Interview dengan Miss Indonesia 2014 Maria Rahajeng

Kita semua mengenalnya sebagai Miss Indonesia 2014 dan wakil Indonesia di Miss World 2014. But before she was Miss Indonesia 2014, she was Maria Rahajeng first. Dan dalam wawancara ini kami ingin mengajak teman-teman smeua untuk mengenal wanita di balik gelar prestisius tersebut. Who is Maria Rahajeng? How is her view on life? What is her story? And what is her passion? Temukan jawaban dari semua pertanyaan tersebut dalam artikel wawancara berikut ini!

 

Biodata
– Nama Lengkap : Maria Asteria Sastrayu Rahajeng
– Tempat/Tanggal Lahir : Blora, Jawa Tengah / 4 Oktober 1991
– Tinggi/ Berat Badan : 168 cm / 48 kg
– Pendidikan Terakhir : S1 Broadcast Journalism Communication
– Hobi : Fotografi, blogging, traveling, fashion design
– Lagu Favorit : Christmas Songs
– Musisi Favorit : Beyonce
– Film Favorit : The Help (current favorite)
– Aktor Favorit : Jessica Chastain

 

Ceritakanlah tentang diri Anda dan hal-hal yang menurut Anda menarik dari diri Anda!
Saya seorang yang easy going, caring, dan punya tekad kuat. Saya juga sedikit perfeksionis. Saya punya banyak sisi dalam diri saya. Saya sangat percaya bahwa kita seharusnya memperlakukan orang sebagaimana kita ingin diperlakukan oleh orang lain.

Apakah kutipan pribadi atau moto yang Anda jadikan motivasi hidup Anda?
Try and fail, but never fail to try.”

Bila Anda harus menjelaskan diri Anda dalam satu kalimat saja, kalimat apakah yang Anda pilih dan mengapa?

Hidup saya dan apapun yang terjadi dalam hidup saya adalah semata-mata karena anugerah dan berkat Tuhan. Saya berusaha belajar dari setiap situasi dari hidup saya

Hal-hal apa sajakah yang menjadi passion dalam hidup Anda?
Kreatifitas. Menjadi kreatif dalam banyak bidang seperti fashion, fotografi, design dan sebagainya. Saya juga mempunyai passion di bidang sosial dan ingin membantu mereka yang kurang beruntung semampu yang saya bisa.

Apakah definisi pribadi Anda tentang kata “cantik”?
Bagi saya cantik adalah ketika seseorang nyaman dengan keadaannya, serta menerima diri apa adanya, termasuk kekurangan yang dimilikinya. Cantik adalah ketika mereka percaya diri dalam membawa diri mereka.
Saya percaya bahwa ketika seorang wanita mempunyai inner beauty, hal itu akan membuatnya lebih cantik daripada kecantikan fisik yang dimilikinya. Inner beauty akan terlihat melalui compassion, perbuatan kita terhadap orang lain, dan aura positif yang kita pancarkan pada dunia.

Anda pernah tinggal dan menetap di berbagai tempat dan negara, bagaimanakah pengalaman tersebut membentuk dan mempengaruhi pribadi Anda sekarang?
Tinggal di luar negeri telah mengajarkan saya untuk berpikiran terbuka dan mengenal berbagai macam kebudayaan. Pengalaman tersebut juga mengajarkan saya bahwa meskipun kita berasal dari beragam latar belakang yang berbeda, tapi pada akhirnya kita masih mempunyai lebih banyak kesamaan daripada perbedaan. Maka dari itu kita seharusnya saling menerima seperti apa adanya kita. Tinggal di luar negeri juga mengajarkan saya untuk lebih mandiri, dan tidak tergantung pada orang lain.

Bagaimana rasanya terlahir sebagai anak kembar? Pengalaman unik apakah yang pernah Anda alami sebagai anak kembar? Apakah Anda dan saudara kembar Anda juga suka saling berkompetisi?
Rasanya luar biasa. Menjadi orang kembar akan selalu punya teman, artinya kamu selalu punya seseorang yg bisa dipercaya 100 persen. Kamu tidak pernah kesepian, dan sangat menyenangkan bisa mengalami semua peristiwa hidup dengan seorang teman.
Kami sangat competitive dari kecil. Meskipun kami saling support, tetapi kami juga bersaing satu sama lain, dalam hal akademik, olah raga, kehidupan sosial, dan lain-lain. Pada dasarnya dalam semua aspek kehidupan. Sisi positifnya adalah kami menjadi termotivasi dan terdorong untuk selalu tumbuh dan berkembang menjadi yang lebih baik.

Gaya berbusana seperti apa yang paling Anda sukai? Apakah Anda mempunyai designer atau brand busana favorit?
Saya suka gaya yang chic, classic dan feminin. Tak terlalu seksi tetapi juga tak terlalu membosankan. Saya suka Zara. Saya percaya bahwa setiap orang bisa punya style yang bagus, tak perlu brand yang mahal dan terkenal. Setiap orang bisa tampil menawan asal tahu apa yang tampak bagus untuk tipe tubuhnya sendiri.

Followers akun Instagram Anda banyak yang memuji koleksi foto Anda yang dinilai artistik. Apakah Anda pernah belajar fotografi sebelumnya? Atau apakah Anda memang memiliki passion terhadap fotografi?
Fotografi sangat menarik minat saya. Ini salah satu cara untuk mengekspresikan kreativitas saya. Saya pernah mengambil kelas untuk mempelajari dasar-dasar fotografi saat saya kuliah dulu. Saya pikir fotografi bisa menangkap suatu keindahan, meskipun dari hal-hal yang paling sederhana sekalipun.

Bagaimana awalnya hingga Anda bisa menjadi penggemar berat Liverpool FC? Apakah Anda mempunyai pengalaman tersendiri dengan klub sepakbola favorit Anda tersebut?
Saya menjadi pemain sepak bola putri di klub sekolah menengah, dan sejak itulah sampai sekarang kecintaan saya terhadap sepak bola semakin tumbuh. Pada awal SMA, saya perhatikan ternyata ayah saya penggemar berat Manchester United dan mulai kami nonton bersama setiap ada pertandingan Premiere League. Saat itulah tertambat hati saya pada permainan Liverpool. Ya saya adalah penggemar berat Liverpool.

Apakah cita-cita atau target pribadi Anda dalam sepuluh tahun ke depan?
Saya ingin bahagia dalam perjalanan karir yang saya pilih, punya keluarga yang sehat dan saling mencintai, juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang di sekeliling saya.

Hal apakah yang berubah dari kehidupan Anda setelah Anda terpilih sebagai wakil Indonesia di ajang Miss World 2014?
Saya menjadi lebih percaya diri, saya belajar menjadi lebih kuat baik fisik maupun mental, saya belajar untuk lebih peka terhadap keadaan masyarakat sekitar dan ingin berbuat sesuatu yang berguna bagi mereka. Saya juga bertumbuh secara spiritual.

Sejauh ini apa sajakah persiapan yang telah Anda lakukan menuju Miss World 2014? Sudah seberapa yakinkah diri Anda untuk menghadapi ajang kontes kecantikan terbesar di dunia tersebut?
Banyak sekali! Kelas modeling/catwalk, kelas motivasi, kelas pengembangan karakter, kelas make up/hairdo, kelas piano, kelas tari Bali, fitness, dan lain-lain. Saya yakin jika kita punya persiapan yang bagus, maka hal itu akan menambah rasa percaya diri.

Seberapa besar Anda terlibat dalam proses persiapan menuju Miss World 2014? Apakah Anda juga terlibat dalam memilih atau menentukan busana yang akan Anda bawa ke London nanti, misalnya?
Saya cukup terlibat dalam prosesnya. Misalnya jika saya tidak nyaman atau kurang suka saya bisa mengatakan pendapat saya. Meskipun begitu untuk Final Dress yang akan dipakai dalam Grand Final, Ibu Liliana-lah yang memutuskan.

Di Final Miss Indonesia 2014 Anda pernah menunjukkan bakat menyanyi bersama dua orang kontestan lainnya, namun mengapa untuk ajang bakat di Miss World 2014 nanti Anda lebih memilih untuk menampilkan bakat piano klasik?
Saya memilih piano karena sejak kecil saya bermain piano dan saya lebih nyaman bermain piano daripada menyanyi di panggung.

Anda memilih proyek Beauty with a Purpose yang cukup unik dan belum pernah dilakukan pendahulu Anda sebelumnya yaitu “Jembatan Perdamaian”, bagaimanakah awalnya hingga Anda memutuskan untuk memilih proyek tersebut?
Sejak awal saya ingin melakukan sesuatu yang unik, yang mana saya bisa benar-benar melakukan perbedaan. Melalui proyek jembatan ini, hasil yang diharapkan bukan sekedar jembatan yang bisa membantu orang menyeberang dengan aman, lebih dari itu memungkinkan anak-anak menyeberang untuk mendapatkan pendidikan, membantu penduduk mendapatkan kebutuhan mereka sehari-hari, meningkatkan perekonomian penduduk di kampung tersebut. Ini adalah jembatan untuk kehidupan yang lebih baik. Dan saya bahagia bisa membantu membangun jembatan dengan tangan saya dan tangan-tangan penduduk desa. Saya merasa bahwa saya sedang membuat perbedaan yang bisa saya lihat dan rasakan langsung.

Hal apakah tentang Indonesia yang ingin Anda perkenalkan kepada dunia di aajng tersebut?
Negara kita, selain memiliki kekayaan alam yg luar biasa, juga kaya akan keragaman budayanya yang harus kita jaga untuk anak cucu kita. Saya akan mempromosikan semua sisi-sisi keragaman budaya kita seperti misalnya tarian, adat istiadat, makanan, dan lain-lain, demikian juga alamnya yang luar biasa indah.

Apakah Anda memiliki target pribadi yang ingin Anda capai di Miss World 2014? Jika ya, apakah target Anda?
Dengan berkat Tuhan, saya berharap bisa lebih baik daripada tahun lalu. Dan jika dapat, ingin menang dan mengharumkan Indonesia. Itu target saya, tetapi apapun yang akan terjadi saya serahkan itu kepada Tuhan.

Menurut Anda sendiri, apakah kelebihan terbesar yang Anda miliki sehingga Anda layak untuk menjadi juara Miss World 2014?
Saya orang yang tulus, rendah hati dan compassionate. Saya sungguh percaya bahwa menjadi Miss World bukan semata-mata tentang dirimu, tetapi apa yang bisa kamu perbuat untuk orang lain. Jika saya terpilih menjadi Miss World 2014, saya akan selalu menempatkan nilai sejati tentang Beauty with a Purpose.

Menjelang keberangkatan Anda ke London, apakah pesan yang ingin Anda sampaikan untuk para pendukung Anda di seluruh Indonesia?
Tak ada kata-kata yang cukup untuk mengungkapkan rasa terima kasih saya untuk semua orang yang telah mendukung saya selama perjalanan yang luar biasa ini. Saya ingin semua orang tahu bahwa akan bekerja dan berjuang keras untuk memberi yang terbaik bagi Indonesia selama Miss World 2014 di London. Saya mohon dukungan dan doanya, itu yang membuat saya kuat!

 

Terima kasih kepada Maria dan Mbak Viola atas kesempatannya untuk melakukan wawancara ini. Sukses bagia Maria untuk mengharumkan nama Indonesia di Miss World 2014!

(aw)

Comments

comments