Keindahan Cartensz Mountain Bikin Beauty Queen Indonesia Merinding

 

grasberg-mountain-3

Hari terakhir kunjungan Beauty Queen Indonesia Annisa Ananda Nusyirwan Miss Earth Indonesia 2014, Yolanda Remetwa Miss Grand Indonesia 2015, Ivhanrel Sumirah Miss World University Indonesia 2016, Evan Lysandra Puteri Indonesia Jawa Barat 2016 dan Maria Inez Sanchia Top 10 Haka Amoi Indonesia 2016. Bersama Untung Muliana Queen Maker dan Berti Manurung dari Honai Cantik berakhir di Tembagapura, Freeport Indonesia selama dua hari jumat dan sabtu, 9-10 September 2016.

Berangkat pagi hari dari bandara Mozes Kilangin Airport International, menempuh perjalanan selama 15 menit, rombongan mengunakan Cooper tiba di Heliport Aing Bugin, Tembagapura, Freeport Indonesia. Rombongan diajak mengelilingi area produksi, menaiki kereta gantung dengan ketinggian 2836m yang dibangun pada tahun 1989, dilanjutkan dengan makan siang dan dijamu makan malam.

Hari kedua rombongan diajak menanam pohon diarea Grasberg, dengan cuaca yang berubah-rubah, kadang berkabut dan kadang cerah, cuaca sendiri tidak bisa diprediksi. Dibantu Bapak Silas Natkime sebagai Human Development & Senior Adviser. Merupakan putera asli Papua yang paling senior berkerja di PT. Freeport Indonesia.

grasberg-mountain

Rombongan diajak menuju area Grasberg, tambang berwawasan lingkungan, yang mempunyai ketinggian 4,285 meter. Dengan memakai kendaraan roda empat berwarna putih, dibagi dalam 4 mobil.

Setiap mobil bisa menampung 6 orang, keistimewaan kendaraan khusus area tambang disisi sebelah kiri driver, pada bagian atas ada bendera dan lampu, kedua benda tersebut digunakan sebagai tanda bahwa ada kendaraan yang lewat, alasannya karena untuk menuju area Grasberg yang berliku-liku menuju keatas gunung, sering tiba-tiba muncul kabut. Dengan menggunakan bendera dan lampu, bisa melihat ada kendaraan yang datang dari arah yang berlawanan.

Tempat pertama yang kami tuju adalah danau tigabelas atau sering disebut Cartensz Lake, saat kami datang kabut mulai turun, namun sesaat kemudian kabut diterjang hujan gerimis dan perlahan mulai menghilang. Mempunyai keindahan tersendiri, diapit kanan kiri permukaan gunung, disebelah kiri ada bebatuan yang dinamakan Cartensz Pyramid, banyak yang bilang mirip patung Piramida Sphinx yang ada di Mesir.

Cartensz Lake (4.200m) adalah danau berwarna hijau, tidak hanya satu saja, namun ada 13 danau salah satu area favorit melintas para pendaki, dan beberapa bulan yang lalu sempat menjadi lokasi syuting film dokumenter, yang tayang di stasiun televisi swasta.

Disini semua Beauty Queen Indonesia merasakan keindahan ciptaan alam sang maha esa, beberapa terlihat menikmati sesi berphoto. Yolanda Remetwa Miss Grand Indonesia 2015 mengakui, keindahan alam tanah Papua bikin ia merinding.

“Bagus banget, ini pertama kali aku kesini, sumpah keren, kalau kamu orang Indonesia, kamu harus kesini dan melihat keindahan alam Papua” jawabnya dengan mata berbinar.

grasberg-mountain-5

Usai asik berphoto dan melihat keindahan Cartenz Leak, rombongan diajak menuju Grasberg, sesampainya di Grasberg Mine PT Freeport Indonesia, suhu udara mulai menipis, dengan kondisi suhu kurang dari 8 derajat celsius.

Puncak Carstensz Pyramid dengan tinggi (4.884m), termasuk posisi pegunungan es kebanggaan Tanah Air. Kini ia menjadi salah satu idaman para pendaki dunia, karena termasuk dalam rangkaian The Seven Summits. Tujuh puncak tertinggi di lempengan benua, bersama Mount Everest (Asia), Kilimanjaro (Afrika), Elbrus (Eropa), Aconcagua (Amerika Selatan), Mckinley (Amerika Utara), dan Vinson Massif (Antartika).

Karena letak dan akses yang sulit itulah, Carstensz Mountain menjadi salah satu gunung termahal di dunia. kabar yang menyebutkan biaya kesini, jika menempuh naik pesawat, menginap di Timika, lanjut naik Cooper bisa menghabiskan ratusan juta rupiah.

Ingin melihat keseruan perjalanan mereka selama 15 hari di Papua, yuk klik link video dibawah ini.

(is)

Comments

comments