Its Me : Putri Pariwisata Indonesia 2018 Kalimantan Selatan – Gema

Syahda-Gema-Vidya-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-Kalimantan-Selatan

Nama Lengkap: Syahda Gema Vidya
Nama panggilan: Gema
Tempat / tanggal lahir: Banjarmasin, 9 Februari 1994
Umur & Tinggi Badan: 24 tahun / 168cm
Pekerjaan / pendidikan: Sekretaris Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia/ S1 Hukum Universitas Pancasila
Hobby: Bermain biola, bernyanyi, menari
Motto: Tidak ada hasil yang membohongi usaha
Prestasi:
1. Delegasi Kalimantan Selatan pada Forum Pelajar Indonesia tahun 2011
2. Juara III Cerdas ermat Konsumen Cerdas Tahun 2011
3. Mpok Berbakat Kota Depok Tahun 2015
4. Putri Bahari Indonesia Kalimantan Selatan 2015
5. Delegasi Universitas Pancasila pada Student Exchange Programe University of Malaya
6. Lulusan Terbaik Fakultas Hukum Universitas Pancasila Tahun 2016

1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?
Perkenalkan saya Syahda Gema Vidya, biasanya dipanggil Gema. Saya anak bungsu dari 5 (lima bersaudara). Saya lulusan terbaik S1 Hukum Universitas Pancasila tahun 2016. Saat ini saya bekerja sebagai Sekretaris Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan pada Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia.
Sejak SMA saya sudah aktif bermain biola dan tahun 2012-2015 saya aktif menjadi pengurus dan pengajar dan pemain biola di Alliance Violin Community Depok. Tahun 2013-2015 saya menjadi guru ekstrakurikuler di salah satu Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kota Depok.
Selain bermain biola, saya juga bisa memainkan alat musik seperti gitar, ukulele, dan harmonika.
Tidak hanya dalam bidang seni, saya juga sangat tertarik dengan bidang pendidikan. Tahun 2013 saya dengan beberapa teman saya mendirikan sebuah rumah belajar untuk anak-anak dengan ekonomi menengah kebawah.
Tahun 2015 saya mengikuti pemilihan Duta Wisata Abang Mpok Depok dan mendapatkan gelar Mpok Berbakat. Di tahun yang sama saya berkesempatan mewakili Provinsi Kalimantan Selatan pada Pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia.
Saya pun juga tertarik dalam bidang lingkungan hidup yang membuat saya mengambil tema skripsi tentang perlindungan lingkungan hidup sehingga dapat mengantarkan saya dapat bekerja di Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia.
Tahun 2018 ini akan menjadi tahun yang sangat luar biasa karena saya bisa menjadi perwakilan provinsi tempat saya dilahirkan dan dibesarkan, yaitu Provinsi Kalimantan Selatan di Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia.

2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda ? Jelaskan!
Ibu saya, karena beliau adalah sosok paling mulia yang dapat mendengarkan setiap keluh kesah tanpa menghakimi. Tidak pernah lelah mengingatkan dan mendidik anak-anaknya hingga menjadi pribadi yang luar biasa, bisa membawa nama baik keluarga dan berguna bagi lingkungannya. Ibu juga adalah sosok yang sangat kuat, beliau tidak akan pernah memperlihatkan jika dia merasa sakit. Beliau selalu berusaha menjadi yang terbaik dan tau segala hal.
Selain itu Bapak adalah sosok yang juga sangat menginspirasi. Beliau bagi saya seperti google berjalan yang tau segala hal apapun yang ditanyakan tidak pernah ada yang tidak bisa beliau jawab. Sosok panutan keluarga. Bapak bisa membuat nama anak-anaknya bukan hanya sekedar nama. Nama yang Bapak berikan kepada saya dan keluarga saya benar-benar menjadi kenyataan seperti apa yang diharapkan Bapak dan Ibu.

Syahda-Gema-Vidya-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-Kalimantan-Selatan

3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?
Muesli. Karena terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah, dan gandum. Kandungan kalori dan gula pada muesli memiliki kadar terendah jika dibandingkan dengan sereal lainnya. Muesli juga memiliki kandungan serta yang tinggi. Sumber protein tinggi didapatkan dari kacang-kacangan yang ada di dalamnya yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. .

4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut?
Basket, karena selain dibutuhkan keahlian dalam men-dribble bola, juga diperlukan kecermatan dalam mengatur strategi. Selain itu juga mengajarkan kita bagaimana untuk dapat bekerjasama dengan orang lain.

5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa ?
Dikna Faradiba Maharani (Putri Pariwisata Indonesia 2015 dan Miss South East Asia Tourism Ambassadress 2016/2017). Kebetulan saya satu Kampus dan Fakultas dengan Kak Dikna.
Sejak kuliah saya sudah melihat Kak Dikna mengikuti beberapa ajang, kemudian tahun 2015 dia berhasil meraih gelar Putri Pariwisata Indonesia 2015.
Melihat sosok Kak Dikna, adalah seseorang yang pantang menyerah untuk mewujudkan mimpinya. Tidak hanya berprestasi di dalam kampus tapi juga di luar kampus. Hingga sekarang mejadi National Director Miss Grand Indonesia.
Kak Dikna adalah pribadi yang sangat humble. Kebetulan saya satu kamar dengan dia saat mengikuti student exchange di University of Malaya. Setiap hari saya dapat melihat bagaimana Kak Dikna sebagai seorang pribadi yang mengayomi serta ramah dengan semua orang.

6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi tersebut.
Destinasi wisata di Indonesia yang sangat ingin saya datangi adalah Desa Nelayan Lamalera di Lembata. Saya sangat tertarik karena disana terdapat suatu kebiasaan masyarakat yang menangkap ikan Paus dengan cara tradisional dan disana uang tidak lah berharga karena sistem pembayaran masih menggunakan sistem barter.

Kntuk destinasi wisata di luar negeri, saya ingin mengunjungi Kota Zermatt yang terletak di distrik Visp, Swiss. Saya sangat ingin mengunjungi zermatt untuk melihat keindahan gunung Matterhorn dan mengetahui bagaimana sistem tata kota tersebut yang dapat menjadikan kota tersebut nyaris bebas dari polusi.

7. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?
Saya melihat diri saya akan menjadi pribadi yang dapat memberikan banyak manfaat terhadap perlindungan dan kelestarian lingkungan hidup. Selain itu juga saya ingin menjadi pengajar agar dapat terlibat dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Terima kasih Gema dan Putri Pariwisata Indonesia atas kesempatan interviewnya
Editor: Irwansyah

Comments

comments