Its Me : Putri Pariwisata Indonesia 2018 DKI 5 – Lidya

Maulidia-Intan-Nurseptyawati-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-DKI-5

Nama Lengkap : Maulidia Intan Nurseptyawati
Nama Panggilan : Lidya
Tempat/tanggal lahir : Bogor, 10 September 1993
Umur& Tinggi Badan : 24 tahun dan 167 cm
Pekerjaan : General Affairs and Public Relation
Hobby : Golf, outdoor cycle, traveling, and design clothes
Motto : Try to be a better person in many ways today (say it everyday)
Prestasi :
– 1st Runner Up Puteri Matana University, Graduate with the highest score in national test (UN SMK) for design subject in 2011.

1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?
Sepanjang masa kecil, saya menikmati dua kecintaan terbesar yakni menggambar dan menari. Saya berlatih berbagai macam tarian tradisional dan sangat menyukai kostum panggung rumit yang dikenakan pada saat menari di atas panggung. Semenjak saat itu saya menghabiskan banyak waktu untuk belajar membuat sketsa kostum. Apa yang saya coba lakukan adalah mengkombinasikan tari dan seni, karena menurut saya membuat pakaian adalah menyelesaikan apa yang tidak bisa dilakukan oleh sebuah gambar dua dimensi menjadi kenyataan.
Ketika di bangku sekolah saya sudah tampil diacara–acara besar untuk menari seperti menari di kantor walikota Bogor untuk acara ulang tahun kota Bogor. Setelah lulus pada tahun 2008 dari sekolah menengah pertama, saya memutuskan untuk menyalurkan minat dalam seni dan desain dengan mengambil jurusan Busana SMKN3 Bogor, dimana saya dapat membuktikan saya menjadi seorang siswi berprestasi, lulus dengan nilai terbesar se-nasional untuk pelajaran desain dan busana pada tahun 2011.
Karena saya lahir dari keluarga yang notabene adalah seorang entrepreneur maka lulus SMK saya membantu usaha keluarga namun dengan tidak melupakan pendidikan. Saya melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan mengambil kelas karyawan, dimana pada pagi hari saya bekerja dan kuliah pada malam hari. Saya mengambil program studi Manajemen dengan konsentrasi Digital Marketing, alasannya karena di era serba digital ini, orang-orang perlahan mulai meninggalkan cara-cara konvensional di berbagai sektor kehidupan termasuk dalam memasarkan produk dan jasa yang dapat menunjang usaha keluarga yang saya rintis.
Hobi lain yang saya miliki adalah berolahraga seperti, body language, outdoor cycle, dan golf. Selain hobi, bermain golf adalah salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan saya sebagai seorang entrepreneur untuk meng-entertain klien di luar kantor agar tidak jenuh.

2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda? Jelaskan!
Sosok yang paling menginspirasi bagi saya adalah Ibu, sosok wanita terhebat di sepanjang masa. Sampai usia saya yang sudah dewasa ini, ibu tak pernah berhenti memperlakukan saya selayaknya gadis kecil. Meskipun beliau adalah wanita karier, beliau tetap melakukan tugas dan kewajibannya sebagai seorang ibu dan istri bagi keluarganya.

Maulidia-Intan-Nurseptyawati-Putri-Pariwisata-Indonesia-2018-DKI-5

3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite Anda?
Smoothie bowl, dibuat dari berbagai bahan makanan sehat dan organik dengan rasa yang lezat. Karena pada dasarnya saya sangat menyukai buah dan sayuran. Smoothie bowl adalah makanan favorit saya untuk sarapan yang lebih enak bila ditambahkan dengan granola atau oats.

4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut?
Golf, karena hobi ini juga dapat mendukung pekerjaan saya. Sambil menyelam minum air adalah peribahasa yang tepat untuk itu. Golf adalah cara yang umum untuk menjalankan bagian perkerjaan saya, yaitu meng-entertain dan menjalin relasi dengan klien demi kepentingan perusahaan. Bermain golf juga dipercaya dapat menjaga kadar kolesterol sehingga meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan metabolik tubuh. Tanpa disadari, selama bermain golf saya dapat berjalan keliling lapangan sejauh 4-8 mil dan setidaknya telah membakar 500 kalori. Selain itu juga saya mendapat manfaat dari paparan sinar matahari pagi dan udara terbuka yang menyegarkan.

5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa?
Dayu Hatmanti (Putri Pariwisata Indonesia Jawa Barat 2011 dan Miss Scuba Diving 2013). Meskipun sudah berkeluarga, ia tetap aktif dalam berbagai kegiatan, salah satunya sangat concern dengan isu lingkungan dan maritim di Indonesia. Ia sering mengedukasi orang-orang di lingkungan sekitar untuk selalu aware dengan lingungan dan maritim . Ia pun seorang traveller yang sudah banyak menjelajahi berbagai daerah di Indonesia.

6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa Anda memilih destinasi tersebut?
Untuk Indonesia saya ingin berkujung ke Gunung Rinjani merupakan salah satu destinasi andalan Kabupaten Lombok Utara yang ingin saya kunjungi. Gunung tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini menyimpan sejuta pesona dan memiliki potensi geowisata yang menarik. seperti panorama kaldera, danau, puncak, kawah, air terjun, mata air panas, goa, lubang letusan dan aliran lava baru. Pesona yang dimiliki gunung yang diyakini menjadi istana Ratu Jin Dewi Anjani ini nyaris sempurna untuk dinikmati. Semoga bila keadaannya sudah kondusif saya bisa berkesempatan kesana.

Sedangkan destinasi Internasional yang ingin saya kunjungi dalam waktu dekat ini adalah Tokyo, Jepang. Karena dua tahun ke depan, Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, yang merupakan salah satu hard sport tourism di dunia selain Piala Dunia. Kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 dan insya Allah Asian Para Games 2018 membuat saya ingin belajar lebih banyak tentang sport tourism yang ternyata memang sangat menjanjikan dari berbagai sisi. Oleh karena itu, Tokyo menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi dan dipelajari.

7. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?
Saya melihat diri saya dalam sepuluh tahun, saya sudah berkeluarga dan memiliki anak. Sukses dengan usaha keluarga maupun usaha pribadi, namun tetap berkontribusi aktif dalam kepedulian sosial dan lingkungan. Selain itu, semoga dalam 10 tahun yang akan datang, mimpi terbesar saya untuk menjadi menjadi desainer ataupun pelaku di balik layar untuk dunia pageant akan terwujud.

Terima kasih Lidya dan Putri Pariwisata Indonesia atas kesempatan interviewnya.
Editor: Irwansyah

Comments

comments