Inilah 10 Film Terbaik “Alumni” Puteri Indonesia Yang Harus Kalian Tonton

Mengisi libur panjang semenjak hari raya idul fitri 1438H, ditambah libur bersama dan liburan anak sekolahan. Bagi IP friends yang ingin mengusir rasa jenuh dan suntuk dirumah, tidak ada salahnya merilekskan diri kalian dengan menonton film-film terbaik Indonesia.

Indonesian Pageants sudah mencatat ada 10 film terbaik “alumni” Puteri Indonesia, termasuk yang baru menjabat dari berbagai angkatan, mulai dari film dengan genre drama, komedi, horor dan action. Para alumni Puteri Indonesia tersebut tidak hanya jago berjalan dicatwalk dan photoshoot saja, tapi akting mereka terbayarkan dengan masuk nominasi diberbagai perfilman tanah air dan meraih box office dengan jumlah penonton terbanyak.

Berikut 10 Film Terbaik Alumni Puteri Indonesia Yang Harus Kalian Tonton

1. Karina Nadila Puteri Indonesia Pariwisata 2017

Mantan mengisahkan seorang kolumnis majalah percintaan bernama Adi (Gandhi Fernando) yang sudah bertunangan, tapi pergi mengunjungi lima mantan pacarnya sebelum menikah, Ella (Ayudia Bing Slamet) di Bandung, Frida (Karina Nadila) di Yogyakarta, Juliana (Kimberly Ryder) di Bali, Tara (Luna Maya) di Medan, dan Deedee (Citra Scholastika) di Jakarta. Apakah pertemuan dengan mereka cukup untuk Adi benar-benar yakin menikahi tunangannya? atau adakah salah satu dari mereka yang ternyata sebenarnya soulmate-nya,

Dalam film terbarunya tersebut Nina mengeluarkan kemampuan aktingnya yang sangat berbeda dari film-film sebelumnya. Berperan sebagai wanita PSK mempunyai tantang tersendiri dan peran ini sudah lama diimimpikan nya.

“Banyak peran yang sudah ku mainkan, tapi peran sebagai PSK adalah mimpiku sejak dulu” jawab wakil Indonesia di Miss Supranational 2017.

2. Alessandra Usman Puteri Indonesia Pariwisata 2010

I Am Hope dibintangi Fachry Albar, Tatjana Saphira, Tio Pakusadewo, Alessandra Usman, Feby Fabyola, Ine Febrianti, Ariyo Wahab, Sophia Latjuba, Hamish Daud, Prisia Nasution, Kelly Tandiono, Shaloom Syahreza, Fauzi Baadila, Sandra Dewi dan Barli Asmara.

I Am Hope menceritakan tentang Mia (Tatjana Saphira), seorang gadis yang divonis terkena kanker. Meski sakit, ia tetap ingin mewujudkan impiannya untuk membuat sebuah teater, Mia tidak sendiri ia selalu ditemani sang sahabat bernama Maia (Alessandra Usman).

Sebagian dari hasil penjualan tiket di sumbangkan ke yayasan-yayasan kanker yang ada di Indonesia melalui gerakan Bracelet of Hope (Gelang Harapan) tayang pada tanggal 18 Febuari 2016 bertepatan dibulan yang sama memperingati hari kanker sedunia 4 Februari.

3. Diana Maharani Puteri Indonesia 2016 DKI 4

I Leave My Heart in Lebanon. Film ‘Garuda 23’ akan menceritakan tentang kisah Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang mengemban tugas untuk menjaga perdamaian di Negara Lebanon. Dan cerita akan berfokus pada Kapten satria (Rio Dewanto), Serka Gulamo (Boris Bokir dan Lettu Arga (Yama Carlos).

Dalam film tersebut Diana Maharani berperan sebagai isteri Lettu Arga (Yama Carlos). Film ini juga dibintangi Rio Dewanto, Yama Carlos, Boris Bokir, Revalina S Temat, Baim Wong, Deddy Mizwar, Tri Yudiman dan Jowy Khoury aktris asal Lebanon, 15 Desember 2016.

4. Putri Ayudya Top 10 dan Puteri Indonesia 2011 Intelegensia 2

Bangkit! mengisahkan bencana yang terjadi di ibu kota indonesia yakni Jakarta, bencana tersebut adalah efek samping yang ditimbulkan dari badai musim dingin yang melanda negara yang berada di Asia, dan juga badai musim panas yang melanda negara dibagian Eropa, menyebabkan tingginya curah hujan yang terjadi di indonesia terutama Jakarta hingga menjadi bencana banjir.

Banjir disebabkan oleh rusaknya pintu air katulampa dan juga manggarai yang menyebabkan air tak dapat dikendalikan dan menjadi sebuah banjir, membuat penduduk Jakarta dan sekitarnya kesulitan untuk keluar dari bencana tersebut.

Mengambil lokasi syuting Bogor, Bandung, Purwakarta dan Jakarta. Salah satu lokasi syuting di Jakarta, dilakukan didaerah Tanjung Priok. Pengambilan gambar berlangsung selama 60 hari, termasuk lama untuk proses syuting film Indonesia.

“Proses shooting berjalan lancar. Penuh tantangan, pasti. Baik secara fisik maupun pendekatan karakter. Hal ini menguji stamina dan endurance fisik serta mental all cast and crew” jawab Putri via DM

Dalam film Bangkit!, Putri berperan sebagai Indri, istri dari Addri (Vino G Bastian) tim SAR, ibu dua anak (Yasamin Jasem dan Andriyan Bima). Karakter yang dimainkan sangat mewakili sebagai perempuan, istri, dan seorang ibu. Selain itu ada Acha Septriasa dan Dave Mahenra, yang bermain dengan total dan sangat kooperatif selama proses syuting, ini terbantu dari sutradara peraih piala citra (Sang Kiai), Rako Prijanto. Film Bangkit! akan tayang 28 Juli 2016.

5. Rahma Landy Puteri Indonesia Pariwisata 2006

Hantu Rumah Ampera dibintangi Ben Joshua, Nadila Ernesta, Rahma Landy, Meity Josefina, Nani Tandjung, Tantry Namirah, disutradarai Rudy Soedjarwo dan rilis 9 July 2009

Mengisahkan tentang sebuah Musik Box hadiah dari Adit (Ben Joshua), Annisa (Rahma Landy) tersenyum sendiri mengingat janji yang diucapkan Adit kepada dirinya sebelum Adit melanjutkan studi di London. Adit kemudian berhubungan dengan wanita lain bernama Lulu dan Annisa mengetahuinya. Karena penasaran Annisa selalu membuntuti kemana pun Adit pergi.

Adit dan Ibunya baru saja membeli sebuah rumah yang ternyata sering menampakkan hantu wanita. Seorang nenek paranormal yang juga tetangga mereka, memberitahu bahwa Adit telah melakukan kesalahan pada masa lalunya. Adit pun teringat pada Annisa dan akhirnya meninggalkan Lulu. Lulu (Nadila Ernesta) yang tidak terima kenyataan bahwa Adit mengingkari janjinya untuk sehidup semati bersamanya, berusaha melakukan bunuh diri.

6. Maria Fransisca  Top 10 Puteri Indonesia 2014

Silet di Belantara Digoel Papua diangkat dari kisah nyata, film ini terinspirasi dari sebuah buku berjudul Papua: Sebuah Fakta dan Tragedi Anak Bangsa yang didalamnya terdapat kisah nyata pengalaman seorang dokter di pedalaman Boven Digoel Papua yang melakukan operasi caesar menggunakan silet.

Dalam film tersebut Maria berperan sebagai bidan Anthoneta, beradu akting dengan aktris peraih piala Citra Festival Film Indonesia Pemeran Utama Wanita Terbaik Cinta Pertama (1974) Sesuatu yang Indah (1977) Pengemis dan Tukang Becak (1979) Di Balik Kelambu (1983) Kerikil-Kerikil Tajam (1985) Tjoet Nja’ Dhien (1988) Christine Hakim, Joshua Matulessy atau yang lebih dikenal dengan nama JFlow, Edo Kondologit dan 1st runner up Miss Indonesia 2014 Ellen Rachel Aragay.

Disutradarai oleh FX Purnomo yang merangkap sebagai penulis skenario dan dr. John Manangsang sebagai produser dan ide cerita. film ini tayang 9 Februari 2017.

7. Nadia Mulya 1st runner up Puteri Indonesia 2004

Andai Ia Tahu menceritakan produser televisi ganteng Rio Danisworo (Marcell Siahaan) terjebak dalam sebuah lift yang macet bersama penulis muda cantik Renata Adiswara (Rachel Maryam). Bukannya panik, mereka malah saling kesetrum. Namun karena terburu-buru menghadiri pertemuan, Roi hanya sempat bilang akan jumpa lagi di lobby gedung. Lama menanti dan tak kunjung datang membuat Renata meninggalkan lobby. Ternyata pertemuan kebetulan membuat mereka saling penasaran dan berusaha mencari tahu.

Andai Ia Tahu dibintangi Rachel Maryam, Marcell Siahaan, Nadia Mulya, Melanie Sadono, Priscilla Camelia, Harry Panca, Alex Abbad, disutradarai Indra Yudhistira dan rilis 19 Desember 2002.

 

8. Ayu Pratiwi Puteri Indonesia Pariwisata 2009

Sebelum terpilih sebagai Puteri Indonesia Pariwisata 2009 dibulan 9 Oktober 2009, Ayu sudah terlebih dahulu terjun kedunia perfilman Indonesia. 12 November 2009 Ayu merilis film Emak Ingin Naik Haji.

Selain Ayu film ini dibintangi Aty Cancer, Reza Rahadian, Didi Petet, Niniek L Karim, Aswin Fabanyo, Henidar Amroe, Cut Memey, Helsi Herlinda, Jefri Al Bukhori, Adenin Adlan, Gagan Ramdhani, Alexia, Genta Windi dan Dedi Maulana. Diangkat dari cerita pendek karangan Asma Nadia serta disutradarai oleh Aditya Gumay.

Di usianya yang sudah lanjut, Emak (Aty Cancer) sangat menginginkan dapat menunaikan ibadah haji. Sayangnya, dengan pendapatannya sebagai penjual kue dan pemberian anaknya, Zein (Reza Rahardian), yang penjual lukisan keliling, Emak tidak memiliki biaya untuk mewujudkan keinginannya. Di tengah keadaannya, Emak tidak putus asa. Ia menabung uangnya ke tabungan haji di bank. Sementara, tetangga Emak yang kaya raya sudah beberapa kali menunaikan haji, apalagi pergi umroh. Di tempat lain ada orang berniat menunaikan haji hanya untuk kepentingan politik. Walaupun begitu, Zein berusaha mewujudkan keinginan Emak dan hampir putus asa.

Emak Ingin Naik Haji mendapatkan enam nominasi Festival Film Indonesia 2009, termasuk tiga kategori akting, Pemeran Pria Terbaik untuk Reza Rahadian, Pemeran Wanita Terbaik untuk Aty Kanser dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik untuk Ayu Pratiwi.

9. Duma Riris Silalahi Puteri Indonesia Lingkungan 2007

The Tarix Jabrix 2 dibintangi The Changcuters, Joanna Alexandra, Judika, Ramon Y. Tungka, Cecep Reza, Sellen Fernandez, Duma Riris Silalahi, Chantiq Schagerl dan Umay Shahab. Disutradarai Iqbal Rais dan rilis 2 Juli 2009

Mengisahkan tenang Gang The Tarix Jabrix telah menyelesaikan SMA. Mereka nyaris dipisahkan oleh Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN). Cacing mengusulkan agar The Tarix Jabrix hijrah dan kuliah bersama di Jakarta, dan mereka pun sepakat, minus Dadang yang harus tetap di Bandung membantu ayahnya, Pak Rohim (Sellen Fernandez) di bengkel SUGEMA yang baru pindahan

Awalnya The Tarix Jabrix begitu menggebu-gebu untuk menikmati sensasi kuliah di Jakarta, kota metropolitan. Namun kondisi Ibu Kota yang hiruk pikuk, panas, macet dan penuh polusi membuat The Tarix Jabrix bête. Lewat ide Cacing, mereka menjual motor dan membeli mobil.

Motor pun ditinggalkan, dan saat Cacing dkk menggunakan mobil ke kampus, rasa percaya diri mereka sedikit terangkat. Ciko dan Coki pun kini punya kecengan, kembar pula (Winda Agustini Putri dan Winda Agustina Putri). Sedangkan Cacing yang kemarin-kemarin dirudung kesedihan karena Callista (Carissa Puteri) kuliah di London, bertemu dan terpincut pesona Milinka (Joanna Alexandra)

Pergaulan baru Cacing, Ciko & Coki menyeret mereka pada kasus khas ibu kota, penculikan. The TARIX JABRIX juga menghadapi permasalahan dari dalam, Mulder yang terjerumus ke arena balapan liar dengan pesaingnya, Valent (Ramon Y Tungka).

10. Raline Shah Top 5 dan Puteri Indonesia 2008 Favorite

Pernikahan Arini (Laudya Cynthia Bella) dan Pras (Fedi Nuril) mendatangkan kebahagiaan dengan hadirnya Nadia, putri mereka. Pras yang baik dan setia selalu menenangkan Arini. Berbagai kisah perselingkuhan di sekelilingnya, termasuk sahabat dekatnya, tidak sekalipun mengusik kepercayaan Arini terhadap sang suami. Arini pun berusaha mengabdikan diri sepenuh hati sebagai ibu dan istri.

Perjalanan takdir kemudian berujung ujian bagi cinta Arini dan Pras. Suatu hari, dalam perjalanan menuju kantor, Pras harus menolong korban yang mengalami kecelakaan mobil. Alangkah kagetnya Pras saat mengetahui korbannya adalah seorang perempuan dalam balutan baju pengantin.

Mei Rose (Raline Shah) berusaha bunuh diri setelah laki-laki yang berjanji menikahi ternyata menipunya. Padahal di perutnya ada janin berusia tujuh bulan. Mei Rose berhasil diselamatkan, namun mengalami koma, sementara anak laki-lakinya, Akbar, lahir dengan selamat.

Pras semakin hari semakin merasa bersalah pada Arini. Saat Pras berusaha menceritakan poligaminya pada Arini, ayah Arini meninggal. Suasana semakin berat bagi Pras saat mendengar pengakuan ibu Arini kalau ayahnya juga poligami. Demi kebahagiaan Arini, ibu merahasiakan poligami ayahnya dan ikhlas menerima takdirnya. Dan puncaknya Mei Rose mundur dari kehidupan Pras.

Film Surga yang Tak Dirindukan dibintangi Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella dan Raline Shah, diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Asma Nadia, disutradarai Kuntz Agus dan dirilis perdana pada tanggal 15 Juli 2015. Film tersebut meraih box office tahun 2015 dengan jumlah 2 juta penonton.

Surga yang Tak Dirindukan mengantarkan para pemain dan para pendukung film meraih berbagai nominasi dan penghargaaan perfilman di Indonesia, diantaranya yaitu ;

Festival Film Indonesia 2015
Nominasi Piala Citra untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Raline Shah)
Nominasi Penulis Skenario Adaptasi Terbaik

Festival Film Bandung 2015
Nominasi Film Terpuji
Winner Pemeran Utama Wanita Terpuji (Laudya Cynthia Bella)
Winner Pemeran Pembantu Wanita Terpuji (Raline Shah)
Nominasi Penata Musik Terpuji
Nominasi Penata Kamera Terpuji
Nominasi Penata Editing Terpuji

Piala Maya 2015
Nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik (Laudya Cynthia Bella)

Indonesian Movie Actor Awards 2016
Nominasi Film Terfavorit
Nominasi Pemeran Anak-anak Terbaik

Piala Maya 2015
Nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik (Laudya Cynthia Bella)

i-Cinema Awards 2015
Nominasi Aktris Utama Terbaik (Laudya Cynthia Bella)
Nominasi Penata Artistik Terbaik
Nominasi Lagu Tema Terbaik
Winner Film Terfavorit
Winner Pemeran Pria Terfavorit (Fedi Nuril)
Nominasi Pemeran Wanita Terfavorit (Raline Shah)
Winner Pemeran Wanita Terfavorite (Laudya Cynthia Bella)
Winner Pasangan Terfavorit (Fedi Nuril & Laudya Cynthia Bella)

Indonesia Box Office Movie Awards 2016
Winner Film Box Office Terbaik
Winner Pemeran Utama Pria Terbaik (Fedi Nuril)
Winner Pemeran Utama Wanita Terbaik (Laudya Cynthia Bella)
Nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik Tanta Ginting
Winner Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Raline Shah)
Nominasi Pemeran Sutradara Terbaik
Nominasi Penulis Skenario Terbaik
Nominasi Poster Film Terbaik
Nominasi Trailer Film Terbaik
Nominasi Behind the Scene Terbaik
Winner Original Soundtrack Terbaik ”Surga yang Tak Dirindukan” cipt. Melly Goeslaw
Nominasi Ensemble Talent Terbaik

Piala Antemas 2016
Winner Film Terlaris 2015-2016 Surga yang Tak Dirindukan

So film liburan dari Puteri Indonesia mana yang akan kalian tonton?

Penulis ; Irwansyah

Comments

comments