Its Me : Puteri Pariwisata Indonesia 2018 Papua Barat – Leoni

 

Leoni-Dwi-Agitha-Putri-Pariwisata-Indonesia-Papua-Barat-2018

Nama lengkap : Leoni Dwi Agitha
Nama Panggilan : Leoni/Oni
Tempat/tanggal lahir : Jakarta, 2 Juli 1996
Umur & Tinggi Badan : 22 Tahun & 165 cm
Pekerjaan/Pendidikan : Sarjana – Perencanaan Wilayah dan Kota
Hobby : Menyanyi
Motto : The Beauty of Fighting
Prestasi : Internship in 100 Resilient Cities Asia Pasific, Singapore

1. Ceritakan tentang diri anda secara singkat?
Saya adalah pekerja keras, pantang menyerah dan suka akan hal baru yang menantang. Mencari pengalaman dan memberanikan diri untuk menghadapi permasalahan merupakan cara saya untuk mengasah diri menjadi seorang manusia seutuhnya. Tanpa disadari semakin kita dihadapi berbagai pengalaman semakin beragam permasalahan yang akan kita temui. Saat inilah kita belajar akan arti perjuangan hidup. Oleh karena itu, saya memberi perumpaan akan diri saya seperti pisau tumpul yang sedang diasah. Pisau adalah diri saya sedangkan permasalahan merupakan proses pengasahan. Semakin sering pisau itu diasah maka semakin tajamlah pisau tersebut. Dan inilah yang membuat saya percaya, semakin saya dihadapi beragam permasalahan maka saya akan semakin terbentuk.

2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda? Jelaskan
Ayah saya. Dia mengajarkan arti sebuah kerja keras. Tidak ada yang mudah, semua butuh perjuangan. Jangan pantang menyerah karena ada suatu keindahan dibalik perjuangan. Perkataan tersebut selalu menjadi pondasi saya dalam menjalani hidup. Tidak hanya berkata-kata, namun ia membuktikannya. Dari seorang anak yang dulu selalu direndahkan oleh orang lain bahkan orang tuanya sendiri, sekarang sudah menjadi anak yang sukses. Ia adalah lulusan S2 Universitas Indonesia dan selalu dipercayai kantornya untuk melakukan tugas dinas sampai skala internasional. Ayah saya itu hebat, dia pekerja keras dan ia membuktikannya. Dan karena dialah saya bisa bertahan sampai saat ini.

3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?
Nasi pecel. Nasi pecel terbuat dari bahan-bahan yang bermanfaat bagi tubuh karena banyaknya jenis sayuran untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan memberikan antioksidan yang berguna bagi tubuh. Tidak hanya itu, bumbu pecel yang terbuat dari bahan dasar kacang ini mengandung lemak, vitamin, protein dan karbohidrat yang memberikan manfaat bagi tubuh seperti, mengatur gula darah, mencegah penyakit jantung, meningkatkan daya ingat dan mencegah depresi.

Leoni-Dwi-Agitha-Putri-Pariwisata-Indonesia-Papua-Barat-2018

4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut?
Berenang. Saat saya berenang, saya merasa tenang. Kesejukan yang diberikan air membuat saya tidak merasa lelah bahkan menjadi rekreasi karena mampu mengurangi stress dan beban pikiran. Tidak hanya itu, berenang merupakan olahraga terbaik bagi tubuh karena mampu mengkuatkan otot tubuh dan membantu menjaga kesehatan sistem pernapasan.

5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa?
Anindya Kusuma Putri (Puteri Indonesia 2015 & Top 15 Miss Universe 2015). Wanita yang berhasil menjadi Puteri Indonesia 2015 ini akrab dipanggil dengan sebutan Mbak Anin. Mbak Anin sungguh membuat saya kagum dengan perjalanan dan pencapaian hidupnya. Ia berhasil menjadi President di organisasi yang sama dengan saya, AIESEC UNDIP, dan menempuh pendidikan sarjana di jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Universitas Diponegoro, yang sama dengan saya juga. Dan semua itu tidaklah mudah karena saya merasakan lika-liku sebagai seorang mahasiswi PWK dan Aiesec-er yang penuh dengan tantangan khususnya mengatur waktu. Terlebih, beliau sudah mencapai tingkat President AIESEC yang disibukkan sampai level AIESEC Indonesia. Berkesempatan bertemu dengannya, melihat cara ia berbicara dan mendengar kepintarannya dalam menjawab pertanyaan sungguh tidak dapat ditebak, berhasil membuat orang tersanjung. Banyak orang penting di Semarang bercerita kepada saya terkait beliau dan semuanya memberikan kesan baik terhadap dirinya. Kepintarannya dalam membawa diri inilah yang ingin saya pelajari dari Mbak Anin, bahkan sampai Ia dimandatkan menjadi juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia. Sungguh pencapaian yang luar biasa, sulit namun ia berhasil, bahkan sampai sekarang Ia tetap menjadi sosok inspirasi bagi kaum muda, salah satunya saya.

6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi tersebut?
Destinasi wisata di Indonesia adalah Raja Ampat, Papua Barat, karena surga dapat saya temukan disana. Berbagai keindahan alam dan keanekaragaman hayati mulai dari biota laut sampai darat akan saya temukan di kepulauan yang memiliki triangle coral ini. Tidak hanya itu, keindahanan pemandangan bukit kars menambahkan paket surga dunia bagi para wisatawan. Bahkan tidak hanya keindahan fisik namun budaya masyarakat lokal ingin saya rasakan. Tinggal dan hidup bersama warga membuat saya semakin menghargai perbedaan suku dan pola pikiran manusia. Belajar bersama mereka sepertinya hal yang menantang, karena sangat berbeda dengan kehidupan saya sekarang.

Destinasi wisata luar negeri adalah Gereja St. Peter’s Basilica, Vatikan, Roma karena ingin mewujudkan mimpi mama merayakan natal bersama Paus secara langsung. Merasakan suasana malam natal di luar negeri bersama mama, mungkin bukan hanya suatu kegiatan wisata namun kegiatan mencapai kebahagian yang sebenarnya. Melakukan aktivitas berdoa dan ziarah ke vatikan adalah impian lama mama yang dari dulu ingin ia wujudkan. Namun karena mama merasa kepentingan keluarga lebih penting, ia selalu menunda kepergiannya karena keuangan sudah dipergunakan untuk keperluan anak-anaknya. Oleh karena itu, kegiatan wisata ke Vatikan tidak hanya akan membuat saya belajar banyak sejarah tetapi yang terpenting membuat mama bahagia.

7. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?
Salah satu aktor yang berperan penting dalam keberhasilan sistem transportasi bidang pariwisata, khususnya di wilayah barat Indonesia. Wilayah barat Indonesia memiliki beragam potensi wisata namun belum memberikan aksesibilitas tinggi. Seseorang yang melibas habis permasalahan keterjangkauan dengan membuat segalanya saling terintegrasi agar terwujudnya pemerataan ekonomi Indonesia. Pada akhirnya, mampu menciptakan masyarakat Indonesia yang adil dan sejahtera. Tidak hanya itu, seseorang bergelar S3 bidang transportasi yang sudah menerbitkan buku dan sering melakukan kuliah umum sampai skala internasional.

Terima kasih Leoni dan Putri Pariwisata Indonesia atas kesempatan interviewnya

Editor: Irwansyah

Comments

comments