Honai Cantik Bawa Mimpi Wanita Papua di Tingkat Nasional dan International

puteri-1

Honai Cantik adalah lembaga dan tempat untuk belajar mengenai kecantikan, kepercayaan diri dan mengasah kemampuan menjadi seorang wanita yang lebih baik dan bisa membanggakan daerahnya baik diajang nasional dan International.

Press conference Honai Cantik dilangsungkan hari minggu (4/9) bertempat di Wannal Coffee & Resto, Timika, Papua. Dalam pembukaan dimulai dengan pemukulan Tipa alat musik Papua oleh Ibu Yohanna A.B. Arwam (Sekretaris Pendidikan Menengah) dilanjutkan kata sambutan oleh Bapak Alo Rafra (Tokoh Masyarakat), dalam kata sambutannya Bapak Alo merasa bahwa 20 tahun lahirnya kota Timika belum banyak perubahan dalam pembangunan, terutama kaum wanita Papua.

Turut hadir Ibu Maya dan Silas Natkime (Pt. Freeport Indonesia) Metta Rizki Amalia (Ibu Wakapolres Timika) Tien Wabes Waroy STH ( Sekretaris Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak & KB) Since Monim, S.Sos.M.Si (Kepala Bidang Pertahanan Keluarga) dan Yohanna Kamesrar (Perwakilan Wanita) dipandu host Yullex Sawaki.

honai-cantik-8

Tujuan dibentuknya Honai Cantik oleh Berti Manurung berawal keinginannya ingin memajukan tanah Papua, ia menikah dengan pria bernama Rey Manurung asal Timika. Kisah cinta mereka berawal saat menempuh kuliah di Bandung. Cinta mereka bersemi kepelaminan, dan bulan madu dihabiskan di tanah Papua.

Disana Berti melihat Timika masih tertinggal dari daerah lain, banyak pelajar yang tidak bisa membaca dan tidak memakai sepatu saat bersekolah. Saat pulang dari sana ia membawa 2 orang anak Papua yang sampai sekarang menjadi anak asuhnya. Kenangan 13 tahun itu membawanya kembali untuk membangun wanita Papua untuk bisa mengejar mimpinya, tidak hanya mentok di Top 10, Top 5 dan runner up 2 saja diajang beauty pageants Nasional.

Dengan mengandeng Untung Muliana dari Queen Maker, keduanya menyatukan sinergi, suatu saat ada wanita Papua yang bisa meraih juara pertama diajang kecantikan nasional maupun internasional. Tidak hanya wanita saja, bagi para pria bisa juga mendapatkan pengetahuan dan kepercayaan diri, untuk bertemu orang-orang dari berbagai daerah.

Usai press conference Honai Cantik dilanjutkan acara fashion show dari kelima Beauty Queen Indonesia Annisa Ananda Nusyirwan Miss Earth Indonesia 2014, Yolanda Remetwa Miss Grand Indonesia 2015, Ivhanrel Sumirah Miss World University Indonesia 2016, Evan Lysandra Puteri Indonesia Jawa Barat 2016 dan Maria Inez Sanchia Top 10 Haka Amoi Indonesia 2016. Kelimanya membawakan tiga busana karya Harry Ibrahim, Inez Colletion dan Batik Papua.

koh-untung

Kehadiran mereka menjadi bagaikan bintang di Timur Papua, apalagi Yolanda Remetwa mempunyai darah keturunan suku Kei dari sang ayah, suku Kei sendiri adalah suku yang cukup lama mendiami tanah Papua. Seringnya terjadi kerusuhan dan masuknya narkoba di Timika, Papua. Para Beauty Queen Indonesia membawa misi untuk merangkul anak-anak muda, baik wanita dan pria Papua, untuk maju bersama dengan melakukan kegiatan yang positif, supaya tanah Papua bisa lebih maju kedepannya bersama Honai Cantik.

(is)