It’s Me : Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2017, Pingkan Rilly Yunita

It’s Me: Interview Exclusive indonesianpageants.com bersama Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2017, Pingkan Rilly Yunita.

Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2017, Pingkan Rilly Yunita

Nama Lengkap: Pingkan Rilly Yunita
Nama Panggilan: Pingkan
Tempat, Tanggal Lahir: Pontianak, 21 Juni 1992
Umur: 24 tahun
Pendidikan: Pasca Sarjana Program Studi Manajemen Universitas Gadjah Mada

1. Ceritakan tentang siapa kamu?

Saya merupakan anak pertama dari dua bersaudara yang memiliki darah campuran, dimana ibu saya berdarah Minahasa dan ayah berdarah Jawa. Saya sendiri lahir dan besar di Pontianak pada tanggal 21 Juni 1992. Saat ini saya sedang menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana dengan Program Studi Manajemen di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Sejak terpilih menjadi Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2017, selain disibukkan dengan menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana, saya mulai memiliki beberapa kegiatan yang meliputi persiapan dalam menghadapi final pemilihan Puteri Indonesia 2017. Dipercayai sebagai Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2017 merupakan hal yang sangat membanggakan bagi saya. Menjadi Puteri Indonesia dan bisa membawa nama Indonesia ke kancah dunia merupakan cita-cita terbesar saya. Maka dari itu saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang luar biasa ini.

Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2017, Pingkan Rilly Yunita

2. Sebutkan Prestasi terbaik kamu ?

  • Juara II Kejuaraan Tenis Antar Pelajar se-Kalimantan Barat Kelompok Umur 12 Tahun 2004
  • Juara II Kejuaraan Tenis Antar Pelajar se-Kalimantan Barat Kelompok umur 14 Tahun 2005
  • Juara III Kejuaraan Tenis Antar Pelajar se-Kalimantan Barat Kelompok Umur 16 Tahun 2006
  • 7 Besar Puteri Yamaha Mio dan Puteri Favorit Yamaha Mio 2008
  • Juara III Pontianak Fashion Car Contest 2008

Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2017, Pingkan Rilly Yunita

3. Jika IP mempunyai uang Rp 100 ribu dan akan mencicipi kuliner enak di daerah kamu (makanan -minuman) kamu akan mengajak IP mencicipi apa dan dimana dengan uang sebesar itu? jelaskan kenapa kamu memilih pilihan itu?

Makanan

-Bubur Padas (Rp.15.000/porsi)

Karena bubur padas merupakan jenis bubur yang merupakan makanan khas orang Melayu di Sambas – Kalimantan Barat yang kemudian juga diadaptasi sebagai makanan orang Melayu di Sarawak (Malaysia).

-Kerupuk Basah (Rp.15.000/potong)

Karena Merupakan kuliner khas yang berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang terbuat dari bahan dasar ikan belidak yang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak terdapat di sungai sekitaran kawasan danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu.

-Bingke Berendam (Rp.20.000/buah)

Karena kue bingke merupakan salah satu kuliner yang sangat digemari masyarakat Kota Pontianak untuk menjadi menu buka puasa, bahkan banyak warga yang menganggap tak lengkap rasanya berbuka puasa tanpa menyantap kue khas Kota Pontianak tersebut.

-Sotong Pangkong (Rp.20.000/porsi)

Karena sotong pangkong adalah kuliner khas yang berasal dari cumi-cumi yang dikeringkan lalu dibakar, makanan ini umumnya merupakan kuliner yang hanya ada pada bulan ramadhan di Pontianak.

Minuman

-Es Lidah Buaya (Rp.8000/gelas)

Karena merupakan minuman khas warga Pontianak. Kalimantan Barat dikenal sebagai penghasil lidah buaya terbesar di dunia.

-Es Jeruk Pontianak (Rp.12.000/gelas)

Minuman berupa es jeruk memang banyak dijumpai di Indonesia, yang membedakan adalah jeruk yang digunakan merupakan Jeruk Tebas (salah satu daerah di Kalimantan Barat sebagai penghasil jeruk) yang rasanya manis dan tidak kecut.

-Es Sari Kacang Hijau (Rp.10.000/gelas)

Jika pada umumnya es kacang hijau yang biasa diminum berasal dari kacang hijau yang direbus kemudian menggunakan air dan gula, maka es sari kacang hijau khas Kalimantan Barat terbuat dari kacang hijau yang di blender dan ditambahkan susu beserta santan murni. Minuman ini merupakan minuman khas Kalimantan Barat dan penjualnya bias ditemui dimana saja.

Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2017, Pingkan Rilly Yunita

4. Apa mimpi terbesar kamu? dan Apa rencana yang akan kamu lakukan dalam 5 tahun ke depan untuk mewujudkan cita cita kamu.

Mimpi terbesar saya adalah untuk dapat membuat suatu gerakan yang dapat memberikan perhatian yang lebih besar terhadap para Veteran. Saya secara pribadi merasa sangat berhutang budi terhadap para Veteran perang dimana masa mudanya dihabiskan untuk memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Kehidupan yang kita rasakan saat ini adalah buah dari perjuangan mereka. Tidak mungkin kita dapat hidup dengan tenang saat ini sembari melakukan hampir semua hal yang kita inginkan (berbisnis, bersekolah, berolahraga bercanda tawa bersama teman atau apapun bentuk aktivitas lainnya) jika perjuangan kemerdekaan itu tidak diusahakan oleh mereka. Pria dan wanita yang telah menua ini adalah orang-orang yang pada masa mudanya telah mengambilkan satu tempat bagi kita untuk dapat dipijak dan dijadikan tempat penghidupan bagi kita semua. Saat ini di tengah kondisi peningkatan standar hidup semakin meningkat, masih terdapat banyak sekali Veteran yang terlantar karena tunjangan mereka yang kecil, dan parahnya lagi banyak dari mereka yang harus tetap bekerja banting tulang demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut dalam 5 tahun kedepan, pertama-tama saya akan segera menyelesaikan studi yang saya jalani mengingat pendidikan merupakan bekal yang sangat penting bagi siapapun untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Berkaitan dengan mimpi saya sebelumnya tindakan paling konkrit yang dapat saya usahakan adalah dengan dengan mendirikan sebuah yayasan yang bertujuan untuk mengumpulkan dana bagi para veteran tersebut dan mempersembahkannya kepada para veteran.

Tindakan saya ini saya lakukan juga agar hasrat untuk menghargai orang yang telah berjasa meluas pada seluruh generasi muda di Indonesia. Sekaligus agar kami semua sebagai generasi muda mencontoh moral mencintai tanah air yang pasti didapatkan dari berinteraksi dengan para veteran tersebut.

Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2017, Pingkan Rilly Yunita

5. Pengalaman paling lucu atau mengharukan yang pernah kamu alami ?

Pengalaman mengharukan yang pernah saya alami adalah ketika saya melakukan perjalanan ke sebuah desa terpencil yang awalnya saya dan teman-teman saya lakukan untuk mencapai ke sebuah tempat wisata yang belum diketahui orang banyak. Dalam perjalanan kami merasa kelelahan dan akhirnya memutuskan untuk berhenti dan beristirahat di tepi jalan, mengingat kami menggunakan kendaraan roda dua dan akan berbahaya jika dilanjutkan dalam keadaan letih. Ketika kami sedang duduk-duduk di tepi jalan, kemudian ada seorang bapak yang sudah lanjut usia menawarkan kami untuk beristirahat di rumahnya yang terletak di tepi jalan yang awalnya saya dan teman-teman kira sebagai, maaf ‘gubuk’ kecil yang tidak berpenghuni. Kami akhirnya mengiyakan dan beristirahat di depan rumah bapak tersebut. Hal yang mengharukan adalah ketika bapak tersebut membawakan kami air putih yang disediakan hanya dalam 2 gelas karena bapak tersebut hanya mempunyai 2 gelas plastik saja dirumahnya. Bapak tersebut juga memberikan pisang yang tadi dibawanya ketika mengajak kami untuk beristirahat di rumahnya walaupun beliau mengaku belum makan apapun dari pagi dan pisang itu adalah makanan pertamanya hari ini dan juga merupakan pemberian orang. Dari sini saya belajar bahwa kekayaan harta bukanlah segalanya, tetapi kekayaan hatilah yang kemudian akan membawamu ke derajat yang lebih tinggi baik dimata sesama maupun di mata Tuhan.

Fun Facts about Pingkan:

    1. Makanan Favorit: Bakso dan Nasi Goreng
    2. Minuman Favorit: Air Putih dan Teh
    3. Bintang Film Favorit: Leonardo Dicaprio
    4. Film Favorit: 500 Days Of Summer
    5. Lagu Favorit: To Be with You – Mr.Big
    6. Penyanyi/Band Favorit: Adele, Coldplay, Maroon 5, Kygo, Petite Biscuit

Yuk intip video It’s Me : Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2017, Pingkan Rilly Yunita, klik linknya disini.

Editor: Aditya

Terima kasih kepada Pingkan dan Yayasan Puteri Indonesia atas kesempatasan wawancaranya.