IP Friends yang bertanya mengapa Miss International sangat kental dengan nuansa Jepang? Yup, Miss international organization dinaungi oleh International Cultural Association yang berbasis di Jepang. Miss International Japan tentu merupakan bagian di dalamnya. Namun selama 57 tahun perhelatan Miss International digelar di Jepang, Jepang hanya satu kali mencatatkan diri sebagai pemenang yaitu pada tahun 2012 oleh Ikumi yoshimatsu. Wah butuh perjuangan yang cukup lama ya untuk memboyong mahkota kemenangan, IP friends. (ak)
 
#IPAroundtheWorld #Indopageants

Comments

comments