Its Me : Putri Pariwisata Indonesia 2018 Papua – Juni

Juniarti-Pongpare-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-Papua

Nama Lengkap: Juniarti Pongpare
Nama Panggilan: Juni/Uni
Tempat, Tanggal Lahir: Jayapura, 23 Juni 1997
Umur Dan Tinggi Badan: 21 Tahun, 165 Cm
Pekerjaan & Pendidikan: Freshgraduate. Universitas Cenderawasih, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Manajemen Pemasaran
Hobby: Olahraga
Motto: Ora Et Labora
Prestasi:
– Peserta Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Provinsi Papua oleh BKKBN 2015
– Panitia Seminar Tantangan dan Peluang untuk Beraksi Nyata terkait permasalahan Kependudukan dan Data, Kesehatan, Seksual dan Reproduksi, Gender, Remaja dan Pemuda diwilayah Papua. Diselenggarakan oleh UNFPA dan Youth Forum Papua 2015
– Panitia Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Provinsi Papua oleh BKKBN dan Youth Forum Papua 2016
– Top 5 & Putri Pariwisata Favorit Port Numbay 2017, Dinas Pariwisata Kota Jayapura.
– Perwakilan Indonesian Youth Marine Debris Summit oleh Divers Clean Action, Jakarta 24 – 29 Oktober 2017
– Duta Maritim Indonesia 2017
– MC Youth Digital Academy oleh Telkomsel Papua 2018
– Panitia Hut Kota Jayapura oleh Pemerintah Kota Jayapura 2018

1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?
Saya Juniarti Pongpare, biasa di sapa dengan Juni atau Uni. Saya freshgraduate dari Universitas Cenderawasih, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Saya anak pertama dari dua bersaudara, adik saya laki-laki bernama Alfandy. Menjadi anak pertama dan seorang kakak ternyata merupakan tantangan besar saya dalam menjalani kehidupan saya sehari-sehari, dimana semua pekerjaan dan tanggung jawab dilimpahkan kepada saya, dimana ayah saya bekerja sebagai PNS di pedalaman Papua yang pulangnya terkadang satu hingga dua bulan satu kali, dan mama saya seorang guru di sebuah kabupaten yang mengharuskan berangkat pagi sekali karena perjalanan yang cukup jauh ketempat mama saya mengajar. Setelah banyak hal yang saya lalui ternyata menjadikan itu sebagai sebuah pelajaran dan pengalaman untuk saya menjadi pribadi yang mandiri dan kuat menghadapi tantangan-tantangan yang luar biasa, akhirnya saya juga mengerti dari dalam rumah pribadi seseorang dibentuk. Saya senang bersosialisasi apalagi dengan anak-anak, saya suka mengajar mereka dan juga bermain dimanapun saya berada, paling asyik saat kegiatan dengan organisasi dan melibatkan anak-anak rasanya seperti bahagia saat mengajari mereka dan setelah itu bermain bersama. Hobby saya ialah travelling dan olahraga, sempat beberapa-kali saya traveling sendiri dan rasanya luar biasa mendapat teman baru dan juga pengalaman baru ditempat baru. Saya menyukai semua hal yang mengajarkan saya sesuatu yang berdampak dan bermanfaat ditambah dengan tantangan yang ada didalamnya, setelah saya mengikuti Putri Pariwisata Port Numbay 2017 dan mendapat Top 5 & Favorit Putri Pariwisata Port Numbay 2017 langkah saya tidak cukup sampai disitu saja, saya kembali lagi mengikuti pemilihan Putra-Putri Maritim Indonesia 2017 walaupun hanya menjadi finalis saya sangat bangga akan diri saya untuk pengalaman dan pembelajaran baru yang saya dapatkan dan melihat kembali apa saja yang saya harus saya koreksi lagi untuk menjadi pribadi yang baik dari sebelumnya dan melengkapi kekurangan-kekurangannya. Satu langkah baru saya mengikuti ajang Putri Pariwisata Indonesia 2018, dari ajang ini saya kembali lagi belajar dan mepersiapkan diri untuk tantangan dan ribuan pengalaman baru yang nanti akan saya dapatkan.

2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda ? Jelaskan!
Sosok yang paling menginspirasi untuk saya ialah Ayah, dari beliau saya belajar banyak hal. Bangkit dari kegagalan, mencoba dan terus berusaha, menerima setiap kekurangan yang kita miliki juga jangan pernah berhenti bermimpi untuk meraih mimpi kita dan mengucap syukur dengan setiap doa yang dipanjatkan.

Juniarti-Pongpare-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-Papua

3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?
Saya sangat menyukai salad khususnya salad buah, saking sukanya mengkonsumsi salad buah saya sering diminta untuk membuatkan ke teman-teman saya, dan mempengaruhi orang rumah untuk makan salad dan akhirnya jadi suka makan salad juga sekarang.

4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut?
Saya menyukai olahraga badminton dan running. Saya memilih olahraga tersebut karena kegemaran saya yang suka olahraga dan salah-satunya ketika olahraga badan kita jadi bugar dan sehat.

5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa?
Bunga Jelitha Ibrani Puteri Indonesia 2017, kak Bunga salah satu orang yang ramah dan baik. Sosoknya yang hangat dan terlihat pantang menyerah atas setiap hal yang dilewati menjadi inspirasi saya.

6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi tersebut.
– INDONESIA : Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
Karena saya menyukai alam, disana banyak pantai yang indah dan tenang untuk travelling dan mengitari kawasan dengan masyarakat yang ramah.

– INTERNATIONAL : Belanda
Negara yang nyaman dan infrastruktur kota yang unik dan beragam tempat wisata yang indah.

7. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?
Dalam 10 tahun kedepan saya akan menjadi entrepreneur muda dan memberdayakan anak-anak muda yang ada dilingkungan saya, dan juga membuka wadah bagi anak-anak untuk belajar tentang pendidikan non formal sejak dini, dimana salah satunya sangat penting yang belum mereka dapatkan disekolah dan bekal mereka nantinya. Salah satu keinginan terbesar saya lainnya ialah ingin membuka usaha travel, yang didalamnya sudah mencakup guest house dan tour guide dimana nantinya dapat mempromosikan tempat wisata yang sudah ada, salah satu hal yang mendorong saya juga karena di Papua belum ada usaha seperti ini, sekaligus saya juga ingin memperkenalkan wisata yang ada di Papua agar seluruh Indonesia bahkan Mancanegara dapat melihat betapa indahnya Papua. Untuk mencapai hal tersebut saya harus banyak mencari dan mendapatkan pengalaman dan bagaimana saya mendapatkan modal dan juga mengolah uang tabungan saya nantinya untuk mencapai hal tersebut, sebelumnya saya ingin melanjutkan jenjang pendidikan saya yaitu S2, dimana banyak hal yang akan saya pelajari nanti untuk diterapkan dan juga jenjang karier yang harus saya persiapkan, juga banyak mempunyai relasi nantinya dan mengolah usaha saya yang akan datang.

Terima kasih Juni dan Putri Pariwisata Indonesia atas kesempatan interviewnya
Editor: Irwansyah

Comments

comments