It’s Me: Interview Puteri Indonesia Papua 2016

juven-4

Aryani Mei Juventina bisa disapa Ani adalah karyawan Bank dikecamatan Mimika, Papua. Harapan 1 Putri Pariwisata Mimika 2013, Ani sendiri sangat menyukai Tas Token, salah satu tas kerajinan khas Papua, dan Ani pandai membuat sendiri, baginya melestarikan kebudayaan itu perlu bagi generasi muda seperti dirinya. It’s Me, Ani:

1 Biodata :
Nama Lengkap/ Panggilan Aryani Mei Juventina
Ani
Tempat/Tgl lahir
Jayapura,23 Mei 1996
Tinggi badan
169
Zodiak/Shio
Gemini/Tikus
Hobby
Berenang dan Membaca
Prestasi (Min 5 di berbagai bidang)
5 besar Putri Mimika 2012
Harapan 1 Putri Pariwisata Mimika 2013

juven-3

2. Wisata Kuliner daerah kamu dan Oleh-oleh Kuliner dari daerah kamu :

Papeda adalah makanan khas orang papua yang terbuat dari sagu dan ini merupakan menu favorit saya apalagi jika dipadukan dengan ikan kuah kuning.

Tambelo bentuknya seperti cacing, panjang rata-rata sekitar 30 cm, kepalanya sebesar kelereng (yang dewasa), punya dua gigi yang memanjang ke depan, warnanya putih transparan sehingga terlihat jelas isi tubuh yang berwarna coklat kehitaman dan memiliki banyak cairan. Bila batang tumbuhan mangrove dibelah, tambelo terdapat di dalamnya, dan biasanya langsung diambil dan dimakan mentah-mentah.

Rasanya enak, sedikit berbau lumpur. Tambelo merupakan salah satu hewan yang kandungan asam-asam amino dan asam-asam lemak esensial sangat tinggi; juga mengandung vitamin B6, B12, kolin, niasin serta mineral kalsium, fosfor, besi, zink, selenium, dan magnesium. Zat-zat gisi tersebut bermanfaat untuk mencegah anemia, mengoptimalkan peredaran darah, pertumbuhan tulang dan jaringan saraf, serta pembentukan berbagai enzim, hormon dan imunitas yang menjadi modal untuk memiliki tubuh berstamina dan sehat (Jurnal Gizi dan Pangan 2006)

Oleh-oleh ada Kopi Amugme, Sagu, Sarang semut, Buah merah dan Karaka.

juven-2

3. Ceritakan siapa diri kamu:

Nama saya Aryani Mei Juventina saya anak kedua dari 4 bersaudara lahir di Jayapura dan sekarang menetap di kabupaten Mimika. Kegiatan sehari saya diisi dengan bekerja di Bank Rakyat Indonesia Cab Timika.

Sebagai seorang customer service dan juga mahasiswi semester 2 di Universitas Terbuka jurusan sastra inggris bidang penerjemah saya adalah seorang gadis pemimpi yang bertekad kuat untuk mengapai semua mimpi saya dan saya sangat berterima kasih sebesar-besarnya kepada Yayasan Puteri Indonesia telah mempercayai saya sebagai wakil dari Papua ini merupakan kehormatan besar bagi saya dan pasti akan menjadi suatu pengalaman yg tak akan terlupakan dalam hidup saya sehingga saya akan gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mengharumkan daerah tempat saya dilahirkan dan dibesarkan.

4. Pengalaman paling berkesan & menyentuh (selain menjadi Finalis Puteri Indonesia):

Pengalaman saat menjalani pekerjaan saya sebagai customer service saya sangat bangga dengan pekerjaan saya sekarang karena dengan pekerjaan saya ini lebih mendekatkan saya dengan masyarakat banyak.

Suatu ketika saya bertemu dengan Bapak yang sudah lansia dan dan Orang Papua yang sedang kesusahan saat bertransaksi saya akui saya adalah seorang yg melankolis dan selalu berempati kepada setiap orang pada waktu itu saya menolong bapak itu yang sangat membutuhkan uang karena beliau tidak bisa bertransaksi pada waktu itu dan tidak bisa dilayani karena kurangnya salah satu kelengkapan administrasi dan jarak bank dan rumahnya sangat jauh saya benar-benar terpanggil pada saat itu untuk menolong bapak itu setelah itu bapak itu berterima kasih dan saya lihat dari raut wajahnya dia sangat bersyukur dan merasa tertolong.

Disitu saya mempunyai kepuasan tersendiri saat bisa menolong sesama saya pekerjaan saya benar-benar bisa menjembatani saya untuk bisa selalu berbuat baik kepada orang-orang disekitar saya. Saya berharap kehadiran saya bisa dapat memberikan dampak positif bagi orang di sekeliling saya dan pesan saya untuk teman-teman our prime purpose in this life is to help others and if we can’t help them at least don’t hurt them semoga bisa menginspirasi teman2 semua untuk bisa selalu berbuat baik dimanapun kita berada.

lita

5. 5 Fakta Unik tentang kamu :

Saya adalah pengoleksi Tas Noken dan beberapa diantaranya adalah hasil dari rajutan saya sendiri saya mempunyai kebanggaan tersendiri saat mengenakan Tas Noken karena Tas Noken adalah tas rajutan asli suku papua yg telah tercatat sebagai warisan dunia oleh UNESCO saya berharap generasi-generasi selanjutnya bisa selalu mencintai dan melestarikan Noken.

Karena jika bukan kitorang siapa lagi yang akan melestarikan kearifan budaya lokal papua disini saya ingin mengajak tidak hanya masyarakat papua tetapi juga seluruh masyarakat indonesia dalam gerakan ayo bernoken. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yg mencintai kebudayaannya sendiri, dan kebanggan tersendiri buat saya sangat saya melihat diri saya yang bukan asli papua tetapi sangat cinta dan selalu mau belajar banyak tentang Papua saya juga akan membawakan tarian seka yang berasal dari suku kamoro daerah mimika ini merupakan kebanggaan bagi saya saat bisa membawakan tarian papua ini juga merupakan bukti bahwa saya sungguh mencintai Papua dengan selalu belajar dan ingin melestarikan budaya papua saya ingin mengajak pemuda-pemudi untuk bisa selalu mencintai budaya kita sendiri.

Sumber foto : Instagram Ani
Terima kasih kepada Yayasan Puteri Indonesia atas kesempatan interviewnya

(is)

Comments

comments