It’s Me: Interview Puteri Indonesia DKI2 2016

mutia-4

Mutia Ardi atau biasa dipanggil Mutia, adalah mahasiswi Psikologi Universitas Indonesia. Gadis muda satu ini memiliki passion di bidang fashion mengikuti jejak Ibunya. Memiliki ketertarikan dengan bidang psikologi anak-anak membuat Mutia ingin memiliki sekolah untuk anak-anak yang kurang mampu. It’s me, Mutia Ardi:

1) Biodata:

Nama Lengkap/ Panggilan: Mutia Ardi/Mutia
Tempat/Tanggal lahir: Depok, 19 April 1995
Tinggi badan: 171cm
Zodiak/Shio: Aries
Hobby: Menggambar, Menari

Prestasi:
– Finalis Gogirl! Look 2010
– Wakil Ketua Tradisional Dance SMA 28 Jakarta
– Beberapa juara tari tradisional bersama tim TD sma 28 Jakarta
– Pemeran utama drama musikal “Balada Sang Pejuang” 2012

mutia-1

2) Wisata Kuliner daerah kamu dan Oleh-oleh Kuliner dari daerah kamu:

Salah satu makanan khas Jakarta yang digemari banyak orang adalah asinan Jakarta. Asinan adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran. Bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Asinan sendiri menjadi favorit warga Ibu Kota karena rasanya yang segar ditengah-tengah kesibukkan kegiatan sehari-hari di perkotaan. Berdasarkan rekomendasi dari orang disekitar Saya, salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk mencicipi makanan khas Jakarta ini adalah di Asinan Betawi H Mansyur yang beralamat di Jl. Taman Kamboja No. 10, Rawamangun, Jati, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

3) Ceritakan siapa diri kamu:

Saya adalah mahasiswi psikologi semester 4 di Universitas Indonesia. Saya lahir dan dibesarkan di Jakarta oleh kedua orangtua Saya. Sejak kecil Saya memiliki ketertarikan mengenai dunia fashion. Melihat ibu Saya bekerja di bidang yang sama dan sering melihatnya menggambar sketsa baju-baju menambah ketertarikan Saya pada dunia fashion dan kecantikan. Pengalaman Saya terjun di dunia modeling pertama kali adalah ketika Saya menjadi Finalis Majalah Gogirl pada tahun 2010, namun karena memilih untuk fokus pada pendidikan terlebih dahulu, Saya memutuskan untuk tidak aktif dalam dunia modeling. Lama beralih dari dunia fashion, ketertarikan Saya mengarah pada ilmu psikologi. Awalnya menurut Saya bisa memahami dan mengenal orang secara mendalam setelah belajar ilmu psikologi adalah hal yang sangat menarik. Sekarang yang menjadi passion utama Saya adalah untuk menjadi seorang psikolog, terutama psikolog pendidikan atau psikolog anak yang kegiatannya banyak menuntut Saya untuk berinteraksi dengan anak kecil dan oranglain. I think one of the most beautiful view is when I can see a children smiling and living happily with their parents and friends. Salah satu cita-cita Saya adalah untuk bisa membangun sekolah untuk anak-anak yang kurang mampu agar mereka mendapatkan pendidikan yang layak meskipun terbatas oleh keadaan ekonomi keluarga.

mutia-2

4) Pengalaman paling berkesan & menyentuh (selain jadi Finalis Puteri Indonesia):

Salah satu pengalaman berkesan yang pernah Saya alami adalah ketika Saya beberapa kali gagal pada ujian penerimaan perguruan tinggi. Sejak Saya duduk di bangku SMA kelas 12, Saya sudah menetapkan niat bahwa Saya akan mengambil jurusan psikologi di Universitas Indonesia. Pada saat itu kegagalan pertama Saya adalah ketika Saya tidak berhasil masuk melalui jalur SNMPTN saat banyak teman yang sudah diterima melalui jalur tersebut. Tidak begitu saja menyerah, Saya semakin giat belajar dan fokus untuk menghadapi SMBPTN, namun kemudian Saya dinyatakan tidak juga diterima. Sebelumnya Saya sudah hampir menyerah untuk terlalu fokus mendapatkan fakultas psikologi di Universitas Indonesia, tapi orangtua Saya tetap memberi semangat bahwa masih ada satu jalan lagi agar Saya bisa diterima yaitu dengan mengikuti SIMAK. Setelah proses yang panjang, akhirnya Allah mengizinkan Saya untuk masuk di kelas Internasional Fakultas Psikologi UI pada tahun 2013. Namun tidak berhenti disitu saja, karena memang niat awal Saya adalah masuk di kelas reguler, akhirnya pada tahun berikutnya Saya mengikuti SBMPTN kembali dan berhasil diterima di kelas reguler Fakultas Psikologi UI. Berdasarkan pengalaman tersebut Saya belajar banyak hal bahwa jika kita memiliki niat baik dan telah berusaha sebaik mungkin, janganlah mudah menyerah. Kejarlah cita-citamu meski harus mengalami kegagalan beberapa kali. Kegagalan tersebut lah yang akan mengajarkan kita untuk melakukan yang lebih baik lagi kedepannya nanti.

mutia-3

5) 5 Fakta Unik tentang kamu :

– Sejak kecil Saya suka sekali menggambar. Ibu Saya sering mengikutkan Saya pada beberapa perlombaan menggambar. Bakat menggambarku diturunkan dari ibuku yang juga suka membuat sketsa baju-baju yang ia buat.

– Dulu saat masih di Sekolah Dasar, Saya adalah termasuk anak perempuan tomboy. Saya lebih tertarik pada hal-hal yang menyangkut olahraga, sempat beberapa kali ikut perlombaan basket antar sekolah saat Saya berada di SMP. Saya juga tertarik pada olahraga bulu tangkis dan sempat bercita-cita untuk menjadi pemain bulu tangkis profesional.

I would love to travel to numerous beaches around the world! Saya suka banget sama laut dan pantai yang suasananya selalu bikin tenang. Walaupun ga bisa berenang tapi Saya selalu senang kalau bisa liburan atau berkunjung ke pantai yang belum pernah Saya kunjungi sebelumnya. One of my next destination adalah kepulauan seribu!

– Saya juga gemar memasak. Dulu saat masih SMP dan SMA aku sering diberi julukkan “mama” oleh teman-temanku karena kegemaranku memasak dan teman-teman aku lah yang selalu menjadi pelanggan setia masakanku
– setelah lulus S1 ilmu psikologi nanti, Saya ingin melanjutkan pendidikan S2 psikologi. Untuk penjurusannya sepertinya akan mengarah pada psikologi pendidikan atau psikologi anak. salah satu impian terbesarku adalah bisa mendirikan sekolah bagi anak-anak yang kurang mampu agar mereka tetap bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Best Regards,
Mutia Ardi
Puteri Indonesia DKI Jakarta 2 2016

Sumber foto : Instagram Mutia Ardi
Terima kasih kepada Yayasan Puteri Indonesia atas kesempatan interviewnya

(is/ay)

Comments

comments