Perjalanan Pertama Kevin Liliana Mendaki Gunung Gede Pangrango


Kevin Liliana Puteri Indonesia Lingkungan Indonesia 2017, pada hari senin (22/5/2017) melakukan kegiatan konservasi. Ini adalah perjalanan pertamanya mendaki, menyusuri keindahan dan hijaunya Gunung Gede Pangrango, didaerah Cianjur, Jawa Barat. Dalam rangka menyambut Hari Keanekaragaman Hayati.

Pertama sekali dalam hidupnya, melihat dari dekat dan langsung menaiki gunung dengan melewati Canopy Trail, bertemu pemandu yang senantiasa mengarahkannya, untuk dapat mencicipi tumbuhan hutan yang dapat dimakan, ada 26 spesies tanaman yang bisa dijadikan perbekalan, bagi pencinta alam yang kehabisan stock makanan.

Disini ia berjumpa dengan komunitas pencinta alam MONTANA. Nama Montana diambil dari ketinggian gunung, komunitas ini didirikan di Cibodas 31 Januari 1993. Bertujuan untuk melestarikan dan melindungi hutan, komunitas ini peduli dengan kelestarian dan habitat mahluk hidup di taman nasional yang dilindungi pemerintah Indonesia. Yang mana juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977 sebagai Sister Park dan Taman Negara.

Komunitas ini juga memberikan Tips untuk mendaki yang baik adalah mengetahui kondisi tubuh sendiri, jaga pola makan yang benar, mengikuti aturan yang berlaku dan untuk wanita yang lagi haid disarankan lebih baik tidak mendaki, karena kondisi tubuh tidak fit.

Banyak kasus yang terjadi seperti pendaki yang hilang, meninggal dunia karena hipotermia? Hipotermia adalah suatu kondisi di mana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin. Korban akan mengalami halusinasi yang hebat dan akan menangalkan seluruh pakaiannya.

Kevin melihat adanya komunitas pencinta alam Montana yang peduli dengan lingkungan sangat membantunya sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017 untuk menjaga keseimbangan alam, salah satunya soal kebersihan seperti diketahui banyak oknum pandaki gunung yang pulangnya meninggalkan bekas sampah, mulai dari sampah plastik hingga kaleng bekas. Akibat dari kebiasan buruk itu mengakibatkan perilaku hewan jadi berubah. Dikarenakan hewan hutan yang terbiasa memakan rerumputan dan dedaunan, akhirnya makan sampah yang ditinggalkan pendaki.

“Ini adalah pengalaman pertama saya menaiki gunung, saya berharap banyak komunitas yang lainnya bisa bersatu dan mengedukasi masyarakat untuk menjaga alam” jawabnya

Penulis : Irwansyah

Comments

comments