It’s Me Puteri Indonesia Bengkulu 2019

Wah, karantina Puteri Indonesia 2019 semakin dekat nih IP Friends. Pasti semakin penasaran ya dengan profil para finalis Puteri Indonesia 2019? Yuk simak It’s Me kali ini. Karena hari ini IP Team akan memberikan informasi tentang PUteri Indonesia Bengkulu 2019.

Tahun 2019 ini, Bengkulu akan diwakili oleh oleh perempuan bernama Nabila Permata Putri. Perempuan kelahiran 16 November 1995 ini biasa dipanggil Nabila dan memiliki hobi membaca serta melukis. Nabila memiliki tinggi badan 171 cm dan saat ini tengah menempuh Pendidikan di Universitas Surabaya untuk Fakultas Psikologi.

Nabila yang ternyata merupakan make-up enthusiast ini pernah menjadi semifinalis Gadis Sampul 2013. Selain itu Nabila saat ini merupakan aktivis untuk #GerakBersama Stop Violence Against Women. Selain itu Nabila merupakan volunteer untuk #DayCare.

It’s time to answer the questions!

1. Jika kamu bukanlah Puteri Indonesia 2019, hal lain apa selanjutnya yang akan kamu lakukan?
– Melanjutkan kuliah saya yang tinggal skripsi, di Universitas Surabaya jurusan Psikologi, Juga aktif untuk menjaring networking dan menambah pengalaman di dunia modeling.
– Meneruskan kampanye #GerakBersama dengan Komnas Perempuan, sebagai psikolog saya membantu menghilangkan trauma healing para korban kekerasan khususnya wanita dan anak anak, menjaga hak hak mereka dan mengajarkan untuk berani bersikap dan bertindak.
– Serta melanjutkan passion saya dalam aktifitas #DayCare di Surabaya untuk pendampingan anak anak dimana saat ini saya merupakan pengurus program #DayCare di Surabaya.
– Saya juga melanjutkan Passion saya di bidang Beauty & Makeup kedepan saya akan memulai Bisnis saya sendiri di Bidang beauty dan kecantikan dvimana seluruh pegawai saya adalah Wanita / Janda serta merilis chanel youtube milik saya yang akan berisi program kecantikan, gaya hidup,sosial budaya juga kesenian dan kesehatan
– Membuka Lapangan pelatihan baru khusus untuk wanita wanita mantan TKI, tuna karya, korban kekesaran dan perceraian agar mereka menjadi pribadi terampil yang unggul sesuai passion mereka dimana hal itu dapat dijadikan bekal mereka untuk berkompetensi di dunia kerja

2. Siapa idola kamu di dunia pageant? & why?
– Negara yang pertama kali ikutan MU dan Langsung Menang. Yess she is. Mpule Kwelagobe Miss Universe Botswana yg menang MU tahun 1999, aktivis pencegahan HIV/AIDS, serta aktif dalam advokasi pengembangan wanita. Dan pendiri private equity firm di bidang finance, renewable energy, dan agriculture di afrika dan asia selatan
– Journey of Pia Alonso Wurtcbach MU 2015 3X ikut Binibining Philipina, di tahun 2015 Akhirnya dia berhasil membawa pulang Mahkota MU, walaupun steve harvey sempat salah sebut Nama pemenang, dia mengajarkan kita soal “Possibility” hidup bukan soal kalah menang, tapi bagaimana kita senantiasa berfikir positif serta meresponnya dengan cara yang baik, bangkit dan berjuang sesusah apapun mimpi kita, tak lupa focus! serta sadar bahwa jatuh bangun adalah part of journey in life, enjoy every moment suka – duka, maka Tuhan akan Kabulkan mimpi kita disaat terbaik dengan caranya.

3. Bagaimana cara kamu mengedukasi masyarakat umum yang memandang negatif dunia pageants?
– Basically kita harus sadar bahwa positif atau negative suatu hal adalah hal yang lumrah dalam hidup ada hitam putih, baik buruk, tua muda begitupun pageant ada yang positif juga negative. Cara Mengedukasi yang saya ambil untuk yang memandang negatif dunia pageants adalah:
1. Tunjukan dengan Prestasi, apapun itu kita harus bersungguh sungguh dalam mengerjakan suatu program, juga dalam mencapai suatu target.
2. Anggap Kritik sebagai cambuk, berfikir positif bahwa kritik adalah hal terbaik agar kita tidak merasa cepat puas, terus belajar dan berprogres.karena kesuksesan itu adalah target harian dimana kita bisa meng achiev hal hal kecil setiap harinya serta tidak cepat puas & terlena dengan pujian
3. Aktif memberikan penyuluhan/kuisioner serta informasi terbuka mungkin hal termudah lewat social media, kita akan mendapatkan effect domino seperti tranding topic contohnya topic Miss Universe di socmed mengalahkan isue isue social di amerika dari sini kita dapat simpulkan bahwa pageant adalah suatu hal yang dapat membawa dampak positif untuk banyak pihak seperti pemilihan Puteri Indonesia adalah platform yang dapat digunakan untuk remaja Puteri Indonesia agar berani berusaha dan mencoba serta bersuara untuk mewujudkan mimpi mimpi kita.
4. Sosialisasikan bahwa peagent punya sisi lain selain kecantikan fisik atau keglamoran pageant juga merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap isuse isue social sepeti kekerasan dalam rumah tangga, pemerataan pendidikan yg cenderung di kota besar, serta dampak endemik dari suatu penyakit, bantuan bencana alam seperti penggalangan dana dan penyaluran bantuan. misalkan

4. Bagaimana cara anda menghadapi berita hoax/negatif dari netizen atau pageant lovers?
– Seiring berjalannya hidup saya belajar untuk memfilter toxic news & toxic people dalam hidup saya. Saya selalu berfikir positif bahwa berita negatif dapat menguatkan kita, motivasi agar kita melakukan lebih baik dan terbaik.

5. Bagaimana bentuk stress release kamu ketika menghadapi masalah?
– Olaharaga dan Yoga ( meditasi ) saya percaya dengan berolahraga saya dapat mengeluarkan horman endrofin yg membuat kita jadi lebih sehat dan bahagia sementara yoga ( meditasi ) dapat membuat pikiran dan tubuh saya lebih terkoneksi seimbang
– Melukissss. melukis apa saja, melukis dapat mengekpresikan perasaan saya. senang, sedih, jatuh cinta dan lain sebagainya
– Traveling ke pantai atau tempat yang damai seperti Ubud Bali

6. Why you should be the next Puteri Indonesia?
Menjadi Puteri Indonesia bukan hanya sekedar sekedar mimpi yang menjadi nyata namun lebih kepada suatu kehormatan, tanggung jawab & kerja keras.
Jika saya menjadi Puteri Indonesia, saya akan menggunakan suara saya untuk melanjutkan Advokasi saya yaitu #SpeakUpLipUp💄, sebuah advokasi untuk wanita, agar mereka bisa lebih percaya diri apapun, bentuk tubuh dan dari suku ras manapun mereka berada serta latar belakang dan juga pekerjaan mereka. Semua wanita berhak untuk cantik, berhak untuk mendapatkan kesempatan yg sama. Kampanye ini akan menolong kesehatan mental mereka, untuk bisa lebih percaya diri dalam menggapai cita citanya. Caranya dengan membagikan lipstick Mustika Ratu warna terang dan mengupload foto mereka di sosial media.
#SpeakUpLipUp juga kampanye Lipstik untuk wanita Difabel memberikan dukungan kepada wanita penyandang disabilitas, khususnya perempuan, bahwa penting untuk memiliki kepercayaan diri meskipun tidak memiliki kesempurnaan secara fisik. Biasanya, penyandang disabilitas itu jarang merawat diri. Saya ingin menyampaikan bahwa mereka (wanita penyandang disabilitas) itu berhak merasa cantic.

Kenapa harus lipstik?. Karena lipstik itu murah, mudah, dan efeknya paling kelihatan dibandingkan (produk make-up) yang lain. Lipstik dipercaya memiliki kekuatan untuk mengubah mood seorang wanita. Untuk mendapatkan lipstik pun terjangkau, baik dari segi ketersediaan produk maupun harga. Serta cara mengaplikasikannya pun mudah, tidak perlu memiliki keterampilan tertentu.

7. Sebutkan makanan salah satu makanan yang wajib di cicipi saat berkunjung ke provinsimu?
Banyak banget, semua enak but mostly yang aku rekomendasikan adalah:
1. Pendap
Pendap merupakan makanan bercitarasa pedas yang sangat populer di Provinsi Bengkulu. Pendap terdiri dari bahan ikan yang dicampur dengan beberapa bahan utama, seperti bawang putih, kencur, cabai giling, kelapa muda yang kemudian dimasak dalam balutan daun talas.
2. Gulai Kemba’ang
Gulai kemba’ang adalah masakan berkuah dengan bahan utamanya iga sapi. Umumnya, masyarakat setempat memasaknya di waktu-waktu istimewa, seperti Lebaran.
3. Tempoyak
Makanan khas Bengkulu ini terbuat dari fermentasi durian. Rasanya cenderung asam dan biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Ada juga yang mengolahnya sebagai sambal hingga bisa disantap bersama nasi dan ikan.
4. Lema
Sama halnya dengan tempoyak, jenis makanan ini dibuat dengan proses fermentasi. Bedanya, lema menggunakan adonan rebung (bambu muda) yang dicincang serta dicampur dengan ikan tawar. Efeknya, makanan khas daerah Rejang ini memiliki keasaman dan aroma yang cukup kuat. Namun, banyak yang menyukai rasanya dan menjadikannya sebagai lauk bersamaan dengan nasi dan lalapan.
5. Bagar Hiu
Selanjutnya, resep makanan khas Bengkulu lainnya adalah bagar hiu. Sesuai dengan namanya, masakan ini menggunakan daging ikan hiu dan biasanya jenis yang digunakan adalah hiu punai atau hiu tanduk karena tidak terlalu amis. Konon, bagar hiu merupakan salah satu makanan terfavorit mantan Presiden Sukarno selama masa pengasingan pada 1938-1942.

Wow, terima kasih Nabila atas ceritanya. IP Team seneng banget nih mendengarkan cerita kamu. Good luck ya buat Puteri Indonesia 2019 nya. See you di hari karantina.

 

Editor : Yasinta Adiguna

Comments

comments