Catatan Sejarah Antara Dunia Bulu Tangkis dan Beauty Pageants

anindya-kusuma-putri-puteri-indonesia-2015-8

Baru saja tercatat dalam sejarah dua atlet di cabang olahraga bulu tangkis partai ganda campuran, Owi dan Butet yang meraih emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade, Rio De Janeiro, Brazil.

Pada pertandingan Cabang Bulutangkis ganda campuran antara Tontowi Ahmad/Liliyana Nasir (Indonesia) VS Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia), Indonesia menang dalam dua set. Dengan skor 21-14 dan 21-12 yang berlangsung di Rio De Janairo, Brazil. Kemenangan ini menjadi kado terindah di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71.

Berkaitan hubungannya dengan dunia pageants, sejarah juga mencatat salah satu beauty queen Indonesia juga ada yang berasal dari atlet bulu tangkis yaitu Anindya Kusuma Putri. Di usia remaja Anin pernah mengikuti kejuaraan nasional 2008. Dalam kompetisi olahraga tersebut, ia bermain ganda campuran melawan Greysia Polii dan Chandra Wijaya.

Usai kejuaran tersebut Anin mundur dari dunia bulu tangkis profesional. Bersahabat dekat dengan salah satu founder Indonesian Pageants, Nursasongko, Anin mulai diajak mengikuti ajang beauty pageants pertamanya, ia berhasil meraih juara pertama Gadis Sampul 2008.

Atas kemenangannya tersebut ia menjadi cover Majalah Gadis, berlanjut menjadi host acara pertualang di stasiun televisi. Setelahnya, Anin mulai fokus menggeluti kuliahnya di Universitas Diponegoro dan mengikuti berbagai organisasi.

Tahun 2011 Anin kembali mengikuti ajang beauty pageants, Puteri Indonesia, sayang saat itu ia hanya meraih 1st runner up Puteri Indonesia Jawa Tengah 2011. Anin pantang menyerah, di akhir tahun 2014 ia kembali mengikuti Puteri Indonesia Jawa Tengah dan berhasil menjadi juara pertama dan berkesempatan mewakili Jawa Tengah di tingkat nasional di Puteri Indonesia 2015.

Kali ini keberuntungan memihak kepadanya, pada malam final yang berlangsung bulan Februari 2015 di Jakarta Convention Center, Anin terpilih menjadi Puteri Indonesia 2015. Iapun mewakili Indonesia di ajang international Miss Universe.

Di ajang tersebut, mimpinya mengharumkan nama Indonesia tercapai. Tercatat dirinya masuk dalam jajaran top 15 Miss Universe 2015. Anin menjadi wanita keempat yang berprestasi di Miss Universe setelah Artika Sari Devi (Top 15 Miss Universe 2005), Whulandary Herman (Top 16 Miss Universe 2013) dan Elvira Devinamira (Top 15 dan best National Costume Miss Universe 2014).

(is)