It’s Me: Puteri Indonesia Jawa Timur 2017, Fatma Ayu

It’s Me: Interview exclusive indonesianpageants.com bersama Puteri Indonesia Jawa Timur 2017, Fatma Ayu
 
Nama Lengkap: Fatma Ayu Husnasari
Nama Panggilan: Fatma
Umur: 20 tahun
Tinggi Badan: 173 cm
Pendidikan: Lulusan Fakultas Hukum Universitas Airlangga
 Puteri Indonesia Jawa Timur 2017, Fatma Ayu
1. Ceritakan tentang siapa kamu?
Saya lahir di Blitar 20 tahun lalu. Lima tahun kemudian, Bapak saya meninggal. Ini membuat saya sangat dekat dengan Ibu saya dan terbiasa mandiri agar saya tidak merepotkan beliau. Ibu saya adalah contoh bagi saya untuk tumbuh sebagai pribadi yang kuat dan berani bermimpi tinggi. Salah satu mimpi saya adalah menyelesaikan pendidikan dengan baik dan tepat waktu. Bulan Januari lalu, saya telah menyelesaikan pendidikan S-1 saya di Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya dengan total nilai cumlaude dan saya sedang menyiapkan keikutsertaan saya di wisuda bulan Maret nanti. Saya adalah orang yang menyukai tantangan. Itulah mengapa saya menekuni banyak bidang sejak kecil. Mulai dari lomba tilawatil Quran, pengajar baca Quran di kampus, bermusik, lomba menari, menjadi instruktur olahraga maupun mayoret, mengikuti lomba debat hingga modeling tingkat nasional pernah saya tekuni. Menantang diri saya melakukan hal-hal di luar kebiasaan saya sehari-hari membuat saya menemukan potensi yang tidak saya sadari sebelumnya. Saat ini, saya memfokuskan kegiatan sehari-hari saya untuk memantaskan diri menjadi Puteri Indonesia Jawa Timur 2017. Saya berterima kasih atas banyaknya bantuan yang datang dalam usaha saya mempersiapkan diri untuk Pemilihan Puteri Indonesia 2017. Banyaknya kesempatan belajar, bertemu banyak orang hebat, dan kegiatan-kegiatan yang memberi saya ruang untuk menjadi pribadi yang lebih baik adalah hal-hal yang tidak henti-hentinya saya syukuri. Saya adalah anak kedua dari 2 bersaudara. Sejak kecil, saya tinggal bersama Ibu, kakak perempuan, dan Nenek. Tumbuh di keluarga yang didominasi perempuan melatih saya untuk terampil mengerjakan banyak hal yang seharusnya dikerjakan laki-laki. Karakter saya yang tidak terlalu feminin juga tumbuh dari kondisi ini. Demikian pula pemikiran-pemikiran saya tentang pengarusutamaan gender. Setiap perempuan berhak untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Jadi, saya percaya, mengapa harus menjadi perempuan biasa-biasa saja, ketika kita bisa menjadi luar biasa. Pasti ada hal yang berbeda dan bermakna dalam diri kita. Hidup harus berjuang, jika tidak berjuang berarti kita sudah mati.
Puteri Indonesia Jawa Timur 2017, Fatma Ayu
2. Sebutkan 5 Prestasi terbaik kamu?
  • Semifinalis Wajah Femina – 2016 – Majalah Femina – Jakarta
  • Harapan II Raki Jawa Timur – 2015 – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur – Surabaya
  • Juara 2  Mahasiswa Berprestasi – 2014 –  Fakultas Hukum Universitas Airlangga – Surabaya
  • Juara 3 Kompetisi Peradilan Semu Pidana Tingkat Nasional Piala Mahkamah Agung – 2014 – Asian Law Student Association – Jember
  • Finalis Top Guest – 2012 – Majalah Aneka Yess – Jakarta
  • Puteri Indonesia Jawa Timur 2017, Fatma Ayu
3. Jika IP mempunyai uang Rp 100 ribu dan akan mencicipi kuliner enak di daerah kamu (makanan -minuman) kamu akan mengajak IP mencicipi apa dan dimana dengan uang sebesar itu?
Bicara soal kuliner memang tidak ada habisnya. Kalau diberi kesempatan, saya akan ajak IP untuk berkuliner ke daerah asal saya, Blitar. Sehabis lari pagi sambil menikmati udara sejuk di sekitar Candi Penataran, kita dapat mencicipi makanan khas Kota Blitar yaitu Nasi Pecel Mbok Bari. Disantap dengan peyek udang yang gurih, makan pecel akan semakin menggugah selera. Siang hari, setelah berwisata ke Makam Bung Karno, kita bisa berkuliner Ayam Lodho. Ayam lodho adalah ayam kampung yang dimasak dengan kaldu ayam dipadu dengan gurihnya santan dengan cabai utuh yang siap menggoyang lidah. Saya juga akan menemani IP mencoba makanan penutup khas Blitar yaitu Es Pleret. Es pleret mirip dengan dawet, namun tidak terlalu manis. Di dalamnya terdapat bola-bola kecil yang terbuat dari tepung beras dan kanji, ditemani dengan pelengkap lain berupa cendol (dawet), dan potongan serabi. Setelah kenyang, kita bisa jalan-jalan ke Agrowisata Belimbing. Kita bisa memetik sendiri belimbingnya dan langsung menikmatinya di tempat lho. Seru kan, IP? Masih belum puas? Jangan sedih. Sore hari sambil menunggu sunset, kita juga bisa mampir ke Kampung Coklat. Disana kita bisa tahu proses pembuatan coklat sampai menikmati coklat hangat ditemani musik akustik.  Tidak hanya itu saja, jika teman-teman IP suka yang pedas-pedas, jangan ragu untuk mencicipi masakan Indonesia yang super pedas di Warung Mbok Rip. Warung ini buka hingga larut malam, jadi sangat cocok bagi teman-teman yang suka lapar di malam hari.😉 Semua makanan dan minuman yang disebutkan harganya terjangkau tapi tetap enak dan mengenyangkan. Jangan lupa sebelum pulang belanja oleh-oleh dulu ya, IP. Nanti saya temani IP beli oleh-oleh khas Blitar. Jadi, kapan ke Blitar, IP?  
Puteri Indonesia Jawa Timur 2017, Fatma Ayu
4. Pengalaman paling lucu atau mengharukan yang pernah kamu alami ?
Saya teringat perjuangan untuk mengikuti  lomba. Saat saya masih duduk di sekolah dasar, saya menjadi mayoret drum band dalam kelompok kecil (LBB). Ketika latihan, pelatih selalu mengatakan jika saya kurang becus dan bodoh dalam memimpin.Tapi saya tidak berkecil hati dan merasa putus asa. Ucapan-ucapan itu malah memotivasi saya untuk bangkit dan terus berlatih. Dan pada akhirnya, Drum Band LBB yang saya pimpin bisa meraih Juara 1 se-Jawa Timur dan saya berhasil memperoleh predikat Mayoret terbaik kedua se-Jawa Timur.
Puteri Indonesia Jawa Timur 2017, Fatma Ayu
Fun Facts About Fatma:
1. Makanan favorit: Nasi goreng dan salad sayur/buah
2. Minuman Favorit : Air Putih;
3. Aktris/aktor favorit: Jennifer Lawrence, dan Reza Rahadian;
4. Film favorit : The Help dan Silver Linings; 
5. Lagu Favorit: Alone Again (Naturally), I’m not okay; 
6. Penyanyi/Band favorit: My chemical Romance dan Alicia Keys.
7. Hobby Kamu :Baca Koran, Menari Kontemporer, Menyayi.

Yuk intip video It’s Me: Puteri Indonesia Jawa Timur 2017, Fatma Ayu, klik linknya disini.

Editor: Aditya

Terima kasih kepada Fatma dan Yayasan Puteri Indonesia atas kesempatasan wawancaranya.