It’s Me: Puteri Indonesia Papua 2017, Frederika Mitra Munua

It’s Me: Interview Exclusive indonesianpageants.com bersama Puteri Indonesia Papua 2017, Frederika Mitra Munua.

Nama Lengkap :  FREDERIKA MITRA MUNUA
Nama Panggilan :  MITRA
Tempat Tanggal Lahir :  MAGETAN, 30 AGUSTUS 1991
Tinggi Badan : 171 cm
Pendidikan : 

1. Lulus Sarjana Kedokteran di Universitas Cendrawasih Jayapura tahun 2013
2. Sedang menjalani Pendidikan Profesi Dokter di RSUD DOK II Jayapura sejak 9 Maret 2015 sampai saat ini.

Puteri Indonesia Papua 2017, Frederika Mitra Munua

1. Ceritakan tentang siapa kamu? 

Saya Frederika Mitra Munua adalah anak ke-2 dari 6 bersaudara. Ayah saya adalah orang asli Papua. Beliau adalah seorang Pendeta sekaligus Pegawai Negeri Sipil di Wamena Papua. Ibu saya berasal dari Jawa Timur dan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Wamena Papua.

Sejak kecil saya sudah bercita-cita menjadi seorang dokter, karena saya melihat di daerah tempat saya dibesarkan sangatlah minim tenaga medis, untuk itu ada sebuah panggilan dari dalam hati untuk dapat menolong masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis. Sehingga saya memutuskan untuk kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Cendrawasih Jayapura.

Saya sangat senang dengan musik, dan alat musik yang menjadi pilihan saya untuk dimainkan adalah piano. Walaupun saya tinggal di pedalaman Papua, hal itu tidak mengecilkan harapan saya untuk dapat bermain musik. Sehingga sejak saya duduk di bangku SMP dan sampai saat ini, saya aktif dalam kegiatan di gereja sebagai pemain keyboard.

Sangat besar impian dan harapan, ketika saya menjadi dokter, saya ingin mendirikan klinik dimana saya melayani masyarakat khususnya yang tidak mampu tanpa harus membayarnya. Melihat pentingnya pendidikan di tanah Papua, saya juga memiliki kerinduan untuk mendirikan rumah baca untuk semua kalangan umur, karena dengan belajar, dengan membaca kita dapat membangun dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia.

Puteri Indonesia Papua 2017, Frederika Mitra Munua

2. Sebutkan 5 Prestasi terbaik kamu ? 

  • Penyiar Remaja di radio Swara Lembah Baliem Wamena – Papua (Tahun 2007-2009)
  • PASKIBRAKA (Pembawa Bendera) dalam rangka memperingati HUT RI di Tingkat Kabupaten Jayawijaya tahun 2007
  • PASKIBRAKA (Pembawa Bendera) dalam rangka memperingati HUT RI di tingkat Kabupaten Yalimo tahun 2008
  • Runner-up II Putri Papua tahun 2014
  • Puteri Indonesia Papua 2017
  • Puteri Indonesia Papua 2017, Frederika Mitra Munua

3. Jika IP mempunyai uang 100 ribu dan akan mencicipi kuliner enak di daerah kamu (makanan-minuman) kamu akan ajak IP mencicipi apa dan dimana dengan uang sebesar itu? Jelaskan kenapa kamu memilih pilihan itu?

Saya akan mengajak IP ke Restoran Rumah Laut Jayapura untuk mencicipi ikan bakar sambal jahe khas Papua sambil menikmati pemandangan laut yang menyejukkan hati dan dengan disuguhkan Jus terong Belanda yang menyegarkan.

Puteri Indonesia Papua 2017, Frederika Mitra Munua

4. Apa mimpi terbesar kamu? Dan apa rencana yang akan kamu lakukan dalam 5 tahun kedepan untuk mewujudkan cita-cita kamu?

Mimpi terbesar saya adalah mendirikan sebuah Klinik Sehat dan Rumah Pintar  bagi masyarakat kampung. Untuk pelayanan klinik sehat, masyarakat kampung dapat membayar dengan hasil alam yang mereka kelola sesuai dengan kemampuan mereka, dengan demikian secara tidak langsung mereka juga dapat belajar untuk bertanggung jawab dan bekerja keras. Hasil alam tersebut akan dikelola menjadi makanan sehat bagi anak-anak yang sedang belajar di Rumah Pintar.

Dan langkah untuk mencapai impian tersebut adalah bekerja dengan semangat sebagai dokter dan membuka usaha sampingan. Saya yakin dalam waktu 5 tahun dengan Anugerah Tuhan saya dapat mencapainya.

Puteri Indonesia Papua 2017, Frederika Mitra Munua

5. Pengalaman paling lucu atau mengharukan yang pernah kamu alami?

Pengalaman paling mengharukan yang pernah saya alami adalah ketika saya menjalani pendidikan profesi dokter muda di RSUD dok II Jayapura, waktu itu saya sebagai dokter muda di bagian Ilmu penyakit dalam. Dibawah pengawasan dokter ahli Saya diberi tanggung jawab untuk merawat seorang pasien berumur 14 tahun yang dirujuk dari pedalaman Papua. Pasien itu menderita suatu penyakit yang cukup berat sehingga dibutuhkan observasi terus-menerus. Secara medis pasien yang saat itu saya rawat mempunyai harapan hidup yang kecil, tetapi dengan semangat dan pertolongan Tuhan saya selalu memberikan motivasi kepada pasien dan keluarganya untuk selalu berdoa dan berharap kepada Tuhan. Dengan ketulusan hati saya menjaga dan merawat pasien tersebut sampai akhirnya mujizat terjadi sehingga pasien tersebut sembuh dan diperbolehkan pulang. Bagian yang paling mengharukan adalah ketika pasien tersebut diperbolehkan pulang saya pun mengantarkan pasien tersebut sampai mendapatkan angkutan umum untuk pulang bersama orangtuanya. Ketika hendak berpamitan orangtua pasien sangat berterimakasih kepada saya kemudian memberikan uang kepada saya. Awalnya saya tidak mau menerima pemberian mereka karena saya melakukan hal tersebut dengan ikhlas tetapi mereka memaksa agar saya menerima uang tersebut walaupun secara ekonomi uang itu hanya sedikit. Saya belajar suatu hal dari mereka bahwa di dalam kekurangan dan keterbatasan mereka dapat memberi dan menghargai orang lain.

Tidak hanya terjadi pada pasien ini, saya  juga sering merawat pasien yang secara ekonomi tidak mampu tetapi ketika mereka sembuh, mereka kembali menemui saya dari tempat yang jauh untuk memberikan hasil panen mereka sebagai ucapan terimaksih kepada saya karena telah merawat dan memperhatikan mereka. Disini saya belajar bahwa kita tidak perlu menjadi kaya dahulu agar dapat membantu orang lain tetapi lewat apa yang kita punya kita juga dapat berbagi dengan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Puteri Indonesia Papua 2017, Frederika Mitra Munua

Fun Facts about Mitra:

    • Makanan favorit : Ikan Mujair bakar, nasi goreng
    • Minuman favorit : Jus Terong belanda
    • Bintang film favorit : Rani Mukerje, Kajol, Song hye Kyu
    • Lagu Favorit : You know better than I
    • Penyanyi/band favorit : Israel Houngthon
    • Hobby kamu : bermain musik

Yuk intip video It’s Me: Puteri Indonesia Papua 2017, Frederika Mitra Munua, klik linknya disini.

Editor: Aditya

Terima kasih kepada Mitra dan Yayasan Puteri Indonesia atas kesempatasan wawancaranya.

Comments

comments