Its Me : Putri Pariwisata Indonesia 2018 DKI 1 – Fira

Nama Lengkap: Shafira Permata Putri
Nama panggilan: Ila/Fira
Tempat / tanggal lahir: Jakarta, 09 Februari 1998
Umur & Tinggi Badan: 20th & 168cm
Pekerjaan / pendidikan: Mahasiswi Marketing Communication BINUS University
Hobby: Berolahraga, Menulis
Motto: Be a reflection of what you’d like to see in others.
Prestasi:
1. Best Paper and Presentation in the Topic of Healthy and Unhealthy Food 2015
2. Top 3 Speech Contest in the Topic of Indonesian Culture 2015
3. BIG 50 of ELLE Vlogger Search 2017
4. 3rd Winner of Start Bright Beauty Contest 2017
5. Top 30 Finalists in JCI Jakarta Public Speaking Competition 2018
6. Top 5 Finalists in the PR VAGANZA Competition of Pekan Komunikasi UI 2018
7. Finalist of None Jakarta Timur 2018

1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?
Nama saya Shafira Permata Putri, biasa dipanggil Ila atau Fira, saya merupakan anak satu-satunya di dalam keluarga. Saya merupakan mahasisiwi semester akhir BINUS University jurusan Marketing Communication-Corporate Public Relations. Saya sangat gemar berolahraga dan juga aktif dalam organisasi maupun berbagai kegiatan atau aktivitas sosial. Saya pernah menjadi aktivis Himpunan Mahasiswa Marketing Communication BINUS University pada tahun 2015-2016. Selain itu, pada tahun 2017 saya aktif menjadi tenaga pengajar di salah satu TK di Jakarta Barat, menjadi narasumber untuk sosialisasi Anti KKN di salah satu SMP di Jakarta Selatan, dan menjadi tenaga pengajar di salah satu Panti Asuhan di Jakarta Timur.

Tidak hanya aktif dalam berbagai kegiatan sosial, saya juga pernah aktif berpartisipasi dalam beberapa pelatihan, seperti Liaison Officer Training dan Tourist Information Center Training dimana hal tersebut dapat membuat diri saya mengembangkan potensi yang saya miliki. Dengan memiliki kemampuan berbicara dan berinteraksi yang cukup baik dengan banyak orang dan di depan publik, membuat saya sering mendapat kesempatan untuk menjadi seorang MC/Host di berbagai acara formal/non-formal.

Walaupun aktif di berbagai kegiatan dan juga aktivitas sosial, tidak membuat saya melupakan karier di dunia professionals/office. Dengan latar belakang pendidikan saya yaitu Corporate Public Relations, membuat saya pernah mendapat kesempatan menjadi Education Counselor di BINUS University, Investor Relations dan Corporate Communication Officer di PT. Chandra Asra Petrochemical Tbk dan juga Account Executive di PT. A+.

Aktif, Ceria, Mandiri, Percaya Diri dan Kontributif adalah kata-kata yang mampu mencerminkan pribadi saya. Saya selalu yakin dan berpegang teguh dengan motto, “Menjadi refleksi dari apa yang ingin kamu lihat dari orang lain”, dimana saya selalu meyakinkan diri saya untuk terus bersikap seperti apa saya ingin diperlakukkan oleh orang lain. Dan saya juga selalu menekankan terhadap diri saya untuk terus melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain.

2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda ? Jelaskan!
Sosok yang paling menginspirasi bagi saya adalah Ibu dan Ayah saya. Ibu saya yang membuat saya menjadi seperti sekarang ini, dialah sosok yang menginspirasi saya untuk menjadi wanita yang kuat, mandiri, tidak bergantung dengan siapapun dan juga rendah hati. Ibu saya selalu mengajarkan saya untuk selalu berusaha dan tidak lupa juga untuk berdoa ketika saya sedang berjuang untuk menggapai sesuatu hal yang menjadi salah satu mimpi atau tujuan saya. Ibu yang selalu mengajarkan untuk tidak mudah lemah dan harus selalu kuat bertahan walaupun banyak sekali rintangan dan cobaan yang tengah di hadapi. Tanpa sosok ibu, saya mungkin tidak akan bisa menjadi wanita kuat dan mandiri seperti saat ini. Selanjutnya, sosok yang menginspirasi saya adalah Ayah, dimana ayah saya memiliki peran penting yang selalu saya sebut sebagai “pahlawan”. Ia tidak pernah mengenal kata lelah dalam bekerja hanya untuk mencari nafkah keluarga. Ayah saya yang selalu mengajarkan saya untuk selalu bekerja keras dalam menggapai semua cita-cita.

3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?
Healthy food yang menjadi favorite saya adalah Yogurt. Menurut saya, Yogurt dapat dimasukkan ke dalam list menu makanan sehat, dikarenakan Yogurt merupakan sebuah snack makanan sehat yang bernutrisi, serta memiliki jumlah kalsium dan protein yang tinggi. Di dalam Yogurt, juga terdapat kandungan Vitamin B dan juga mineral. Yogurt pun juga sangat bervariasi rasanya, baik itu yang plain (original), Greek Yogurt, Flavored Yogurt ataupun Low-fat Yogurt.

4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut.
Olahraga favorit saya adalah Yoga. Alasan saya mengapa memilih olahraga tersebut adalah karena yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran, dimana manfaat dari yoga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat dan bugar tetapi juga dapat membantu dalam menghilangkan stress dan juga mengurangi rasa mudah gelisah. Selain itu, saya juga menyukai olahraga bersepeda alasannya adalah karena bersepeda memiliki banyak sekali manfaat yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk para wanita. Manfaatnya antara lain seperti, dapat membentuk otot dibagian kaki sehingga terlihat lebih sempurna, bersepeda juga mampu membakar sejumlah kalori yang ada di dalam tubuh dengan jumlah yang cukup tinggi, dan menjaga kesehatan jantung kaum wanita.

5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa ?
International: Demi Leigh Nel Peters (Miss Universe 2017), karena ia sangat humble dan ramah terhadap siapapun. Kecantikannya terpancar tidak hanya dari luar/fisiknya saja tetapi kecantikannya terpancar karena kebaikan hatinya dan ketulusan hatinya terhadap orang-orang di sekitarnya.

Indonesia: Maria Harfanti (2nd RU Miss World 2015), karena ia merupakan salah satu contoh pahlawan wanita setelah Ibu Kartini yang sangat memperjuangkan pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. Ia juga merupakan aktivis yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan juga Founder dari Yayasan Bangun Sekolah dimana Yayasan tersebut mempunyai visi untuk Membangun Mimpi dan Majukan Negeri.

6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi tersebut.
Indonesia: Kepulauan Kei di Kabupaten Maluku Tenggara menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang ingin saya kunjung, karena memiliki potensi destinasi wisata yang sangat luar biasa indahnya.

A. Menyelam di Gua Hawang dan menemukan kecantikan lain mata air Evu.
B. Melihat habitat Burung Pelikan lebih dekat di Pasir Timbul Ngurtavur.
C. Pasir putih di Pantai Ngurbloat.
D. Melihat sunset tercantik Kei di tepi Pantai Ngur Sarnadan, Ohoi Lilir.
E. Snorkeling di Laguna Pulau Bair.
F. Menyusuri jejak-jejak masa prasejarah Megalitikum di Gua Luvat.
G. Bukit Masbait, bukit tertinggi Kei yang juga dijadikan sebagai tempat ziarah umat Katolik.
H. Desa Adat Tanimbar Kei.
I. Merasakan suasana malam di homestay tepi Pantai Ohoidertawun.

International: Creta, Yunani, karena kota ini ibaratkan Permata Yunani yang mengapung di lautan berwarna biru kehijauan. Kota ini dipenuhi situs arkeologi dan sejarah dimana karakter historis dan mitologinya tidak dapat diabaikan.

7. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?
Saya sangat tertarik dalam hal berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang, karena dalam 10 tahun kedepan saya ingin terlihat sebagai seorang speaker dan juga influencer yang hebat dan handal dalam hal membangun dan berkontribusi untuk negeri, dan saya tau hal ini dapat diwujudkan dengan mengikuti berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bidang tersebut ataupun belajar dari berbagai pengalaman yang telah saya lalui. Saya juga sangat tertarik untuk meneruskan perjuangan para pahlawan pendidikan terdahulu untuk memperjuangkan pendidikan khususnya bagi anak-anak. Hal ini tentunya menjadi salah satu tujuan bagi saya dalam beberapa tahun kedepan untuk membentuk sebuah Yayasan/foundation, dimana Yayasan tersebut mempunya visi untuk membangun mimpi anak-anak agar mereka dapat memajukkan negeri.

Terima kasih Fira dan Putri Pariwisata Indonesia atas kesempatan interviewnya

Editor: Irwansyah

Comments

comments