It’s Me: Interview Puteri Indonesia Banten 2016

belda

Belda Amelia, calon dokter yang berkeinginan melanjutkan spesialissai ilmu kedokteran kulit dan kelamin. Belda memiliki bakat di bidang tari. Ia dan timnya memiliki segudang prestasi menjuarai kompetisi tari Saman baik Nasional hingga international. It’s me, Belda:

1. Biodata:

Nama Lengkap/ Panggilan: Belda Amelia / Belda
Tempat / Tanggal lahir : Jakarta, 5 Juli 1995
Tinggi badan : 173 cm
Zodiak/Shio : Cancer / Babi
Hobby : Menari, Membaca, Olahraga, Main gitar
Prestasi :

– Best Performance at International Yesilkoy Folk Dance Festival, Turkey 2011
– Winner of Saman Fest National Competition 2011
– Winner of Saman Dance Competition at SMA 8 Jakarta 2011
– Winner of Saman Dance Competition at Anjungan TMII 2010
– Winner of Saman Dance Competition at Anjungan TMII 2011
– Winner of Saman Dance Competition at Anjungan TMII 2012
– 1st Runner Up Rapa’i Geleng at Anjungan TMII 2011
– Winner of Saman Dance Competition at SGU University 2011
– 2nd Runner Up of Saman Dance Competition at Bynamic Fest 2011
– 1st Runner Up of Saman Dance Competition at SMA Labschool Kebayoran 2012
– 2nd Runner Up of Dance Competition at DBL Banten series 2011
– 2nd Runner Up of Traditional Dance (Nandak Ganjen) Banten Province 2012
– 2nd Runner Up of Saman Dance Competition at Bulungan Cup 2010
– Winner Saman Dance Competition at Don Bosco 2011
– 1st Runner Up of Saman Dance Competition at SMA Pembangunan Jaya 2011
– Winner of Saman Dance Competition at SMAN 47 Jakarta 2012
– Winner of Saman Dance Competition at SMAN 90 Jakarta 2012
– Nilai UN SMA tertinggi dalam pelajaran Bahasa Inggris
– Winner of Marching Band as Majorette, Surabaya 2004
– 1st Runner Up of Speech Contest, Surabaya 2004
– Paskibra SMA Islam Al-Azhar BSD 2011
– Semi finalist Gogirl Look 2011 and 2015
– 2nd Runner Up Traditional Dance Competition at Trisakti University 2015
– Participants of Musical Drama E-motions : A journeys through movements, Jakarta 2011
– Participants of Musical Drama Roedjak Tjingur, Jakarta 2015
– Puteri Indonesia Banten 2016

belda-3

 

2. Wisata Kuliner daerah kamu dan Oleh-oleh Kuliner dari daerah kamu :
– Laksa Tangerang
– Sate Bandeng
– Rebeg khas Serang
– Kue jojorong

3. Ceritakan siapa diri kamu:

Nama Saya Belda Amelia biasa dipanggil Belda, Saya lahir di Jakarta pada tanggal 5 Juli 1995. Saya anak ke-2 dari 2 bersaudara, Kakak Saya bernama Aditya Pradipta. Ayah Saya bernama drs. Busrah, SH. M.Hum dan Ibu Saya bernama Cetho Handriyati, SH. Sejak SD hingga SMA Saya bersekolah di Al-Azhar Bumi Serpong Damai. Dari SMP hingga SMA Saya sudah tertarik untuk mengikuti organisasi yaitu, OSIS dan PASKIBRA pada tahun 2010, walaupun hanya tingkat sekolah tetapi Saya sangat bangga karena dipercayakan untuk menjadi pembawa baki bendera merah putih, dimana posisi tersebut sangat penting dalam suatu pasukan pengibar bendera. Kemudian Saya melanjutkan studi saya di Universitas Trisakti jurusan Kedokteran pada tahun 2013 hingga saat ini.

belda-2

4. Pengalaman paling berkesan & menyentuh (selain menjadi Finalis Puteri Indonesia)

Pengalaman Saya yang paling menarik dan berkesan adalah saat Saya dan tim tari sekolah Saya dipercayakan untuk mewakili Indonesia dalam Festival Budaya di Yesilkoy, Turkey. Latihan dan persiapan yang kami lakukan cukup lama yaitu 3 bulan, dalam waktu 3 bulan kami harus dapat menarikan beberapa tarian daerah diantaranya Tari Nandak Ganjen dari Betawi, Tari Tifa dari Papua, Tari Piring dari Padang, Tari Saman dari Aceh dan Tari Glipang dari Jawa Timur.

Sesampainya di Turkey, jadwal kami sangat padat selain lomba, ada beberapa penampilan seperti di kedutaan dan parade di sekitaran Yesilkoy. Festival budaya ini diikuti lebih dari 20 negara dan disiarkan langsung di Televisi. Saat kami memenangkan Best Performance, nama Indonesia menjadi sangat terkenal dan menjadi negara yang penampilannya paling ditunggu-tunggu. Apresiasi terhadap seni budaya musik dan tari disana pun sangat tinggi. Tepuk tangan untuk Indonesia selalu yang paling keras. Hal ini yang membuat Saya makin bangga dan cinta dengan kebudayaan Indonesia, karena diantara negara lain, Indonesia adalah negara dengan pendukung terbanyak, mereka menyukai dan mengakui bahwa seni tari dan musik Indonesia sangat unik dan indah.

Hal yang berkesan saat di Turkey adalah ketika kami sedang pergi untuk membeli oleh-oleh, saat itu kami tidak sedang memakai pakaian tari atau atribut yang berlambangkan Indonesia, tapi diantara mereka banyak yang mengenali wajah kami dan banyak yang meminta untuk foto bersama dan memuji tarian yang kami bawakan, bahkan beberapa diantara mereka bertepuk tangan saat kami lewat.

Sepulangnya Saya dari Turkey, banyak hal yang Saya dapatkan disana. Saya semakin cinta dan bangga dengan Indonesia. Saya semakin mandiri, bertanggung jawab dan tepat waktu. Dikarenakan saat disana untuk urusan penampilan mulai dari make up sampai memakai kostum dilakukan sendiri.

belda-1

5. 5 Fakta Unik tentang kamu :

1. Saya pengoleksi boneka Barbie yang sampai sekarang jumlahnya sudah ratusan, bahkan Saya membeli 1 boneka barbie dalam ukuran manusia.
2. Sewaktu kelas 4 SD Saya diharuskan pindah ke Surabaya dikarenakan orang tua yang dipindah tugaskan, dan setahun kemudian Saya kembali lagi ke Jakarta sendiri. Dari kelas 5 SD hingga SMP kelas 2 Saya tinggal di Jakarta hanya dengan asisten rumah tangga. Selama sendiri dimasa yang terbilang masih sangat muda mengharuskan Saya untuk menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab, sehingga sampai sekarang Saya terbiasa menjadi mandiri.
3. Saya pertama kali menari tarian daerah pada saat duduk di bangku Taman Kanak-kanak dan tarian yang Saya bawakan adalah Tari Kipas Makassar.
4. Sewaktu Saya di Surabaya, Saya pernah mengikuti Cak dan Yuk Lamongan, Surabaya. Walaupun Surabaya bukan kota kelahiran Saya, tetapi Saya berhasil mendapat juara favorit.
5. Setelah Saya lulus sarjana, Saya ingin sekali melanjutkan program studi Saya dan mengambil Ilmu Kedokteran Kulit dan Kelamin.

Sumber foto : Instagram Belda
Terima kasih kepada Yayasan Puteri Indonesia atas kesempatan interviewnya

(is/ay)

Comments

comments