Mahkota Baru Puteri Indonesia

Jakarta, Indonesian Pageants — Pada penyelenggaraan Pemilihan Puteri Indonesia 2016, yang merupakan ke-20 kalinya ajang kecantikan ini diselenggarakan; Yayasan Puteri Indonesia (YPI) menghadirkan symbol terbarunya. Mahkota yang merupakan simbol kecantikan, kekuasaan dan kekuatan seorang perempuan hadir dalam simbolisme baru tahun ini.

Mahkota Puteri Indonesia 2016
Mahkota baru Puteri Indonesia 2016 persembahan Emas Putih PLG by Hartono Wira Tanik. Photo courtesy of IndonesianPageants.com

“Tahun ini kami ingin membuat perbedaan. Bagaimana mencampur apa yang kita miliki sebagai pemegang lisensi Miss Universe dengan hal-hal berbau Indonesia itu sendiri. Kami ingin menonjolkan apa yang menjadi ciri khas Indonesia yang mudah akan mudah dikenali oleh dunia. Kemudian muncul ide untuk menghadirkan Borobudur”, ujar Putri Kuswisnu Wardhani di Hotel Sultan, Jakarta pada Jum’at (12/2).

Borobudur yang megah dan tersohor kali ini akan hadir di atas 3 kepala perempuan cantik Indonesia yang akan sekaligus mewakili bangsa ini di ajang Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational. Ketiga ajang internasional tersebut merupakan 3 dari total 5 kontes Grandslam yang telah memiliki nama besar di dunia.

Mahkota Puteri Indonesia Lingkungan
Mahkota baru Puteri Indonesia 2016 persembahan Emas Putih PLG by Hartono Wira Tanik. Photo courtesy of IndonesianPageants.com

Sebagai pembeda dari ketiganya, untuk pemenang utama atau Puteri Indonesia 2016, mahkota persembahan Emas Putih PLG oleh Hartono Wira Tanik, akan diwakili warna merah sebagai simbol keberanian rakyat Indonesia dan rasa cinta kepada Republik Indonesia.

Makota untuk juara kedua atau Puteri Indonesia Lingkungan, dipilihlah warna bebatuan hijau yang melambangkan kesejukan, keberuntungan, dan memberi rasa perlindungan. Satu nafas dengan gelar yang disandangnya, hijau juga melambangkan Indonesia sebagai Negara yang terkenal dengan hutan hujan tropisnya yang termasuk terbesar di dunia.

Mahkota Puteri Indonesia Pariwisata
Mahkota baru Puteri Indonesia 2016 persembahan Emas Putih PLG by Hartono Wira Tanik. Photo courtesy of IndonesianPageants.com

Sedangkan untuk mahkota juara ketiga atau Puteri Indonesia Pariwisata melambangkan luasnya lautan nusantara yang merupakan negara maritim dan kepulauan.

Selain dari segi warna, mahkota tersebut juga dibedakan ukurannya. Mahkota utama menjulang 11 cm, berurutan yang kedua 10 cm dan yang ketiga 9 cm. Yayasan Puteri Indonesia dan Emas Putih PLG sangat memikirkan sekali setiap detail dan filosofi atas ketiga mahkota baru ini, agar Indonesia semakin dikenal di dunia internasional melalui ajang kecantikan dan bakat ini. Oleh karena itu membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk pembuatannya. (md)

******************

Penasaran dengan detail mahkota mewah ini? Berikut rinciannya:

MERAH (PUTERI INDONESIA)

Berat: 277.60 GR

Tinggi Total: 11 CM

Kebutuhan Batu

  • Batu Warna: 595 BJ
  • Batu Putih: 1568 BJ
  • Mutiara 8.5: 5 BJ

 

HIJAU (PUTERI LINGKUNGAN)

Berat: 251.93 GR

Tinggi Total: 10 CM

Kebutuhan Batu

  • Batu Warna: 546 BJ
  • Batu Putih: 1647 BJ
  • Mutiara 8.5: 3 BJ
  • Mutiara 7.5: 2 BJ

 

BIRU (PUTERI PARIWISATA)

Berat: 232.60 GR

Tinggi Total: 9 CM

Kebutuhan Batu

  • Batu Warna: 997 BJ
  • Batu Putih: 1073 BJ
  • Mutiara 8.5: 3 BJ
  • Mutiara 7.5: 2 BJ

Comments

comments