It’s Me: Finalis Miss Earth Indonesia 2018 – Retna

Nama Lengkap: Retna Winedar Oktafia
Nama panggilan: Retna
Tempat / tanggal lahir: Malang, 6 Oktober 1993
Umur & Tinggi Badan: 24 & 168 cm
Pekerjaan / pendidikan: Swasta / S1 Hukum UGM
Hobby: Berpetualang, Menyanyi, Research, Modelling, Basketball, muaythai
Motto: Life is about Choice and Priority

Prestasi: 
– Sampoerna Academy Scholars 2009-2012
– FH UGM Alumni batch 1991 Scholars 2015
– Mteens Dance Competition 2011
– DBL Dance Competition 2011
– Runner Up Singing Contest 2009
– Puteri Lingkungan/Brand Ambassador TEY 2010
– Grand Finalist Putri Kartini Malang, Jawa Timur 
– Grand Finalist Puteri Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta 2016
– Grand Finalist Puteri LBC 2016
– Grand Finalist Brand Ambassador dan sahabat Larissa 2016

1. Ceritakan tentang diri Anda secara singkat?

Saya menyukai Lingkungan sejak kecil. Alam membuat hidup saya merasa Lengkap. Saat ini saya tergabung sebagai Volunteer at OneStopCharity community service for unlucky peoples. Organisasi kampus yang pernah saya ikuti antara lain adalah Business Law Community UGM as Public Relations, Dance Division of Sanggar Apakah Law UGM, Committee of UGM Residence Care to Community, Justicia Basketball Club, Sport Departement Dewan Mahasiswa Justicia and SIGMA (Swimming Gadjah Mada). Saya suka meng-explore tempat-tempat baru dan mudah beradaptasi .

2. Siapa sosok yang paling menginspirasi bagi anda? Jelaskan!

Saya mengagumi orang-orang yang tidak mudah menyerah. Siapapun orang tersebut, saya akan respect karena orang tersebut telah memberikan pelajaran kehidupan yang sangat berharga untuk saya. Orang yang saya kenal selama ini memberikan contoh baik dalam kehidupan adalah Nenek dan Ibu saya. Mereka membuat saya menjadi pribadi yang kuat, Mandiri dan tidak mudah menyerah, sehingga saya bisa mencintai dan mengagumi diri saya sebaik mungkin.

3. Apa menu healthy food yang menjadi favorite anda?

Makanan favorit saya adalah sayur asam Jawa, urap, sayur Lodeh dan Mendol (masakan asli Malang/Jawa Timur dari olahan Tempe), serta berbagai Olahan sayur. dan minuman favorit saya adalah Kunci Sirih, Beras Kencur, Kunyit asam dan Juice Buah. 

4. Sebutkan salah satu olahraga favorit anda dan kenapa anda memilih olahraga tersebut?

Saya menyukai olahraga Basketball dan Renang, karena olahraga tersebut sangat menyenangkan bagi saya. Selain merefresh pikiran, olahraga tersebut juga membuat badan segar, selain itu permainan dengan air sangat banyak, beragam dan seru.

5. Siapa pelaku pageant favorit anda dan mengapa ?

Saya mengagumi setiap wanita yang mengikuti Ajang pageant karena masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan keberanian serta kemampuan intelegensia dan behaviour yang luar biasa, setiap orang adalah pemenang dan saya yakin mereka memiliki pencapaian dan tidak müdah menyerah di balik kontes tersebut.

6. Destinasi wisata mana di Indonesia dan internasional yang ingin anda kunjungi dalam waktu dekat ini? Kenapa anda memilih destinasi tersebut?

Saya ingin mengunjungi Bagian timur indonesia yang terkenal dengan wisata alam yang indah dan asri, jajaran nusantara yang tak kalah dengan destinasi wisata luar negeri, saya bangga dengan kepulauan Indonesia. Wisata internasional yang ingin saya kunjungi adalah negara-negara yang memiliki musim yang jarang dijumpai di indonesia, untuk memiliki pengalaman baru, dengan keindahan alamnya.

7. Menurut anda, apa masalah lingkungan terbesar di Indonesia sekarang ?

Masalah lingkungan terbesar di Indonesia adalah perilaku buruk masyarakat, yaitu kebiasaan membuang limbah, baik limbah industri yang mengandung berbagai macam zat kimia, limbah domestik/ sampah rumah tangga yang dibuang di sungai maupun laut, limbah pertanian serta limbah emisi/gas dari industri. Perilaku buruk lainnya ialah Illegal logging yang mengakibatkan kebakaran hutan, gundulnya hutan sehingga berkurangnya sumber paru paru dunia

8. Seperti apa anda melihat diri anda dalam 10 tahun kedepan?

Harapan saya dalam 10 tahun kedepan adalah menjadi pribadi yang berpengaruh bagi kehidupan. Menjadi public figur/aktivis yang dapat menggerakkan masyarakat untuk menyadari pentingnya keselarasan lingkungan dan ekosistem, dimulai dari diri sendiri kemudian untuk sekitar. Membiasakan anak cucu untuk memiliki kepedulian lingkungan serta mengikuti berbagai aktivitas sosial untuk menyadarkan masyarakat dan bergerak bersama-sama untuk membangun lingkungan dengan lebih baik lagi. Saya berharap hal ini tidak hanya berjalan hingga 10 tahun saja, namun selamanya. Sejak kecil saya ingin membangun sebuah yayasan untuk para anak yatim piatu atas anak yang ditelantarkan. Yayasan tersebut berbasis lingkungan, jadi selain mengajarkan nilai-nilai kehidupan, pendidikan dan kesopanan, mereka juga diajarkan mengenai lingkungan yang diciptakan Tuhan yang telah membesarkan manusia dengan rahmat dan berkatnya. Saya berharap yayasan ini dapat mencetak anak-anak berprestasi yang dapat  membantu kelestarian lingkungan dengan berbagai cara untuk kedepannya.

Terima kasih Retna dan Yayasan El John Indonesia atas kesempatan interviewnya

Editor: Aditiya Yasmin

Comments

comments