It’s Me: Interview Puteri Indonesia Papua Barat 2016

papbar-3

Lita Ayudiah Capriati Mawar bisa disapa Lita, wanita asli Sorong, Papua Barat ini mempunyai ketakutan akan ketinggian, namun saat ia bersama temannya mendaki Gunung Merbabu ia bisa melawan ketakutannya tersebut, sangat menghargai orang lain dan tidak pemilih dalam soal makanan yang penting halal. It’s Me, Lita :

1. Biodata :
Nama Lengkap: Lita Ayudiah Capriati Mawar
Panggilan: Lita
Tempat/Tgl lahir: Sorong 30 Desember 1992
Tinggi badan: 168
Zodiak: Capricorn
Hobby: Modeling, adventure, traveling, cooking.
Prestasi: juara pertama dan runner up di berbagai event modeling di sorong papua barat dan di jogja mulai tahun 2007 – 2015

papbar-2

2. Wisata Kuliner daerah kamu dan Oleh-oleh Kuliner dari daerah kamu :

Pada dasarnya kuliner di daerah Indonesia Timur mulai dari Maluku hingga Papua terbilang sama, dikarenakan makanan pokok di wilayah ini terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu sagu, namun saat ini makanan pokok berubah menjadi nasi dan olahan sagu pun menjadi makan pendamping saja.

Contohnya iyalah Papeda, makanan yang terbuat dari sagu diolah dengan cara dituangkan air panas yang mendidih kemudian diaduk hingga mengental dan teksturnya membentuk seperti lem, makanan ini dihidangankan bersamaan dengan olahan ikan yang di masak kuah kuning (ikan dimasak dengan kuah berwarna kuning dari parutan kunyit dan dicampur dengan berbagai rempah rempah).

Oleh oleh dari daerah Sorong Papua Barat saat ini ialah olahan keripik keladi (keripik talas), ikan asar (ikan yang di asap), Olahan buah merah atau minyak buah merah (buah yang bentuk seperti nangka berwarna merah di percaya dapat mengobati berbagai macam penyakit dan buah ini hanya terdapat di daerah Papua dan Papua Barat)

3. Ceritakan siapa diri kamu:

Lita adalah sosok seorang wanita yang tidak beda jauh dengan wanita 23 tahun pada umumnya, lita sangat mudah bergaul, mudah akrab dengan orang yang baru dikenal, senang mengunjungi tempat tempat baru yang belum begitu dikunjungi banyak orang, menurut lita, lita seorang pribadi yang baik, ramah, murah senyum dan kocak, dapat menjadi pendengar yang baik jika ada teman yang curhat, dan juga suka mencoba resep resep masakan dari internet.

papbar-1

4. Pengalaman paling berkesan & menyentuh (selain menjadi Finalis Puteri Indonesia):

Pengalaman paling berkesan buat lita iyalah saat pertama kali lita dapat mengalahkan rasa takut lita akan ketinggian. Saat itu untuk pertama kalinya lita memutuskan untuk ikut bersama teman teman mendaki hingga puncak Gunung Merbabu Jawa Tengah.

Ada cerita lucu saat lita sudah mau mencapai puncak gunung. Saat itu pukul 2 pagi waktu setempat, lita dan teman teman memutuskan untuk melanjutkan pendakian setelah mendirikan tenda, istirahat dan makan di sabana 1, dengan tujuan ingin melihat matahari terbit langsung dari puncak tertinggi di Jawa Tengah. Namun belum 1 jam perjalanan lita mengeluh kedinginan dan takut karena semakin tinggi, jadi teman teman memutuskan untuk beristirahat sebentar. Karena kami berempat hanya membawa 1 senter untuk penerangan dan kebetulan lita yang memegangnya jadi sekalian lita mengganti batu batrei senter yang lita pegang.

Tetapi karena dingin dan gemetar akhirnya senterpun jatuh dan pendakian pun dihentikan berhubung lita sendiri perempuan, jadi terpaksa lita dan teman teman pun beristirahat lagi di pinggiran jurang gelap gulita sambil memegang rumput dan memandangi ribuan bintang dilangit malam sambil menunggu hingga pagi agar bisa melanjutkan perjalanan.

Tibalah pagi tepatnya pukul 06.15 wib sang surya sudah memancarkan sinarnya, yang tadinya hanya hamparan gelap gulita yang tidak begitu menakutkan seketika terlihat jelas jurang yang begitu curam tanpa pohon atau dahan yang bisa dijadikan pegangan, Dan tepat didepan terlihat jelas gunung merapi yang menambah ketakutan lita akan ketinggian. Lita pun menangis sejadi jadinya bukan karena sudah hampir menyelesaikan pendakian hingga puncak yang hanya tersisa kurang lebih 20m lagi, namun karena begitu ngerinya jika lita melihat disekeliling.

Lita pun memohon sambil menangis agar turun saja ke sabana dan hentikan pendakian, karena teman teman lita pun merasa kasian, akhirnya kami pun memutuskan untuk turun. Tidak lama kemudian kira kira sudah 10m turun dari tempat tadi, lita pun berfikir kembali, didalam hati lita berkata sayang sekali sudah sejauh ini sudah sampai disini dan tidak menuju puncak.

Dengar rasa malu bercampur semangat lita meminta teman teman untuk kembali melanjutkan hingga puncak, sontak teman teman pun menggerutu, menceramahi ada yang ketawa ada yang marah, namun lita hanya bisa minta maaf dan senyum senyum sambil tetap melawan rasa takut lita. Setelah semua pengorbanan itu dan semangat serta doa dan kerjasama dari teman teman, Syukur Alhamdulillah lita akhirnya bisa sampai ke puncak tertinggi gunung merbabu dengan terus mengucap syukur kepada Allah Swt atas segala perlindungan nya untuk lita dan teman teman lita.

Dan karena itulah lita pun sekarang percaya dengan pepatah yang kalau tidak salah berbunyi seperti ini, “jika ingin tau sifat asli pasangan atau temanmu, ajaklah dia ke alam”
Karena itu lita sekarang percaya bahwa ke 4 teman lita sangat luar biasa bisa menjaga, menolong dan melindungi lita.

papbar

5. 5 Fakta Unik tentang kamu :

Lita itu:
*cerewet
*sok akrab dengan teman atau orang yang baru kenal
*bisa tinggal dan tidur di segala kondisi dan tempat
*cepat beradaptasi
*sangat menghargai orang lain dan tidak pemilih dalam soal makanan yang penting halal.

Sumber foto : Instagram Lita
Terima kasih kepada Yayasan Puteri Indonesia atas kesempatan interviewnya

(is)

Comments

comments