Inspiratif, Best Transformation to Body Goal

 

Nicola King bukan berasal dari beauty pageants, namun kisahnya bisa menjadi inspirasi bagi orang banyak, sempat masuk dalam surat kabar lokal di Inggris dan kisahnya ini ia bagikan diakun media sosial pribadinya, dengan banyak mendapatkan respon positif dari nitizen.

Wanita muda ini mengalami penyakit anorexia. Anoreksia nervosa (AN) sendiri adalah sebuah penyakit gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang.

 

Pencitraan diri pada penderita AN dipengaruhi oleh bias kognitif (pola penyimpangan dalam menilai suatu situasi) dan memengaruhi cara seseorang dalam berpikir serta mengevaluasi tubuh dan makanannya.

AN merupakan sebuah penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal,sosiologikal, dan fisiologikal, pada penderitanya ditemukan peningkatan rasio enzim hati, hingga disfungsi hati akut pada tingkat lanjut.

Tubuhnya makin hari makin kurus, bisa dibilang seperti tulang berbalut kulit, padahal usianya baru 20 tahunan tapi terlihat seperti orang yang berusia lanjut, tidak ada rona kecerian dari raut wajahnya. Bahkan baju yang dipakai seakan tidak terlihat bagus. Kian hari kesehatannya makin menurun. Takut terjadi sesuatu dan berakibat fatal, bisa menyebabkan kematian.

22 Juni 2012, Nicola melakukan pemeriksan kesehatan disebuah rumah sakit. Dokter menyarankan untuk secepatnya mengubah pola hidup sehat dengan makan sehat, rajin olahraga dan tidur yang cukup.

Recovery itu ia lakukan dengan sungguh-sungguh dan ia abadikan dalam bentuk tatto ditangannya. Perlahan tapi pasti, perubahan itu mendapatkan hasil yang memuaskan, berat badannya naik hingga mencapai 40 kilogram dan iapun mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Nicola kemudian rajin membentuk tubuhnya dipusat kebugaran,  fokus dan menjalani hidup sehat, Nicola kemudian keluar dari tempat lama ia bekerja. Kepercayaan dirinya makin tumbuh, hasilnya ia berhasil menjadi juara dikontes kebugaran.

Kisah inspirasi Nicola ini menjadi pelajaran bagi kita semua, apapun yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh tetaplah berusaha dan jangan menyerah, suatu saat pasti ada hasilnya.

Penulis : Irwansyah