Pertemuan Finalis Miss Earth Indonesia 2018 Dengan Miss Universe!

Karantina hari kelima Miss Earth Indonesia 2018 berkunjung ke PT. Martina Berto tbk, yang berada dikawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

30 finalis tampil cantik dan anggun, mereka disambut seluruh staf team Sari Ayu, Martha Tillar. Selain berkunjung mereka juga mendapatkan sesi beauty class. Sari Ayu sendiri adalah sponsor makeup Miss Earth Indonesia 2018.

Selesai acara beauty class, hadir Ibu Martha Tillar, founder Martina Berto. Wanita yang masih terlihat enejik diusia ke 80 kelahiran Kebumen, Jawa Tengah pada 4 September 1937, tersebut menceritakan awal mula ia bergelut didunia kecantikan, saat itu ia baru lulus dari kuliah kecantikan dari Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, Amerika Serikat. Ia kemudian bekerja selama tiga tahun di Campes Beauty Salon, Universitas Indiana, Amerika Serikat.

Tidak lama ia berhenti dan kembali ke Indonesia pada tahun 1969, kemudian ia membuka salon kecil sederhana di garasi rumah milik ayahnya, dengan ukuran 6 x 4 meter. Dimulai dari modal 1 juta rupiah di saku, hasil menabung selama tinggal dan bekerja di Amerika Serikat. Akhirnya ia berhasil mendirikan Martha’s Salon tepatnya pada tanggal 3 Januari 1970.

Kini perusahan tersebut sudah memiliki 6 ribu karyawan dari seluruh Indonesia. Dan menghasilkan lulusan makeup artis ternama yang bekerja didunia kecantikan dan entertainment, termasuk di industri hollywood.

Para finalis yang mendengarkan kata sambutan ibu Martha Tillar makin merasa kagum dengan sosok beliau, mereka sangat terinspirasi dengan ilmu yang didapatkan pagi hari itu.

Setelah mendengarkan cerita inspirasi dari ibu Martha Tillar, 30 finalis dibagi kedalam dua group untuk melihat museum mini dan pembuat produk kosmetik dari Martina Berto yang berdiri sejak tahun 1981.

Dalam museum tersebut banyak benda bersejarah, mulai dari awal berdiri seperti alat penumbuk yang terbuat dari batu, timbangan, hingga beragam produk yang dari awal berdiri sampai tahun 2018.

Salah satunya Martha Tillar penyelenggara pertama kontes kecantikan di Indonesia yaitu Pemilihan Ratu Sari Ayu 1981 dan juga mendirikan kontes Pemilihan Putri Ayu Indonesia 1994/1995. Ada juga memoriable para model yang menjadi iklan, busana batik dari designer legendaris Indonesia Iwan Tira, termasuk kereta kencana yang masih terawat dengan baik, salah satu benda bersejarah yang masuk dalam pembuatan model iklan kosmetik.

Satu yang menarik dari museum mini tersebut ada di pojok kiri sudut ruangan, terpampang foto kehadiran Miss Universe 1992 Michelle McLean dari Namibia ke Indonesia

Mengenakan dress berwarna merah dan mahkota, Michelle terlihat cantik dan anggun dalam jamuan makan malam. Ia juga berkunjung ke kantor pemerintahan republik Indonesia, disambut menteri Harmoko Menteri Penerangan Republik Indonesia.

Beruntungnya para finalis Miss Earth Indonesia 2018 bisa melihat secara langsung foto kenangan kehadiran ratu kecantikan dunia, Miss Universe 1992 yang datang ke Indonesia, seperti yang diutarakan Ratu Vasthi Annisa, Ruris Septiani Putri, Adinda Putri, Angelica Sovieana Ansanay, Lizzy Evra Audrey dan Aziva Zharnais finalis Miss Earth Indonesia 2018

Seperti apa penurutan Vasthi dan cerita kunjungan mereka ke PT. Martina Berto tbk. Yuk intip videonya selengkapnya disini.

Penulis : Irwansyah

Comments

comments