L-Men of the Year 2014 Leaderboard

Pada akhirnya tibalah waktunya untuk membuat artikel yang menyenangkan sekaligus menyebalkan ini – Leaderboard. Menyenangkan karena sebagai fans pageant, kita bisa berandai-andai merasakan bagaimana bila kita menjadi juri dan memilih favorit kita, tetapi juga menyebalkan karena selalu membuat perdebatan panjang dan sakit kepala. Tahun ini di L-Men of the Year, kita dihadapkan pada 16 pilihan, namun hanya 5 yang dapat dipilih untuk masuk ke Leaderboard ini, dan setelah perdebatan panjang selama hampir seminggu, inilah kelima nama tersebut :

The Leaderboard
1 Sulawesi Utara
2 Sumatera Utara
3 Jawa Timur
4 Kalimantan Tengah
5 DI Yogyakarta

Bubbling Up : Bali 1, Bali 2, dan Jawa Barat

Nama pertama yang ada di Leaderboard, yaitu DI Yogyakarta, IP pilih karena dia telah menunjukkan dan membuktikan kontribusinya melalui karya nyata. Dia adalah salah satu inisiator terbentuknya komunitas L-Men di provinsinya, yang saat ini merupakan salah satu komunitas L-Men paling kompak dan aktif di Indonesia. Konsep “We are ONE family, not only a common community” yang diusungnya sejauh ini tampak sukses untuk menyatukan teman-teman di DI Yogyakarta untuk membentuk satu komunitas yang solid. Keberhasilannya ini ditambah segudang prestasinya dalam berbagai hal membuat IP merasa dia patut diapresiasi dan mendapat satu posisi di Top 5. Dia dapat menjadi contoh yang baik bagi para calon inspirator muda Indonesia bahwa untuk menjadi seorang inspirator sejati yang dibutuhkan bukan hanya sekedar wacana yang gemilang saja, tetapi juga komitmen untuk mewujudkannya melalui aksi nyata.

Selanjutnya ada satu nama yang bisa dibilang mewakili keberagaman Indonesia, karena dia pernah tinggal di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Sumatera, Jawa, hingga Kalimantan. Jujur saja, saat pertama kali diumumkan wakil Kalimantan Tengah ini bukanlah salah satu daftar favorit IP. Namun setelah membaca wawancaranya, IP menjadi terkesan dengannya. It was a great interview, not only because it sounds smart, it also sounds genuine and sincere. Ditambah lagi setelah bertemu langsung dengannya saat liputan karantina, IP merasakan bahwa dia juga memiliki karisma yang cukup kuat sehingga semakin yakin untuk menempatkannya dalam Top 5 versi IP. Bila di Final nanti, dia lolos ke Top 5, keberhasilannya akan menjadi inspirasi bagus bagi banyak putra daerah bahwa seseorang yang tinggal dan berasal dari kota kecil di daerah pun (Pangkalan Bun) punya potensi yang tidak kalah dengan mereka yang tinggal di kota-kota besar metropolitan dan tetap bisa menjadi seorang inspirator.

Di posisi ketiga Leaderboard ini, IP menempatkan wakil Jawa Timur. Dia adalah salah satu kontestan tahun ini yang mempunyai postur tubuh paling ideal untuk kebutuhan pageant serta mempunyai aura dan presence yang kuat saat berjalan untuk kebutuhan catwalk. Selain sudah cukup berpengalaman dalam bidang modeling, IP juga melihat dalam berbagai sesi karantina, bahwa dia memiliki potensi kuat untuk menjadi seorang pemimpin, yang tentunya merupakan salah satu aset penting untuk bisa menjadi inspirator. Gabungan potensi modeling dan leadership inilah yang membuat IP menilainya lebih unggul dibanding sejumlah kontestan lainnya, dan menjagokan namanya untuk lolos hingga ke Top 3.

Salah satu mega favorit sejak awal, sepertinya bukan kejutan lagi bila nama Sumatera Utara adalah salah satu Top 2 versi IP. Tahun ini, ada banyak kontestan yang dinilai mempunyai tipe wajah yang cute dan boyish, salah satunya dia. Namun dibanding semua kontestan yang bertipe wajah sama, dialah yang bisa dibilang paling flawless dan menarik dari segi komersial. Selain wajahnya yang sangat komersial untuk kebutuhan dunia entertainment, dia juga punya communication skill yang sangat baik (his profile video, shot entirely in English, is one of the best and most effortless self-introduction video we have ever watched), dan juga telah membuktikan dirinya cocok menjadi seorang inspirator lewat gelar Best Social Media Influencer yang dimenangkannya. Sejak awal karantina, dia memang tampak telah mempersiapkan diirnya dengan baik untuk berkompetisi dan dia sangat layak untuk mendapat salah satu tempat terhormat di Final nanti.

Dan untuk posisi tertinggi di Leaderboard kali ini, sesuai tradisi, IP selalu memilih kontestan yang menurut IP cocok untuk menjalankan dua peran sekaligus – sebagai duta L-Men dan juga wakil Indonesia di ajang pageant internasional. Tahun ini semua kebutuhan tersebut ada pada diri wakil Sulawesi Utara. Postur. Wajah. Karisma. Catwalk skill. Communication skill. Kepribadian. Wawasan. Tekad. Semua faktor penting ini ada dalam dirinya. Sepertinya IP pun tidak perlu panjang lebar menjelaskan alasan IP untuk menempatkannya di puncak Leaderboard. Karena IP yakin mayoritas teman-teman pun sudah tahu alasannya dan pastinya setuju dengan pilihan IP kali ini. The best one is always the one with the most balanced qualities, and this time – he is the one!

Tentunya Leaderboard ini sama sekali tidak mencerminkan bagaimana pilihan juri nanti malam. Ini hanyalah daftar favorit pilihan IP saja. Pilihan juri dan teman-teman yang lain bisa jadi sangat berbeda dengan IP. So don’t take it too seriously, Guys. It’s just for fun!

(aw/yd)

Comments

comments