IP Around The World: Albania

Përshëndetje IP Friends , hari ini IP mau mengajak kalian semua terbang ke negara kedua yang dibahas di sesi #IParoundtheworld ,yaitu Albania. Negara cantik ini oleh warganya sendiri disebut sebagai tanah air burung Elang. Negara yang beribukota di Tirana (Tiranë) ini memiliki gunung yang menjadi daya tarik wisatawan yaitu Gunung Dajt dengan pemandangan ibukota yang indah. Selain itu ada beberapa situs wisata yang masuk kedalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO diantaranya yaitu: Berat, sebuah kota tertua di Albania yang dikenal sebagai “Kota 1001 Jendela”. Gjirokastër , yang memiliki kastil besar diatas bukit di tengah kota yang merupakan penjara yang dipakai beberapa generasi.

Negara dengan segudang wanita cantik ini pertama kali debut di Pageant International Miss Universe sejak tahun 2002 , melalui wakil mereka Anisa Kospiri yang pada waktu itu sukses membawa Albania menembus babak 10 Besar.

Kesuksesan Albania ini tentu tidak lepas dari andil Fadil Berisha yang menjadi pemegang lisensi Miss Albania. Seperti diketahui, Fadil kala itu menjadi fotografer resmi Miss Universe. Sehingga sedikit banyak Fadil memahami kriteria wanita seperti apa yang layak untuk berkompetisi di ajang tersebut. Sejak tahun 2002 Fadil sudah ambil bagian dalam Miss Albania dan sejak edisi tahun 2007 – 2011 Fadil memegang kendali penuh dalam menentukan wakil Albania yang akan dikirim ke Miss Universe. Albania tercatat 3 kali Place di ajang Miss Universe semenjak keikutsertaan mereka. Albania pernah membatalkan keikutsertaan mereka di Miss Universe tahun 2013 karena Russia sebagai tuan rumah pada saat itu tidak mengakui Kosovo sebagai negara berdaulat. Hal ini dikarenakan pemegang kuasa atas Miss Albania dan Miss Kosovo adalah Fadil Berisha. Fadil yang lahir di Albania dan menghabiskan masa kecil di Kosovo menganggap dua negara ini adalah bagian penting dari dirinya.

Angela Martini menjadi wakil Albania terakhir yang berhasil melaju ke babak 10 besar pada tahun 2010. Angela juga terbilang suskes meniti karir di Amerika Serikat dengan membuka line bikini yang diberi nama Martini Bikini.

Prestasi Albania di Miss Universe:

  1. Anisa Kospiri – Top 10 Miss Universe 2002
  2. Hasna Xhukiçi – Top 15 Miss Universe 2009
  3. Angela Martini – Top 10 Miss Universe 2010
  4. Lindita Idrizi – Miss Photogenic 2016

Sayang kesuksesan mereka di ajang Miss Universe tidak diikuti dengan wakil mereka di ajang Miss World, Albania hingga tahun 2017 belum pernah sama sekali Place untuk ajang yang satu ini. Satu-satunya prestasi Albania di Miss World adalah di tahun 2003, ketika mereka meraih penghargaan khusus Scholarship Award di Miss World lewat wakilnya Denisa Kola.

Pada ajang Miss Supranational prestasi Albania yaitu Best talent di tahun 2009 oleh Borana Kalemi, Top 20 Miss Supranational 2010 oleh Anisa Mukaj, dan terakhir tahun 2017 meraih awards Top model dan top 25 oleh Alessia Coku.

Pada ajang Miss Earth, Albania debut pada tahun 2006 dan belum pernah place.

Pada ajang Miss Grand International 2014 Albania debut dengan wakilnya Vivian Canaj. Namun belum pernah place dan hanya mengirim wakil di tahun 2014 dan 2015.

Setelah Albania, IP akan ajak kamu jalan-jalan kemana ya ? Stay tuned terus di Indonesian Pageants.

Comments

comments