It’s Me: Interview Puteri Indonesia DKI3 2016

dki3-1

Niken Ayu Lativani, bisa disapa dengan nama Niken, anak kedua dari tiga bersaudara yang semuanya perempuan, mempunyai bentuk bibir yang unik dengan bentuk LOVE, Juara 1 Gogirl! Look 2010 dan Wakil I None DKI Jakarta 2012 (provinsi), berusia 22 tahun lulusan dari Universitas Padjadjaran. It’s Me, Niken :

1. Biodata:
Nama Lengkap / Panggilan: Niken Ayu Lativani / Niken
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 02 Oktober 1993
Tinggi Badan : 171 cm
Zodiak / Shio : Libra / Ayam
Hobby : Dancing & travelling
Prestasi :
• Juara 1 Gogirl! Look 2010
• Siswa Berprestasi SMAN 71
• Nem Tertinggi Program IPS SMAN 71
• Wakil I None Jakarta Pusat 2012 (wilayah)
• Wakil I None DKI Jakarta 2012 (provinsi)
• Lulus dengan predikat Cumlaude – Univ. Padjadjaran

 

dki3-4

2. Wisata Kuliner daerah kamu dan Oleh-oleh Kuliner dari daerah kamu :

Jakarta sedikit berbeda dengan daerah-daerah lain, Jakarta berkembang sangat pesat. Yang menarik perhatian saya disini adalah sudah mulai berubahnya wisata kuliner yang digemari oleh warga Jakarta. Silahkan telusuri sepanjang Jalan Senopati dan Jalan Kemang Raya.

Terdapat banyak restoran yang menurut saya sudah menjadi wisata kuliner yang sekarang di gemari oleh warga Jakarta. Dari yang memang ingin makan hingga perut kenyang hingga hanya duduk-duduk menghabiskan waktu. Itu lah perbedaan Jakarta dengan daerah lainnya, perkembangan yang terus maju menuntut warganya untuk dinamis menanggapinya.

dki3-3

3. Ceritakan siapa diri kamu:

Panggilah saya dengan Niken , saya 22 tahun yang juga lulusan dari Universitas Padjadjaran lulusan Public Relations. Saya adalah anak kedua dari tiga bersaudara, rumah akan selalu ramai karena kami bertiga ialah anak perempuan. Suatu kelebihan yang saya rasakan ialah saya tidak akan merasa kesepian karena akan selalu ada teman sepanjang waktu saya hidup yaitu Kakak dan Adik saya.

Saya dibesarkan dari keluarga yang sangat suportif, Mama dan Papa selalu memberikan leluasa kepada kami untuk memilih jalan hidup. Jadi kami tidak pernah merasa tertekan dalam mengambil keputusan. Mereka sangat mendukung dan hal tersebut sangat menguntungkan. Saya sendiri selalu menghargai nilai-nilai yang diterapkan oleh keluarga, karena Keluarga adalah fondasi terdasar dalam kehidupan, dan keluarga adalah hadiah terbaik yang saya miliki.

Pada dasarnya, saya adalah tipe orang yang ekstrovert. Saya tidak merasa kesulitan jika berhadapan dengan orang baru, dan saya selalu berusaha untuk memosisikan diri saya di setiap kondisi. Papa pernah mengajarkan saya untuk mempelajari setiap tipe manusia, karena kita tidak bisa seterusnya meminta orang-orang untuk ada disisi kita, kita harus berusaha untuk menerima dan mengerti perbedaan itu akan selalu ada, termasuk pola pikir setiap orang dan juga harus terus bertoleransi. Itulah yang disebut dengan kedewasaan.

Saya juga orang yang berusaha untuk mengatur pola hidup saya sendiri, hingga mempersiapkan beberapa rencana untuk di masa yang akan datang. Dalam waktu dekat saya berkeinginan untuk melanjutkan studi saya, karena menurut saya sebagai perempuan harus mempunyai dasar yang kuat untuk menjadi seorang Ibu dan tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan formal setinggi mungkin ketika kita mampu. Untuk jangka panjang, saya berkeingian untuk menjadi wanita karir yang bisa menjadi salah satu wanita inspirasional di bidang yang akan saya tekuni nantinya.

Maka kenapa saya berada disini? Jelas menjadi Puteri Indonesia akan memberikan nilai-nilai baru untuk saya melalui pengalaman yang akan saya dapatkan. Dan melalui ini, saya rasa saya akan bisa memberikan influence kepada masyarakat yang berfokus pada tanggungjawab seorang Ibu yang juga seorang wanita karir. Saya akan banyak bertemu dengan orang yang menginspirasi saya dalam menjawab banyak pertanyaan serta keraguan mengenai a working mom yang dialami oleh generasi muda saat ini. Kami selaku generasi muda sadar bahwa tingkat ekonomi dan kemajuan standar taraf hidup, mengharuskan kami untuk menjadi wanita yang mandiri.

Maka dari itu tujuan saya mengikuti Puteri Indonesia adalah untuk mengembangkan informasi serta pengetahuan mengenai a working mom, dan jangka panjangnya, saya bermimpi untuk membuat suatu organisasi yang mampu mewadahi seluruh a working mom yang ada di Indonesia untuk terus berbagi kepada sesama mengenai segala hal yang berhubungan dengan perkembangan buah hati mereka. Hingga terbentuklah wanita-wanita berpower di Indonesia, Aamiin

4. Pengalaman paling berkesan & menyentuh (selain menjadi Finalis Puteri Indonesia):

Sebenarnya banyak pengalaman yang berkesan selama ini, namun yang saya masih rasakan ialah kesempatan saya untuk mengunjugi Baitullah dengan keluarga saya. Kesempatan yang belum tentu setiap orang bisa dapatkan.

Sebelum memulai tahun ini, saya dan keluarga Alhamdulillah melaksanakan Ibadah Umroh. Dimana ibadah ini sudah sangat lama saya nantikan. Tidak banyak yang ingin saya sampaikan disini, yang sudah pasti keberadaan saya disana tidak dapat digantikan dengan segala momen lainnya. Saya mendekatkan diri kepada Allah SWT, bersyukur dengan apa yang telah saya dapatkan selama ini, dan saya berserah diri seutuhnya kepada Allah.

Kepergian saya ke tanah suci membuka pandangan saya lebih luas lagi, bahwa sebenarnya segala sesuatu di dunia itu sudah di atur oleh-Nya, kita sebagai manusia hanya menjalankan apa yang sudah di tentukan oleh Allah SWT, hanya saja yang membedakan adalah usaha. Jika kita usaha lebih giat, sudah pasti Allah juga akan memberikan nikmat sepadan dengan apa yang kita lakukan. Maka dari itu, saya tahu, bahwa segala sesuatu sudah ada hasilnya, hanya saja kita harus terus berusaha agar hasilnya semaksimal mungkin. Apa yang saya usahakan dan korbankan sekarang pasti akan membuahkan hasil terbaik di jalah Allah SWT. Aamiin..

dki3-5

5. 5 Fakta Unik tentang kamu:

• Mungkin orang akan mengira bahwa saya adalah pribadi yang tidak mungkin naik kendaraan umum. namun hal itu salah besar hahaha. Melihat kepadatan Jakarta yang tidak dapat diprediksi, sejak kuliah saya lebih suka naik kendaraan umum dilanjutkan dengan jalan kaki. Menggunakan kendaraan umum, selain murah juga lebih cepat sampai tujuan dibanding nyetir mobil sendiri. Makanya untuk beberapa occasion yang gak mengharuskan saya dress up saya lebih memilih naik TransJakarta dan juga Bus Kota keberhasilan sebuah Negara adalah ketika rakyatnya mau menggunakan kendaraan umum daripada mobil pribadinya sendiri.

• Saya takut dengan kucing, hahaha karena memang saya sejak kecil tidak bisa diam hingga pernah suatu saat ketika saya 3 tahun saya menarik buntut kucing, yang mengakibatkan kucing tersebut mencakar tangan saya hingga luka cukup dalam. Semenjak itu saya sangat menghindari kucing hingga sekarang hahaha.

• Saya tidak suka Alpukat, tidak tahu apa penyebabnya tapi saya tidak pernah memakan alpukat. Menyium baunya saja saya tidak suka hehehe.

• Saya terbiasa kalau tidur menggunakan daster.

• Bibir saya bisa membentuk Love, dan lidah saya bisa membentuk bunga hahaha.

Sumber foto : Instagram Niken
Terima kasih kepada Yayasan Puteri Indonesia atas kesempatan interviewnya

(is)