It’s Me: Interview Puteri Indonesia Maluku Utara 2016

malukuutara-1

Nia Nadia Chalil atau panggil saja Nia, ia suka makan makanan pedas dan nonton film horror. Nia sempat mengalami kekecewaan karena harus menunda masuk kuliah dikarenakan masalah ekonomi. Namun ia tidak menyerah dan menjadi mahasiswi teknik industri di tahun berikutnya, walau ia harus mengubur cita-citanya menjadi dokter. It’s Me, Nia :

1. Biodata:

Nama Lengkap / Panggilan: Nia Nadia Chalil / Nia
Tempat / Tanggal lahir: Jakarta, 1 November 1993
Tinggi badan: 176 cm
Zodiak / Shio: Scorpio / Kalajengking
Hobby: photography, travelling
Prestasi:

– Juara 1 Lomba Cerdas Cermat UUD 1945 dan TAP MPR Provinsi Maluku Utara 2010 (beregu)

– Juara umum 1 saat kelas 2 SMP di SMP Negeri 1 Kota Ternate

– Puteri Indonesia Maluku Utara 2016

malukuutara-3

 

2. Wisata Kuliner daerah kamu dan Oleh-oleh Kuliner dari daerah kamu:

Wisata Kuliner di Maluku Utara : popeda, gohu ikan, ikan fufu, dabu-dabu mantah (colo-colo), ikan kuah kuning, pisang gorang mulu bebe, nasi jaha, air guraka dan masih banyak lagi

Oleh-Oleh Kuliner : Bagea, halua kenari, roti kenari dan manisan pala

3. Ceritakan siapa diri kamu:

Saya adalah anak pertama dari 4 bersaudara. Ibu Saya bernama Badiah Assagaf dan Ayah Saya bernama Rasyid Ridwan Chalil. Saya dikenal oleh teman-teman Saya sebagai orang yang cuek dan santai. Sekarang Saya tercatat sebagai mahasiswi jurusan Teknik Industri di BINUS University. Saya merupakan orang yang memiliki kemauan besar, apa yang Saya inginkan harus bisa Saya dapatkan. Saya memiliki keinginan untuk dapat memperkenalkan daerah Saya di seluruh Indonesia dan dunia karena bisa dibilang masih banyak yang tidak tahu tentang daerah saya Maluku Utara, khususnya kota Ternate tempat Saya dibesarkan. Padahal wisata alam dan wisata budayanya sangat banyak sekali seperti tari-tarian, di Ternate juga masih berdiri kokoh benteng-benteng peninggalan penjajah, kerajaan islam yang masih ada sampai sekarang, dan pantai-pantainya yang masih sangat bersih dan jernih.

malukuutara-2

4. Pengalaman paling berkesan & menyentuh (selain jadi Finalis Puteri Indonesia):

Saya pernah mengalami titik kekecewaan dalam hidup Saya yaitu ketika Saya harus menunda untuk tidak berkuliah saat lulus dari SMA. Saat SMA dulu Saya dikenal sebagai anak yang rajin dan cukup pintar buktinya Saya selalu menjadi juara kelas di SMA (SMA Negeri 1 Kota Ternate). Saya memiliki cita-cita untuk mengambil kedokteran saat lulus nanti. Namun apa yang saya rencanakan tidak seperti yang diharapkan. Saya harus menunda untuk tidak berkuliah karena masalah ekonomi di keluarga Saya. Saat itu Saya sangat sedih, kecewa, terpuruk, malu dan bingung. Orang tua Saya juga sangat sedih dan hal itu membuat Saya semakin sedih. Saya juga memiliki ketakutan apa mungkin tahun depannya Saya masih tidak bisa berkuliah. Ternyata kondisi perekonomian keluarga kami sudah mulai membaik dan saya bisa melanjutkan pendidikan saya ke S1 walaupun bukan di jurusan yang Saya inginkan yaitu kedokteran. Namun Saya sangat bersyukur dan percaya bahwa semua yang terjadi pada Saya dan Saya jalani saat ini sudah digariskan dan diatur oleh-NYA. Saya mengambil pelajaran bahwa dalam hidup janganlah mudah putus asa ketika kita mengalami kegagalan, bangkit kembali dan raih apa yang kamu inginkan. Dan percaya sebaik apapun yang direncakan oleh manusia jika Tuhan tidak menghendaki tidak akan terjadi.

malukuutara

5. Fakta Unik tentang kamu :

– Saya menyukai makanan pedas

– Saya menyukai orang yang humoris

– Saya suka menonton film horor dan action

– Saya dikenal teman-teman Saya super santai dan cuek, padahal sebenarnya Saya sangat memperhatikan apa yang orang katakan tentang Saya untuk menjadi bahan koresi untuk diri Saya.

– Saat SMP Saya sangat suka menggambar

– Teman-teman kampus Saya mengatakan saya cocoknya mengambil jurusan DKV karena kemampuan Saya mendesign (menggunakan photoshop)

– Saat kuliah di Jakarta, Saya sempat coba-coba untuk mengikuti model freelance dan pernah terpilih menjadi model matrix pada event hairshow-nya tahun 2013

 

Terima kasih kepada Yayasan Puteri Indonesia atas kesempatan interviewnya

Sc foto: Instagram Nia

(ay/is)