MALAM FINAL PUTERI INDONESIA 2017: DKI JAKARTA KEMBALI BERJAYA

Bunga Jelitha Ibrani Puteri Indonesia 2017

Akhirnya acara yang ditunggu-tunggu para pecinta kontes tanah air pun tiba. Malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2017 sukses digelar Juamt (31/3) lalu di Plenary Hall, Jakarta Convention Center. 38 finalis dari 33 provinsi di Indonesia, di mana Kalimantan Tengah tahun ini tidak mengirimkan perwakilannya, bersaing memperebutkan gelar bergengsi Puteri Indonesia yang tahun ini memasuki tahun pemilihan ke 21.

Bunga Jelitha Ibrani, mega favorit yang sudah lama diidamkan banyak pihak untuk mengikuti ajang ini, mengukuhkan status favoritnya dengan memenangkan ajang ini. Bunga sukses menjadi Puteri DKI Jakarta ke 9 yang memenangkan gelar Puteri Indonesia. Langkah Bunga memenangkan ajang ini bukan tanpa tantangan. Sebelum mengenakan mahkota kebesaran, Bunga harus menghadapi dua pesaing terberatnya dari Jawa Barat, Kevin Lilliana, yang sukses meraih gelar Puteri Indonesia Lingkungan dan Nusa Tenggara Timur, Karina Nadila Niab, yang berhasil menduduki posisi Puteri Indonesia Pariwisata. Ketiga finalis tersebut tampil memukau juri dan penonton yang hadir sepanjang malam.

Kemenangan ke sembilan provinsi DKI Jakarta di ajang Puteri Indonesia lalu, melengkapi kesuksesan semua urutan kontestan asal DKI Jakarta. Seperti yang kita ketahui, DKI Jakarta selalu mengirimkan wakil lebih dari satu orang. Bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan banyaknya potensi yang dimiliki wanita yang berdomisili di Jakarta dari segi bakat, kecantikan maupun latar belakang. Sehingga sengaja disediakan spot lebih untuk provinsi yang merupakan daerah yang dikenal sebagai pusat kebudayaan Indonesia ini.

Puteri Indonesia DKI Jakarta

Berikut adalah beberapa catatan kemenangan dari wakil DKI Jakarta:

– Alya Rohali, Puteri Indonesia 1996, merupakan perwakilan DKI Jakarta 1
– Dian Khrisna, Puteri Indonesia 2003, merupakan perwakilan DKI Jakarta 2
– Bernika Irnadianis Ifada, Puteri Indonesia 2000, merupakan perwakilan DKI Jakarta 3
– Nadine Chandrawinata, Puteri Indonesia 2005, merupakan perwakilan DKI Jakarta 4
– Bunga Jelitha Ibrani, Puteri Indonesia 2017, merupakan perwakilan DKI Jakarta 5
– Zivanna Letisha Siregar, Puteri Indonesia 2008, merupakan perwakilan DKI Jakarta 6

Sebagai catatan, DKI Jakarta 4 memenangkan ajang ini sebanyak 2 kali di tahun 2005 dan 2010. Keduanya sama-sama bernama Nadine.

Acara yang dipandu oleh Choky Sitohang dan Zivanna Letisha, Puteri Indonesia 2008, berlangsung meriah selama kurang lebih empat jam. Dimeriahkan beberapa penyanyi papan atas yaitu Marcell, Cakra Khan, Anji bahkan penyanyi bertaraf internasional, Daniel Powter. Format acara yang berbeda menjadi daya tarik tersendiri tahun ini. Satu kontestan pilihan pemirsa melalui vote BBM, turut melaju ke babak semifinal bersama dengan 10 kontestan pilihan juri. Begitu pula dengan penilaian pada malam final, satu kontestan bergabung dengan 5 kontestan pilihan juri di babak 6 besar. Dewan juri yang hadir untuk memberikan penilaian antara lain Arief Yahya, Menteri Pariwisata, Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga, Ivan Gunawan, Anindya Kusuma Putri, Puteri Indonesia 2015 dan Natalie Glebova, Miss Universe 2005.

miss universe & puteri indonesia

Selain ketiga pemenang utama, diumumkan beberapa gelar khusus seperti Puteri Indonesia Intelegensia, Puteri Indonesia Persahabatan dan Puteri Indonesia Favorit Sosial Media. Tampil pula 11 alumni Puteri Indonesia yang berlanggak lenggok di atas panggung diiringi senandung dari Daniel Powter. Para kontestan juga tampil sangat anggun dengan balutan busana dari Hengky Kawilarang, Anaz, Ansoe, Ivan Gunawan serta Intan Avantie. Iris Mittenaere, Miss Universe 2016, tampil memukau dengan balutan kebaya dari Anne Avantie. Begitu pula dengan Ariska Putri Pertiwi, Miss Grand International 2016, yang tampil berkilau di atas panggung dengan sambutan yang meriah dari penonton dan supporter yang hadir.

Dengan kemenangannya sebagai Puteri Indonesia 2017, Bunga Jelitha akan bertugas selama setahun ke depan bersama Yayasan Puteri Indonesia, juga bersiap untuk berkompetisi di ajang Miss Universe ke 66 mendatang. Begitu pula dengan Kevin Lilliana yang akan berkompetisi di ajang Miss International 2017 dan Karina Nadila yang siap berangkat ke ajang Miss Supranational 2017. Di akhir acara, diumumkan bahwa Dea Goesti Rizkita asal Jawa Tengah yang juga Runner-Up 3 Puteri Indoensia 2017, ditunjuk untuk mewakili Indonesia di ajang Miss Grand International 2017.

Selamat dan sukses untuk semua pemenang! Selamat bertugas dan berjuang di ajang internasional.

Puteri Indonesia 2017
Full result:
Puteri Indonesia 2017 – DKI Jakarta 5, Bunga Jelitha Ibrani
Puteri Indonesia Lingkungan 2017 – Jawa Barat, Kevin Lilliana
Puteri Indonesia Pariwisata 2017 – Nusa Tenggara Timur, Karina Nadila Niab
Runner Up 3 Puteri Indonesia 2017 – Jawa Tengah, Dea Goesti Rizkita Koswara

6 Besar:
Jambi, Syella Afsari
Sumatera Utara, Putri Mentari (pemenang voting)

11 Besar:
DKI Jakarta 2, Dita Fakhrana Utami
Kalimantan Timur, Gituen Miracline Samantha
Papua, Frederika Mitra Munua
Sumatera Barat, Puji Chegana
Sumatera Selatan, Nur Harisyah Pratiwi

Puteri Indonesia Atribut 2017
Puteri Indonesia Intelegensia:
DKI Jakarta 4, Suci Marliani
Riau, Astari Aslam
DKI Jakarta 1, Karina Nandia Saputri
Best Traditional Costume: Jawa Barat, Kevin Lilliana
Puteri Indonesia Berbakat: Maluku Utara, Sarjia Samin Ibrahim
Puteri Indonesia Persahabatan: DKI Jakarta 4, Suci Marliani
Puteri Indonesia Kepulauan Favorit Sosial Media:
Sumatera: Aceh, Yayang Ayu Lestari Ningsih
Jawa: Jawa Timur, Fatma Ayu Husnasari
Kalimantan: Kalimantan Selatan, Suci Hastini
NustraBali: Nusa Tenggara Timur, Karina Nadila Niab
Sulawesi: Sulawesi Selatan, Nur Fitriani
Indonesia Timur: Papua Barat, Leidy Herlin Rumbiak

Yuk intip video Ucapan Terima Kasih Bunga Jelitha Ibrani Puteri Indonesia 2017, atas dukungan fans papgeants kepadanya. Klik linknya disini.

Penulis : Andri Hermawan
Photo & Video : Irwansyah

Comments

comments