Indonesian Box Office Movie Awards 2016 Ajang Penghargaan Terbaru Bagi Dunia Perfilman Indonesia

IBOMA
Satu lagi ajang bergengsi perfilman Indonesia hadir untuk memberikan penghargaan kepada pelaku industri film Indonesia, diprakarsai oleh stasiun televisi sctv yaitu Indonesian Box Office Movie Awards 2016 diangkat IBOMA.

Press conference berlangsung pada hari selasa (8/3) digedung sctv tower, hadir pihak penyelenggara sctv, produser film, aktor dan aktris.

Chand Parwez Servia (Starvision), Manoj Punjabi (MD Entertainment), Ody Mulya Hidayat (Maxima Picture), Wicky V. Olindo (Screenplay Picture), Agung Saputra (Tujuh Bintang Sinema), Federica (Falcon Picture) dan Dewi Latif (Soraya Intercine). Dari deretan aktor dan aktris yang hadir ada Nino Fernandez, Aliando, Abimana Aryasatya, Hannah Al Rasyid, Ernest, Raditya Dika, Indro, Amel Carla.

“Film yang menang difilm festival sering terjadi film itu tidak dikenal oleh para penonton ” jawab Chand Parwez Servia produser film dari rumah produksi Starvision.

Di prescon tersebut Indro satu-satunya personel Warkop yang tersisa menuturkan, seandainya IBOMA diadakan sejak dahulu ada kemungkinan film Warkop yang selalu box office akan menjadi pemenangnya.

“Kalau ga dari dulu dibuat IBOMA saya yakin film warkop winnernya” jawab Indro personel warkop dengan nada tertawa.

Indonesian Box Office Movie Awards 2016 adalah penghargaan kepada insa perfilman Indonesia, yang mana akan dipilih 10 film terlaris sepanjang tahun, dari 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2015, dari ratusan film yang masuk akhirnya dipilih 10 film terlaris sepanjang tahun yang masuk nominasi diantaranya ada Air Mata Surga, Surga Yang Tak Dirindukan, Comic 8 Kasino King part1, Magic Hours, 3 Dara, Dibalik 98, Ngenest, Single, Negeri Van Oranje dan Bulan Terbelah Dilangit Amerika.

Dari 10 film terlaris tersebut akan dipilih 17 nominasi yaitu:
1. Film box office terlaris tahun ini
2. Film box office terbaik
3. Pemeran utama pria terbaik
4. Pemeran utama wanita terbaik
5. Pemeran pendukung pria terbaik
6. Pemeran pendukung wanita terbaik
7. Sutradara terbaik
8. Penulis terbaik
9. Pendatang baru pria terbaik
10. Pendatang baru wanita terbaik
11. Poster film terbaik
12. Trailler film terbaik
13. Behind the scene terbaik
14. Produser film tahun ini
15. Original soundtrack terbaik
16. Ensemble talent terbaik
17. Aktor/Aktris terlaris tahun ini

Kesepuluh film dengan 17 nominasi tersebut dinilai oleh 7 dewan juri dari kalangan industri film Indonesia, ada Whulan Guritno, Vino G Bastian, Guntur Soeharjanto, Monty Tiwa, Roy Lolang, Cesa David Luckmansyah dan Avesina Soebli.

Sementara itu bagi para alumni pelaku pageants Indonesia, ada 3 film mereka yang masuk nominasi yaitu Raline Shah dengan film Surga Yang Tak Dirindukan, Elvira Devinamira melalui film Single, Melayu Nicole dan Marisa Sartika Maladewi dalam film 3 Dara.

Sebagai dewan juri di IBOMA 2016 Wulan Guritno mengaku banyak mendapatkan pelajaran dari beberapa aktor, sutradara dan produser film, apalagi dibulan Februari 2016 Wulan baru merilis film mengenai kanker I Am Hope.

Walaupun kurang meraih box office namun dalam pesan yang ingin disampaikan kemasyarat sudah banyak yang peduli akan masalah kanker.

Ditanya mengenai pujiannya kepada Alessandra Usma, Puteri Indonesia Pariwisata 2010 yang berperan sebagai Maia, disalah satu postingan akun instagramnya, Wulan sempat memuji Alessandra sebagai the next Natalie Portman.

“Bagi saya dia adalah pemain berkarakter, bisa dilihat aktingnya di I Am Hope, walaupun awalnya pekerja kantoran, tapi kita lihat perkembangan kedepannya karena saya lihat dia enjoy difilm” jawab ibu dari tiga orang anak, suami sutradara Adilla Dimitri.

Indonesian Box Office Movie Awards 2016 akan digelar untuk pertama kalinya pada hari kamis 17 Maret 2016 dengan diisi hiburan musisi yang menyanyikan nominasi soundtrack, seperti Shandy Shandoro yang akan menyanyikan ‘Negeri Van Orange’, Ridho Rhoma ‘Bulan Terbelah Dilangit Amerika’, Saint Loco ‘Dibalik 98’, Aliando dan Prilly Latuconsina ‘Air Mata Surga’ dan Citra Scholastika ‘3 Dara’.

(is)