Its Me : Putri Pariwisata Indonesia 2018 Sumatera Selatan – Ica

Annisa-Tassia-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-Sumatera-Selatan

Nama Lengkap: Annisa Tassia
Nama panggilan: Ica
Tempat / tanggal lahir: Palembang, 24 November 1996
Umur & Tinggi Badan: 21 tahun dan 170 cm
Pekerjaan / pendidikan: Model / Sarjana Hukum
Hobby: Menonton film, membaca, mendengarkan music wisata kuliner
Motto: Usaha, Doa, dan Cinta kunci menuju sukses
Prestasi:
– Juara I Baca Puisi Tingkat Sumatera Selatan Tahun 2006
– Putri Indonesia Sumatera Selatan 2015
– Beasiswa Bank Indonesia 2016/2017
– Model Palembang Fashion Week 2014 – 2018
– Lulusan Terbaik Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang 2017

1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?
Perkenalkan saya Annisa Tassia, saya akrab di panggil Ica. Saya merupakan putri tunggal dari keluarga akademisi kedua orang tua saya adalah dosen. Saya merupakan sarjana hukum lulusan dari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, lulus dengan predikat cumlaude dan merupakan lulusan terbaik tingkat Fakultas tahun 2017. Saya juga sangat menyukai organisasi dan kegiatan sosial antara lain Generasi Baru Indonesia Provinsi Sumatera Selatan atau GENBI dibawah naungan Bank Indonesia, tergabung dalam Agen Muda Muslim sebagai bendahara dan sebagai volunteer di Relawan Anak Sumatera Selatan yang misi utamanya mencerdaskan anak bangsa. Prestasi pertama yang saya dapatkan di dunia pageant ialah saya merupakan Puteri Indonesia Sumatera Selatan Berbakat Tahun 2015. Sejak kecil saya diperkenalkan oleh ibu saya dengan banyak hal mulai dari modelling, puisi, renang, balet, dan tari tradisional, menggambar dan lain sebagainya. Dari semua hal yang diperkenalkan kepada saya semua saya tekuni dengan serius dan saya menyukainya kecuali menggambar dan dari hal-hal tersebut saya menemukan bakat yang menonjol dalam hal modeling dan membaca puisi. Saya juga sebagai Master of Ceremony dalam berbagai event. Aktivitas sehari-hari disamping aktif dalam kegiatan sosial saya juga sebagai model professional di Kota Palembang.
Meskipun saya aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan modeling, tapi saya tak melupakan pendidikan sebagai salah satu pondasi penting sebagai perempuan Indonesia, hal ini saya buktikan dengan menjadi Lulusan Terbaik Fakultas di Tahun 2017 dengan predikat Cumlaude.
Pada tahun 2018 merupakan tahun yang luar biasa bagi saya karena saya diberi kesempatan mewakili Provinsi Sumatera Selatan sebagai Putri Pariwisata Indonesia dengan mengangkat tema Sport Tourism dimana Palembang- Jakarta merupakan ajang pelaksanaan Asian Games 2018 yang merupakan event olahraga bersekala Internasional bergengsi. Tujuan saya mengikuti ajang ini ingin mengali dan memperkenalkan serta memajukan pariwisata Indonesia ke mancanegara dan membantu Kementerian Pariwisata agar programnya pariwisata dijadikan sebagai suatu system sehingga dapat dibuat sebagai model dengan menginvetarisasi sumber daya yang ada dalam memprogram pariwisata, agar mempercepat munculnya Bali baru di Indonesia dan target kunjungan wisata dapat terwujud bahkan melampaui.

2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda ? Jelaskan!
Mami, mami merupakan sosok yang sangat berarti didalam hidup saya, karena mami lah orang pertama yang memperkenalkan saya dengan banyak hal dalam kehidupan, sehingga saya menemukan jati diri saya. Mami selalu mengajarkan untuk menekuni segala sesuatu dengan serius dan dengan hati yang senang, selalu mengajarkan saya untuk menggali potensi diri, Mami selalu bilang manusia itu dilahirkan dengan banyak kelebihan dan itu tidak akan datang dengan sendirinya harus selalu kita gali sampai kita menemukannya. Setelah kita menemukan potensi diri Mami selalu mengajarkan saya untuk selalu memupuk dan meningkatkannya hingga mencapai puncak harapan. Mami selalu mengajarkan saya keseimbangan dalam hidup. Disamping itu Mami selalu bilang berusaha dan berdoa itulah kunci sukses dalam hidup.

3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?
Sayuran dan buah-buah, Untuk buah saya sangat menyukai jeruk karena mengandung vitamin C yang tinggi dan sebagai anti oksidan, sedangkan sayur yang paling saya suka adalah bayam karena mengandung zat besi yang membuat saya jadi kuat.

Annisa-Tassia-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-Sumatera-Selatan

4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut?
Olahraga favorit saya adalah renang, karena dengan renang semua anggota tubuh ikut bergerak dan merupakan olah raga yang paling efektif megontrol keseimbangan tubuh dan disamping itu saya menyukai filosofi air karena air tahu kemana tempat ia bermuara dan air selalu mengisi ruang-ruang kosong.

5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa ?
Anindya Kusuma Putri (Puteri Indonesia 2015 dan Top 15 Miss Universe 2015). Bagi saya dia adalah salah satu dari wanita tangguh Indonesia. Mulai dari melihat kemenangannya di ajang Puteri Indonesia Tahun 2015, dengan banyaknya hujatan dari para netizen. Namun, ia mencoba bangkit dan terus berlatih tanpa patah semngat hingga akhirnya mampu membuktikan usahanya dengan mengharumkan Nama Indonesia dengan masuk sebagai Top 15 di ajang Miss Universe. Dari pengalaman beliau tersebut terselip pesan bahwa selama usaha kearah positif terus berjuang dan jangan putus asa karena semua indah pada waktunya.

6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan Internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi tersebut.
Destinasi National : Maluku
Provinsi yang yang menjadi daambaan saya untuk dikunjungi karena disana banyak sekali surga tersembunyi yang indah misalnya, pantai Ora di Seram Utara dan eksotisme pulau tropis Pulau Molana dan adanya pantai dengan pasir terlembut se Asia, yaitu pantai Ngurbloat di Maluku Tenggara. Peninggalan sejarah yang istimewah, yaitu Benteng Amseterdam Hila. Dan banyak lagi potensi wisata disana yang belum tergali yang akan menarik turis domestic maupun Mancanegara.

Destinasi International : Belanda
Keindahan bunga Tulipnya di Taman Bunga Keukenhof dengan aneka warna, Negeri Seribu Kincir, Canal Amsterdamnya dan wisata sejara dan monumental.

7. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?
Menjadi orang yang sukses yang dapat mengamalkan ilmu pengetahuan dengan menjadi Doktor dalam ilmu Hukum dengan bidang kekhususan hukum bisnis, dapat mencerdaskan anak bangsa dan mampu menjaga objek pelestarian wisata Indonesia dari sisi hukum. Disamping itu ingin memiliki usaha dalam bidang fashion dan kuliner terutama yang menyangkut kearifan lokal khususnya di Provinsi Sumatera Selatan, sehingga dapat memajukan industri pariwisata Sumatera Selatan dengan cara menjadikan pariwisata sebagai suatu sistem yang mempercepat Sumatera Selatan dan provinsi lainnya di Indonesia Sebagai Bali Baru Indonesia.

Terima kasih Ica dan Putri Pariwisata Indonesia atas kesempatan interviewnya
Editor: Irwansyah

Comments

comments