Final Leaderboard: Puteri Indonesia 2017

Final Leaderboard Puteri Indonesia 2017 by indonesianpageants.com

BANNERPI17

PUTERI INDONESIA 2017 ini adalah edisi yang sangat kompetitif! Meski bukan edisi yang terbaik secara kecantikan wajah, namun persaingan terlihat sangat merata, sehingga menyenangkan dan menarik bagi kita untuk mengikuti prosesnya dari waktu ke waktu. Berikut beberapa catatan tentang pilihan IP di Leaderboard Puteri Indonesia 2017:

1. DKI JAKARTA 5

BUNGA JELITA IBRANI

Yang dinanti akhirnya datang juga! Berbekal pengalaman sebagai Finalis GADIS Sampul 2005, Juara 1 Gading Model Search 2005, Juara 1 Supermodel International 2011 dan Juara 1 GUESS South East Asia Models 2015, juga kesibukan sebagai catwalk dan foto model papan atas Indonesia, Bunga akhirnya tertantang ingin menjajaki hal baru, beauty pageant. Dengan pengalaman 12 tahun sebagai model professional, Bunga bisa dibilang kenyang dengan jam pemotretan dan juga modeling. Yess we know, Miss Universe sekarang tidak hanya berlatar belakang celebrity dan models, namun demikian semua percaya modal utama tetaplah fisik dan style untuk mencuri perhatian pertama. Sisanya harus diasah selama 1 tahun. IP percaya Bunga dengan niatnya dan pengalaman berkompetisi, akan berjuang sesuai kriteria MU, dan target Indonesia saat ini adalah lolos dari babak swimsuit.  Banyak yang percaya Bunga bisa mencapai hal itu. Penampilan konsisten selama karantina juga menjadi faktor utama. Dengan kematangan usia,  stage presence yang mumpuni serta sifat yang humble, dan sifat mau belajar, IP tetap memilih Bunga sebagai yang IP rasa paling siap ke Miss Universe.
*Miss Universe alert*

2. JAWA BARAT

KEVIN LILIANA

Ketika IP pertama kali bertemu di tahun 2012, IP langsung berujar, dia harus mengikuti Puteri Indonesia suatu waktu. Dimulai dari menjadi Finalis & Pemenang Persahabatan GADIS Sampul 2012, Kevin sudah mulai tertarik mengikuti Puteri Indonesia sejak 2014. Namun atas saran IP, Kevin diminta mengikuti Mojang Jajaka Kota Bandung 2015 untuk persiapan, dan berhasil meraih juara favorit dan juara kedua. Hingga akhirnya Kevin benar-benar mengikuti Puteri Indonesia 2017 dengan niat yang tinggi.
Bekal sebagai model catwalk dan duta wisata membentuk Kevin menjadi sosok yang luwes dalam bergaul, dan stand out saat karantina, baik di pemotretan, show, maupun event apapun. Tinggi dan proporsi tubuhnya pun cukup ideal. Aura bintang pun sudah ada (ada yang bilang seperti Desy Ratnasari versi jangkung, 174 cm). Semakin gemilang ketika meraih nominasi 3 besar Talent dan 3 besar National Costume.
Kevin akan mempesona sebagai Puteri Indonesia atau misal kelak public figure, namun masih harus memperkuat amunisi dibanding beberapa kontestan lain yang tampak lebih siap untuk go International. Namun tidak menutup kemungkinan dia akan mendobrak 3 besar, who kows? IP menempatkan Kevin di posisi ke-2 karena karakternya sangat cocok dengan Miss International. *Miss International alert*

3. NTT

KARINA NADILLA

Salah satu wish-list yang akhirnya terkabul untuk mengikuti Puteri Indonesia. Salah satu cita-cita Nina adalah mengikuti Beauty Pageant terutama Miss Universe. Dengan segudang pengalamannya sebagai aktris, bintang iklan dan model, wajah komersil Nina akan sulit dilupakan di Puteri Indonesia 2017 ini. Selama karantina, Nina memberikan penampilan yang maksimal. Aura di atas catwalk, national costume yang megah serta baju-baju yang stylish. Namun ia tetap menjadi Nina yang lucu dan apa adanya ketika waktunya bersantai.
Di persaingan ini, IP memberikan Nina posisi ke-3 dengan pertimbangan karakternya yang komersil, manis dan stylish, cocok untuk Miss Supranational. Namun tidak menutup kemungkinan Nina untuk mencapai posisi puncak. Well, anything could happen. *Possible to Miss Supranational or Miss Grand International, even Miss Universe*

TOP 6

4. KALIMANTAN TIMUR

GITUEN MIRACLINE SAMANTHA

Bersiaplah masyarakat Kalimantan Timur, waktu yang dinanti mungkin akan tiba di tahun ini. Mira bisa jadi akan memenuhi dahaga provinsi ini sebagai sosok yang bisa mengangkat ke tingkat atas prestasi di ajang Puteri Indonesia. Dara keturunan Dayak dan Sangir Talaud yang sudah menetap di Kalimantan Timur sejak 1997 ini adalah seorang dokter umum. Namun ternyata Mira punya prestasi lain yaitu di ajang kompetisi basket, peraih Top 10 Gading Model Search juga dibidang news reading. Yang menonjol dari Mira adalah auranya yang kuat, postur yang proporsional dan cukup fotogenic. Selain itu Mira mempunyai kecantikan alami yang tetap terpancar walau tidak menggunakan make up. Karakternya yang cenderung kalem tapi anggun dan wajah berciri khas ke arah oriental membuatnya berbeda. Saat karantina pun penampilannya selalu aman. *Possible elevated to Miss
International or even Miss Universe*

5. SUMATERA SELATAN

NUR HARISYAH PRATIWI

Caca termasuk yang juga sudah lama ditunggu untuk ikut Puteri Indonesia. Merupakan kontestan tertinggi dengan postur 183 cm! Sejak menjuarai Gadis Palembang 2014 lalu disusul Gadis Sriwijaya/Sumatera Selatan 2015, Caca sudah mengenyam banyak pengalaman penugasan sebagai duta wisata, menjadi public figure, aktif di berbagai kegiatan sosial dan organisasi, hingga aktif di bidang modeling.
Wajah ayu ditambah tubuh menjulang dan pengalaman yang segudang, merupakan modal Caca. Namun dibutuhkan kerja keras untuk lebih memantapkan potensinya agar bisa berkecimpung di pageant internasional. Caca harus lebih belajar mengeksplor kelebihan diri di social media, termasuk juga mencari atau mengeksplorasi ciri khas yang membuat orang ingat kepadanya.

6. SUMATERA UTARA

PUTRI MENTARI SITANGGANG

Pekerja keras, Sarjana Kedokteran ini pernah menjadi sales produk kosmetik ketika ayahnya dipensiunkan dini. Tari memukau dengan wajahnya yang fotogenik. Aura manis dan keteduhannya mengingatkan IP pada pendahulunya, Ariska Putri Pertiwi yang meraih Miss Grand International 2016.
IP memasukkan Tari ke Top 6, dengan salah satu kemungkinannya melalui jumlah vote yang sangat kuat. Namun demikian, Tari layak berada di posisi itu.

TOP 11

7. JAWA TENGAH

DEA RIZKITA

Salah satu Finalis dengan prestasi terkomplit di bidang pemilihan. Mulai dari menjuarai Duta Wisata Kab. Semarang & Provinsi Jawa Tengah, lalu meraih Top 10 di Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2015, Finalis Wajah Femina 2016 dan kini Finalis Puteri Indonesia 2017. Dea mempunyai background pendidikan dan kegiatan sosial yang bagus. Ia juga atraktif saat LIVE di socmed dengan para fans nya.
Dea bisa dibilang tinggal menunggu saatnya untuk ‘meledak’! Namun kontestan lainnya pun tidak kalah bagus, sehingga Dea baru sampai kondisi aman dalam hal apapun. Dea masih membutuhkan sesuatu yang special dan berbeda, semoga juri bisa melihat itu. Dengan public speaking yang diatas rata-rata kontestan lain, akankah Dea memikat juri di sesi deep interview? Let’s see…

8. SULAWESI UTARA

LUANA KENAP

Berdarah campuran Portugis, menguasai beberapa bahasa asing serta memiliki banyak bakat, merupakan modal Luana untuk eksis di ajang internasional. Yang perlu ditingkatkan dari Luana adalah, aura bintang nya serta mengakali kekurangannya. IP memilih Luana karena dukungan fansnya bagus untuk voting dan aura Internasional plus percaya diri yang baik.

9. DKI Jakarta 2

DITA FAKHRANA

When poise and grace meet bravery. Dara yang berprofesi sebagai pramugari ini, secara kasat mata terlihat anggun dan manis. Namun, ia ternyata cukup mahir dalam bidang olahraga ekstrim, salah satunya bela diri. Keunikan dirinya lah yang bisa membuat kejutan tersendiri. Who knows?

10. BALI

DEVINA BERTHA

Gadis manis dan tomboy ini punya sisi maskulin yaitu menekuni olahraga panjat dinding. Walaupun demikian, ia tetap memiliki sisi feminim. Devina memiliki usaha di bidang kuliner yaitu Kue yang sudah semi professional. Kelebihan Devina lainnya adalah pesona eksotika khas Gadis Bali yang membuat mata kita tertuju padanya. Pengalaman modeling sebagai Juara 3 Cantik Indonesia ini membuat kemampuan modeling Devina tidak perlu diragukan. Saran untuknya, hanya tinggal lebih ekspresif dan menonjolkan diri lagi. Tapi IP percaya Devina bisa menembus Top 11.

11. SUMATERA BARAT

PUJI CHEGANA

Dengan tinggi 176 cm dan mempunyai talenta di bidang modeling. Puji memberikan penampilan yang memuaskan sepanjang karantina. Penampilan Puji, sejak awal terpilih jujur saja mengingatkan IP pada kontestan asal Thailand atau Filipina. Dia sangat berpotensi untuk diasah lebih dalam lagi.
Satu momen yang membanggakan sekaligus mengharukan, Puji tetap berjuang dengan penuh ketegaran di dalam hatinya. Meski di hari ke-3 dikejutkan dengan kabar berpulangnya sang Ibunda, Puji hanya meninggalkan karantina selama 2 hari untuk kemudian langsung bergabung kembali. Tidak semua orang bisa seperti itu. Penampilan Puji bisa dibilang aman dan memuaskan, ditambah mendapat 1 nominasi Best National Costume.
Bukan karena simpati, bukan karena alasan sentimental, tapi kekuatan yang dimiliki Puji bisa menjadi contoh untuk kita semua. Rasa tanggung jawab yang begitu besar ditambah penampilan yang aman di karantina, membuatnya layak mendapat tempat.

Bubbling Up:

BANTEN

RATU VASHTI

Setelah mengalahkan mega favorit untuk mewakili Provinsi Banten, namanya melejit berkat latar belakangnya sebagai peraih double degree Sarjana Ilmu Sosial dan Bachelor of communications dari Universitas Indonesia dan University of Queensland. Jangan lupa, ia juga adalah Best Delegation National Model United Nations, Washington DC 2014. Prestasi yang bukan main main di bidang pendidikan dan organisasi. Kefasihannya berbahasa Inggris juga merupakan modal yang besar. Vashti yang terkesan kalem dan anggun ini memiliki tinggi 172 cm dan kulit sawo matang yang eksotik.

JAWA TIMUR

FATMA AYU

Cerdas dan multitalenta. Menjadi Sarjana Hukum di usia 20 tahun, meraih banyak prestasi di berbagai bidang seperti akademis, modeling, menari, olahraga, debat sampai bermusik. Dengan segudang pengalamannya itu Fatma memang terlihat selalu percaya diri, enerjik dan bersemangat. Baterainya ga abis-abis.
Kepribadiannya yang hangat, santai dan selalu bersemangat itu terbangun dari banyaknya “jam terbang” di berbagai aktivitas. Dalam pemilihan ini pun fatma selalu stand out di aktivitas apapun, bukan tidak mungkin dia menyodok ke 6 besar atau bahkan 3 besar! *dark horse alert*

DKI JAKARTA 4

SUCI MARLIANI

Modal Suci adalah smart! Lulusan dengan IPK tertinggi di jurusan Ilmu Administrasi Niaga, Universitas Indonesia tahun 2014 menjadi buktinya. Tidak hanya itu, Suci yang kini bekerja sebagai office manager ini juga pernah menjadi Finalis Go Girl Look 2010, Harapan 1 None Jaksel 2012 dan 7 besar Putra Putri Batik Nusantara 2015. Ia juga pernah menjadi Paskibraka Propinsi DKI Jakarta 2007.
Yes, Suci mungkin bukan tipikal superbeauty untuk ajang beauty pageants internasional, namun Suci mewakili gadis-gadis cerdas di Puteri Indonesia 2017. Salah satu gelar Puteri Intelegensia nampaknya akan jatuh ke tangannya, dan bukan mustahil berbekal kecerdasannya dia memberikan surprise masuk Top 11.

PAPUA BARAT

LEIDY RUMBIAK

Wajahnya selalu membuat kita ikut tersenyum. Cheerful, ramah dan hangat membuat kita betah bercengkerama dengannya. Apalagi sikapnya yang ekspresif dan tidak malu-malu. Rambut keriting eksotis menambah daya tarik dirinya. Latarbelakang sebagai mahasiswi Kedokteran Gigi cukup menarik perhatian. Selama karantina, sifat ramah dan ekspresifnya juga sangat menonjol. Dengan kelebihannya utu, dia termasuk kontestan yang cukup berpeluang masuk ke Top 11.
Sebagai penutup ulasan IP di atas, tanpa bermaksud menjadi juri, kami hanya menilai berdasarkan pengamatan mata kami selama meliput kurang lebih 10 hari karantina. Hasil akhirnya tentunya tetap pada juri dan penampilan Finalis di malam Final pada tanggal 31 Maret 2017 mulai jam 20.00. Just wait and see…